Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tokoh Dunia yang Kepergiannya Banyak Dicari di Google Selama 2020

Baca di App
Lihat Foto
EPA-EFE/ADAM S DAVIS
Sebuah gambar dipasang untuk mengenang legenda bola basket dari klub Los Angeles Lakers, Kobe Bryant.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2020, terdapat sejumlah tokoh dunia yang meninggal dunia.

Mesin pencarian google merangkum 5 tokoh yang kepergiannya menjadi yang paling diperbincangkan masyarakat dunia. 

Berikut nama-nama yang paling banyak dicari dari seluruh dunia di tahun 2020.

1. Kobe Bryant

Legenda NBA Kobe Bryant dan putrinya, Gianna Maria Onore mengalami kecelakaan di kawasan Calabasas, California, AS pada Minggu (26/2/2020) ketika dalam perjalanan ke Mamba Academy untuk latihan basket. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria kelahiran Philadelphia, 23 Agustus 1978 ini meraih cincin juara NBA pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Baca juga: Mengenang Hari Kelahiran Kobe Bryant, Kisah Hidup, dan Karier Basketnya...

 

Kobe tercatat sebagai pemain terbaik pada NBA Finals pada 2009 dan 2010. Selama kariernya, Kobe Bryant terpilih bermain di ajang All Star Game selama 18 kali.

Berbagai torehan prestasi itu menjadikan Kobe Bryant dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di NBA. Bahkan, Kobe disejajarkan dengan legenda sekelas Michael Jordan atau Magic Johnson.

Untuk memberikan penghormatan atas prestasi yang diraih Kobe Bryant, Los Angeles Lakers memensiunkan nomor punggung 8 dan 24 yang dikenakannya selama bermain. 

Dengan meninggalnya sang legenda, nama Kobe Bryant menjadi paling banyak dicari dari wilayah AS, Puerto Rico, Kanada, Filipina, dan Republik Dominika

2. Naya Rivera

Bintang serial TV "Glee", Naya Rivera (33) ditemukan tewas pada Senin (13/7/2020) di Danau Piru, Ventura, California, Amerika Serikat (AS). Menurut penyelidikan, Rivera ditemukan tewas tenggelam.

Dikutip dari Kompas.com (15/7/2020), diketahui berdasarkan penyelidikan yang diungkap tim investigasi, Naya Rivera berenang bersama putranya yang masih berusia 4 tahun di Danau Piru.

Baca juga: Sosok Naya Rivera, Dikenang sebagai Pribadi yang Bertalenta

Putra Naya Rivera, Josey Hollis Dorsey, ditemukan sedang tertidur sendirian dengan jaket pelampung terpasang di tubuhnya. Rivera dan putranya, Josey, memang telah mendapat izin berenang di bagian danau di mana kapal mereka berada.

Namun, Naya Rivera tidak memakai jaket pelampungnya. Pihak otoritas kemudian meyakini bahwa Rivera tenggelam secara tidak sengaja dan tubuhnya kemungkinan besar terperangkap dalam vegetasi bawah danau selama beberapa hari sebelum mengapung ke atas.

Para penyelam sudah mencari dengan saksama di semua area dan akhirnya menemukan jasad Rivera di antara semak-semak yang tumbuh di daerah itu dan baru-baru ini kering yang kemungkinan membuat jasad Rivera tersembunyi di dalam air yang keruh.

3. Chadwick Boseman

Dikutip dari Kompas.com (03/09/2020), pemeran raja Wakanda, T'Challa di film Black Panther II, Chadwick Boseman meninggal dunia pada 28 Agustus 2020.

Boseman diketahui meninggal akibat penyakit kanker usus yang dideritanya.

Meskipun tengah berjuang melawan penyakit, ia tidak memberitahu pihak Marvel terkait kanker usus yang diidapnya supaya tidak mengganggu proses pengambilan gambar film Black Panter yang akan dirilis 2022 mendatang. 

Baca juga: Perjalanan Karier Chadwick Boseman, dari Broadway hingga Wakanda

Dengan meninggalnya Boseman, membuat namanya banyak dicari di google dari wilayah Trinidad dan Tobago, Zambia, Jamaika, Uganda, dan AS.

Diberitakan Kompas.com (11/12/2020), dengan kepergian Boseman tidak menjadikan pihak pembuat film, Marvel mencari pengganti untuk peran T'Challa karena sudah dianggap ikonik.

Bahkan, Marvel justru mengeksplorasi lebih banyak mengenai dunia Wakanda dan memperkenalkan karakter-karakter dari film pertama.

4. Sushant Singh Rajput

Aktor Bollywood Sushant Singh Rajput meninggal karena bunuh diri pada 14 Juni 2020. Kematian Sushant termasuk salah satu tokoh yang paling banyak diberitakan di dunia maya. 

Terkait kematian putranya, Krishna Kumar Singh, ayah Sushant melaporkan kasus ke kantor Kepolisian Patna pada 25 Juli 2020. Krishna menyebut terdapat seorang aktris yang membuat Susant terpuruk hingga melakukan bunuh diri. 

Baca juga: Hasil Otopsi, Sushant Singh Rajput Meninggal karena Gantung Diri

Polisi pun menangkap kekasih Sushant, Rhea Chakraborty, atas kasus dugaan mengatur konsumsi ganja Sushant. Selain Rhea, polisi juga telah menangkap sembilan orang terkait kematian Sushant Singh Rajput.

Kematian Sushant pun mengangkat fenomena nepotisme dalam dunia Bollywood. Aktor-aktor berbakat seperti Sushant jauh lebih sulit meraih popularitas daripada aktor dengan keluarga yang sebelumnya telah lama berkecimpung di Bollywood. 

5. George Floyd

Nama George Floyd menjadi dikenal setelah video mengenai detik-detik kematian dirinya tersebar luas.

Dalam video tersebut, leher Floyd ditindih lutut polisi ketika ia sedang diamankan dengan diborgol.

Setelah kematiannya, kejadian tersebut menjadi isu di Amerika Serikat dan hampir sebagian negara dunia terkait hak asasi manusia. 

Baca juga: Sebelum Tewas, George Floyd Sempat Memohon Polisi Tak Menembaknya

 

George dituduh menggunakan uang palsu ketika melakukan transaksi di sebuah toko kelontong. Akibat peristiwa tersebut, Floyd meninggal dunia.

Adanya kekerasan polisi terhadap Floyd yang merupakan kulit hitam ini kemudian berimbas pada demonstrasi besar di AS dengan mengangkat isu rasisme atau dikenal dengan Black Lives Matter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi