Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Keadilan Vaksin Corona untuk Seluruh Manusia

Baca di App
Lihat Foto
AP/Peter Hamlin
Ilustrasi vaksin Corona.
Editor: Heru Margianto

Menjelang tahun pertama dasawarsa III abad XXI umat manusia dicengkeram cemas akibat pagebluk virus Corona yang luar biasa ganas merajalela di planet bumi.

Maka dapat dimengerti bahwa yang paling didambakan umat manusia pada tahun 2020 adalah vaksin yang diharapkan akan mampu melindungi manusia dari angkara murka virus Corona.

Kabar gembira

Syukur alhamdullilah telah tersebar berita gembira yang semoga bukan hoaks bahwa minimal sudah ada tiga jenis vaksin Corona segera siap pakai pada ujung tahun 2020.

Sudah barang tentu segenap umat manusia termasuk bangsa Indonesia wajib berterima kasih kepada segenap ilmuwan multidisipliner kedokteran, biolog, biomolekularawan, farmasi, kimia, fisika, matematika dan lain-lain yang telah berhasil meneliti sehingga menemukan vaksin anti virus Corona demi menyelamatkan tak terhitung jumlah nyawa manusia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun masih perlu dipikirkan mengenai distribusi agar setiap insan manusia di planet bumi ini dapat memperoleh vaksin yang sangat didambakan tersebut.

Apabila diserahkan kepada sistem pasar bebas berdasar mashab kapitalisme maka layak dikuatirkan bahwa yang bisa membeli vaksin Corona hanya mereka yang punya dana atau fasilitas.

Juga hanya negara yang memiliki sistem jaminan biaya kesehatan yang bisa memberikan keadilan vaksin bagi seluruh rakyatnya.

Bagaimana dengan negara yang belum memiliki sistem jaminan sosial ?

Keadilan vaksin

Memang negara yang kesulitan memberikan keadilan sosial kepada warganya dapat dibantu lewat jalur kemanusiaan seperti yang telah dilakukan oleh Rotary International pada dasawarsa terakhir abad XX dalam mempersembahkan sumbangsih vaksin Polio ke segenap pelosok planet bumi termasuk Indonesia.

Dapat pula diyakini bahwa PMI, Buddha Tzu Chi, Eka Tjipta Foundation, Djarum Foundation, CSR para BUMN dan para perusahaan swasta, laskar kemanusiaan NU, Muhammadiyah, KNPI, Pemuda Pancasila, INTI, PITI, FPI, para Parpol serta LSM kemanusiaan serta para warga pemerhati kemanusiaan siap membantu pemerintah menghadirkan keadilan vaksin untuk seluruh rakyat Indonesia.

Namun jelas bahwa kemampuan para pejuang kemanusiaan swadaya masyarakat memiliki keterbatasan masing-masing.

Pada hakikatnya upaya pengejawantahan keadilan vaksin Corona untuk seluruh manusia di planet bumi perlu didukung oleh lembaga kemanusiaan skala global seperti World Health Organizations sebagai lembaga kesehatan resmi Persatuan Bangsa Bangsa! Melindungi kesehatan seluruh umat manusia merupakan bagian hakiki dari kewajiban asasi PBB.

Maka layak diharapkan PBB berkenan serius memikirkan nasib masyarakat tanpa daya ekonomi yang memadai untuk membeli vaksin.

Insya Allah, PBB berkenan gigih berjuang agar keadilan vaksin Corona bagi seluruh manusia tanpa diskriminasi ras, agama, sosial serta ekonomi dapat terwujud di planet bumi yang cuma satu dan satu-satunya ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi