Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Wawancara Catut KAI Minta Video Pelamar Tunjukkan Bagian Tubuh

Baca di App
Lihat Foto
KAI
Informasi hoaks wawancara atas nama PT KAI yang meminta pelamar membuatkan video dengan berpakaian terbuka.
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Sebuah akun Instagram mencatut PT Kereta Api Indonesia (Persero) meminta pelamar mengirimkan video dengan menunjukkan sejumlah bagian tubuh.

PT KAI menegaskan, dalam proses rekrutmen, tidak pernah meminta pelamar mengirimkan video dengan menunjukkan bagian tubuh.

Awalnya, akun Twitter @SekteSeblak pada Minggu (15/11/2020) mengetwit isi percakapan yang terjadi di platform Instagram antara seseorang dengan akun Instagram bernama recruitmentkai. Isi percakapan soal proses wawancara.

Dalam pembicaraan itu, akun recruitmentkai minta pelamar membuat video berdurasi 30 detik yang isinya menayangkan pelamar mengenakan pakaian tanpa lengan (tanktop).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelamar diminta memperlihatkan bahu kanan dan kiri serta perut serta bersikap tenang.

Sebelumnya, akun itu menanyakan apakah si pelamar memiliki luka di bahu kanan dan bahu kiri serta di perut.

Akun Twitter @SekteSeblak melayangkan tangkapan gambar isi pembicaraan itu ke akun resmi Kereta Api Indonesia @KAI121 di Twitter.

Akun @KAI121 menanggapi twit itu dengan memberi penjelasan bahwa PT KAI hanya memiliki dua akun resmi Instagram, yakni @KAI121_ dan @keretapikita.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dalam proses rekrutmen, KAI tidak memungut biaya sepeser pun seperti uang muka, uang tanda jadi, penggantian biaya akomodasi atau segala jenis biaya serupa.

Tak ada pula proses wawancara yang dilakukan secara daring.

"Selain itu tidak ada interview secara online dan disertai pengiriman video untuk menunjukkan bagian tubuh apapun dalam proses rekrutmen," kata Joni saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Masyarakat diharapkan lebih jeli dan teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen.

"Jangan mudah tertarik dan waspada akan segala bentuk kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi pegawai dari oknum yang mengatasnamakan KAI," kata Joni.

Selain itu, KAI mengimbau masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian dan tidak meneruskan atau menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI yang terindikasi palsu.

Tujuannya, untuk menghindari semakin banyak orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut.

KAI menyediakan informasi seputar rekrutmen di situs web recruitment.kai.id.

Dalam situs web itu, pengumuman terbaru yakni soal jadwal dan tempat pelaksanaan pendalaman seleksi kesehatan rekrutmen eksternal tingkat SLTA formasi operasional, pemeliharaan sarana dan prasarana formasi petugas negative check sintelis dan LAA di Daop 4 Semarang.

Pengumuman itu ditampilkan pada Selasa (17/11/2020).

Menurut akun @KAI121, informasi rekrutmen KAI juga disampaikan lewat layanan Contact Center 121/021-121, email cs@kai.id, serta media sosial Twitter dan Facebook @KAI121.

Sebelumnya, pada Maret 2020, beredar pamflet di media sosial dan aplikasi perpesanan WhatsApp yang isinya rekrutmen PT KAI formasi kondektur.

Dikutip dari Kompas.com, Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 5 Purwokerto Supriyanto menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar.

KAI mengatakan informasi rekrutmen pekerjaan hanya dari situs web recruitment.kai.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi