Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tutup Kompetisi, Garuda Indonesia Perkenalkan Desain Masker Pesawat Keempat

Baca di App
Lihat Foto
Garuda Indonesia
Desain masker pada badan pesawat Garuda Indonesia
|
Editor: Jihad Akbar

KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia memperkenalkan desain masker pada moncong pesawat keempat pemenang kompetisi "Fly Your Design Trough The Sky".

Desain yang memenangi kompetisi tersebut bertema Batik Tambal, yang dibuat Johana Angelia Christian. Garuda Indonesia mengabadikan desain mask livery itu pada moncong pesawat Boeing 777-300 ER.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan kompetisi desain ini sudah digelar sejak Oktober 2020, dengan ratusan desain yang masuk ke tahap penjurian.

"Desain mask livery keempat kali ini sekaligus menjadi desain terakhir dan penutup kompetisi 'Fly Your Design Through the Sky' yang kami tampilkan pada armada Garuda Indonesia," kata Irfan melalui keterangan resminya, Senin (30/11/2020).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Garuda Indonesia Jadi Salah Satu Maskapai dengan Standar Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia


Berdasarkan unggahan akun Instagram @garuda.indonesia, Rabu (2/12/2020), motif batik tambal pada desain masker menggambarkan keberagaman Indonesia.

Tema yang diangkat adalah "Bersama Membangun Masa Depan Bangsa". Harapannya, dapat menginspirasi agar Indonesia segera pulih dari pandemi virus corona.

Dalam peluncuran desain keempat tersebut, Garuda Indonesia menggandeng PT Pertamina.

Irfan mengatakan kompetisi mendesain masker ini merupakan upaya Garuda Indonesia turut mengkampanyekan program pemerintah, 'Ayo Pakai Masker'. Serta, sebagai pesan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Garuda Indonesia Sediakan 150 Titik Rujukan Resmi Layanan Pemeriksaan Swab

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah memilih tiga desain mask livery dan mengabadikannya pada pesawatnya.

Ketiga desain sebelumnya yaitu:

1. Indonesia Pride

Pemenang kompetisi desain moncong pesawat Garuda Indonesia adalah Jailani Sidik. Ia membuat desain yang menampilkan berbagai kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Tema yang diangkat Jailani dalam desainnya yakni "Indonesia Pride". Desain tersebut pun diabadikan di pesawat Boeing B737-800NG.

Baca juga: Maskapai Ini Tawarkan Jaminan Bebas Karantina Bagi Turis Inggris Raya

2. Terbang Tinggi dan Tetap Terlindungi

Batik parang menjadi motif pada desain masker yang menjadi pemenang kedua kompetisi. Desain dengan tema "Terbang Tinggi dan Tetap Terlindungi" tersebut dibuat Helena Calista.

Batik parang pada desain tersebut tidak hanya ditampilkan untuk melestarikan budaya Indonesia. Helena ingin batik parang menggambarkan pantang menyerah.

Baca juga: Berapa Kompensasi Delay Pesawat untuk Penumpang Maskapai?

3. Sekar Jagat Nusantara

Sementara, desain ketiga yang menjadi pemenang kompetisi dibuat Rainhard Budi Santoso. Tema yang diambil ialah "Sekar Jagad Nusantara".

Livery mask tersebut menggambarkan 10 jenis bunga yang mewakili keanekaragaman flora di Indonesia. Desain masker diabadikan pada pesawat Airbus A330-300.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi