Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Perayaan Ultah Joe Biden Tidak Pakai Masker, Faktanya Peristiwa 2019

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Klarifikasi
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Beredar video dengan narasi perayaan ulang tahun kandidat presiden AS Joe Biden pada November 2020 dihadiri banyak orang yang tidak memakai masker dan menjaga jarak.

Narasi itu muncul setelah Walikota Atlanta, Keisha Lance Bottoms, mengunggah video tersebut di akun Twitternya tepat di hari ulang tahun Joe Biden pada 20 November 2020.

Narasi itu keliru.

Walikota Atlanta dan juru bicara Joe Biden, Kamau Marshall, menjelaskan bahwa video itu merekam perayaan ulang tahun Joe Biden pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Tina Huang pada Sabtu (21/11/2020) mengunggah video yang menayangkan Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms bersebelahan dengan Joe Biden dan dikelilingi sejumlah orang tengah menyanyikan lagu selamat ulang tahun kepada Biden.

Dalam video berdurasi 34 detik itu, mereka berada dalam sebuah ruangan, berdiri berdekatan, dan tidak mengenakan masker.

Tina Huang menulis status berikut, yang sudah dialihkan ke bahasa Indonesia:

"Hari ini adalah ulang tahun Biden, mereka merayakannya di dalam ruangan, tetapi tidak ada yang memakai masker. Tidak ada jarak sosial."

Narasi perayaan ulang tahun Biden tahun ini tanpa masker dan jarak sosial juga diunggah akun Facebook Clint Fuller pada Kamis (26/11/2020) dan Joy Vossen pada Minggu (22/11/2020).

Penjelasan

Video perayaan ulang tahun Joe Biden awalnya diunggah Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms pada 20 November 2020 di akun Twitter miliknya @KeishaBottoms.

Dalam twitnya, dia mengucapkan selamat ulang tahun kepada presiden terpilih Joe Biden. Berikut isi twit itu:

"Wishing our President-Elect @joebiden a VERY Happy Birthday from the great Blue state of Joe’gia!"

Video itu dihujani sejumlah komentar yang menyayangkan perayaan ulang tahun Biden dihadiri banyak orang tanpa memakai masker dan tanpa menerapkan jarak sosial.

Beberapa akun menilai Joe Biden tidak terlalu khawatir atas pandemi mengerikan yang sedang terjadi saat ini.

Tidak berapa lama setelah mengunggah video itu, Bottoms mentwit bahwa video itu diambil pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Perayaan ulang tahun itu terjadi di Gedung Putih di Tyler Perry Studios, Atlanta, usai debat Partai Demokrat di saluran televisi MSNBC pada 20 November 2019.

Juru bicara Biden, Kamau Marshall dalam akun Twitternya juga menjelaskan bahwa video tersebut terjadi pada 2019 di Atlanta, Georgia, setelah debat di studio Tyler Perry.

Biden terkejut ketika orang-orang menyanyikan selamat ulang tahun versi Stevie Wonder untuknya. Berikut isi lengkap twit Kamau Marshall:
"Happy Birthday, President-elect @JoeBiden!
Last year in Atlanta, GA post-debate at @TylerPerry studios Biden was surprised and the people sang Happy Birthday (@StevieWonder version) to him. A great Joevember moment. We love you Georgia! #TeamJoe @KeishaBottoms @CedricRichmond"

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video dengan narasi perayaan ulang tahun Joe Biden pada November 2020 dihadiri banyak orang yang tidak memakai masker dan menjaga jarak keliru.

Video tersebut diambil pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi