Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Narasi Tolak Pandemi pada Foto Petugas Medis Bawa Jenazah

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Klarifikasi
|
Editor: Gloria Natalia Dolorosa

KOMPAS.com - Di media sosial beredar sebuah foto yang menampakkan dua petugas medis dengan ringannya mengangkut kantong jenazah.

Sejumlah akun pengunggah menjadikan foto itu sebagai dasar atas klaim menolak pandemi Covid-19.

Foto yang diambil di Thailand 7 bulan silam itu keliru diinterpretasikan.

Foto tersebut adalah foto ilustrasi atau foto yang diperagakan model untuk menggambarkan situasi pandemi Covid-19, bukan foto yang menampilkan kejadian yang sesungguhnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang Beredar

Pada 30 Oktober 2020 akun Facebook Kelly Wealleans mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dua petugas medis mengangkut kantong jenazah.

Dalam statusnya, akun tersebut menyoroti bahwa petugas medis perempuan mengangkut tubuh jenazah hanya menggunakan dua jari, seolah tidak ada beban. Kelly Wealleans dalam statusnya mengaitkan interpretasinya terhadap foto itu dengan pandemi Covid-19.

Menurutnya, pandemi hanyalah pertunjukan yang dipentaskan oleh media. Adalah bodoh mempercayai Covid-19. Berikut isi lengkap statusnya setelah dialihkan ke bahasa Indonesia:

"Jika Anda masih percaya Covid BS dan bahwa Covid melonjak lagi di luar negeri tetapi Anda hanya melihatnya di kotak idiot Anda dan tidak meneliti, lihat foto ini! Jika Anda berpikir seorang wanita dapat mengangkut tubuh dengan menggunakan 2 jarinya untuk menahan beban itu dan masih berpikir bahwa semua ini sah dan bukan pertunjukan yang dipentaskan oleh media, maka Anda perlu melakukan scan terhadap otak Anda!"

Hingga Selasa (1/12/2020) status itu sudah dibagikan 308 kali. Narasi yang sama juga diedarkan Lisa Marie Dawson dan Vanessa Sunshine Nessinox.

Penelusuran

Dari penelusuran terbalik via TinEye, didapati bahwa foto tersebut dimuat di situs web penyedia foto ilustrasi EyeEm. Foto itu memiliki kredit atas nama Panyawat Boontanom yang diambil sekitar 7 bulan lalu.

Foto tersebut juga dimuat di Getty Images dengan keterangan bahwa foto diambil di Thai Mueang, Thailand.

Dilansir dari AFP Fact Check, juru bicara EyeEm mengonfirmasi bahwa foto tersebut adalah karya cipta yang diperagakan dan model dalam foto dibayar untuk pembuatan foto.

"Stok foto sering kali diproduksi secara bertahap untuk menghindari perlunya model atau lokasi nyata ditampilkan dalam foto," katanya.

Menurut juru bicara itu, EyeEm memungkinkan fotografer untuk mengunggah dan menawarkan foto mereka ke EyeEm untuk dilisensikan. EyeEm mewadahi karya fotografer yang membuat foto untuk menggambarkan peristiwa atau situasi tertentu.

Dari penelusuran di Google Image, foto itu dimuat di situs web Live Science. Foto itu digunakan sebagai foto ilustrasi dalam artikel mengenai kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat.

Kesimpulan

Foto yang menampakkan dua petugas medis mengangkut kantong jenazah keliru diinterpretasikan. Foto itu adalah foto ilustrasi atau foto yang diperagakan model, bukan foto yang menampilkan fakta sebenarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi