Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Kisah Unik Pemancing Temukan Handphone Saat Mancing, Ini Cerita Lengkapnya

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Cerita unik, pemancing ini bukannya dapat ikan saat memancing tapi dapat hape.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

 

KOMPAS.com - Sebuah unggahan foto yang menunjukkan seorang pemancing yang menemukan ponsel saat sedang memancing, viral di media sosial Facebook. 

Foto tersebut diunggah di grup facebook info cegatan jogja pada Sabtu (12/12/2020) oleh akun bernama Zlodron Badir Linggizer, dengan keterangan foto sebagai berikut:

"telah ditemukan hp vivo nyangkut di pancing dibawah jembatan banar bagi yang kehilangan silahkan ambil dibawah jembatan ditunggu..syarat bisa buka kunci...pswd"

Dalam foto, terlihat bahwa handphone yang tersangkut di alat pancing itu terlihat masih bisa menyala dan tidak rusak karena terkena air karena masih terbungkus pelindung. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral Iklan Pernyataan Putus Hubungan Keluarga, Berikut Ini Sejarahnya

Peristiwa yang tergolong unik tersebut semakin menarik, manakala Zlodron kembali mengunggah foto berikutnya, yang memperlihatkan bahwa handphone tersebut berhasil dikembalikan ke pemiliknya.

"Trimakasih ICJ berkat kalian Hp vivo kembali ke yang punya"

Sampai dengan Minggu (20/12/2020) unggahan foto Zlodron yang pertama telah mendapat lebih dari 10 ribu likes, 1.619 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 497 kali.

Sementara unggahan kedua saat dia mengembalikan ponsel tersebut kepada pemiliknya disukai lebih dari 6.300 anggota grup dan dikomentari 374 orang. 

Bagaimana kisah lengkapnya?

Kompas.com mencoba menelusuri kebenaran unggahan tersebut dengan menghubungi akun Facebook bernama Zlodron Badir Linggizer.

Pria bernama asli Daryono itu mengungkapkan, peristiwa itu terjadi ketika ia bersama rekannya, Suparman, tengah memancing ikan di daerah Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah pada Sabtu (12/12/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB

"Yang dapet (handphone) itu temen saya (Suparman). Pertama kan mancing di tebing di Sungai Elo. Berhubung dari tebing enggak bisa, kami turun pakai tambang," kata Daryono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Viral Unggahan Halte Sedekah di Palbapang, Yogyakarta, Ini Cerita Pembuatannya

Daryono menuturkan, setelah sampai di bawah tebing, Suparman melempar umpan ke sungai. Waktu itu Daryono masih berada di atas tebing.

"Kan (umpan) dilempar, arusnya kan deras, jadi pemberatnya (pancing) itu terbawa pusaran itu. Tahu-tahu pas diangkat lagi, itu ada hapenya nyangkut di pancing itu," ujar Daryono.

Setelah menemukan handphone itu, Daryono kemudian memotret Suparman bersama hasil tangkapannya, dan mengunggah foto tersebut di grup Facebook, Mancing Mania Magelang dan info cegatan jogja.

Dicari oleh pemiliknya

Pria yang beralamat di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini menuturkan, setelah ia mengunggah foto Suparman beserta handphone yang dia temukan, dirinya mendapat dua pesan di Facebook dari pengelola rafting Sungai Elo.

Daryono mengatakan, pesan pertama memintanya untuk menyimpan saja ponsel tersebut.

Baca juga: Video Viral Ular Hijau Melingkar di Samping Rumah Warga, Apa Jenisnya dan Berbahayakah?

Karena ternyata ponsel itu merupakan milik salah satu peserta rafting yang membandel, meski sudah diperingatkan tidak boleh membawa ponsel saat rafting, tapi tetap nekat. 

Kemudian, pesan kedua yang juga berasal dari pengelola rafting, meminta Daryono untuk memberitahukan nomor kontaknya agar bisa dihubungi oleh pemilik handphone tersebut.

"Yang bawa hapenya kan Suparman, akhirnya saya kasih nomornya temen saya itu," kata Daryono.

Handphone jatuh saat rafting

Pemilik handphone tersebut akhirnya menghubungi dan mendatangi kediaman Suparman, yang juga berada di Sleman, untuk mengambil kembali ponsel tersebut. 

"Itu akhirnya ditanya, sama Parman, 'Gimana kok bisa jatuh?'," kata Daryono.

Pemilik handphone itu kemudian menuturkan pada Suparman, saat itu dirinya tengah mengikuti rafting di sungai Selo pada Sabtu (12/12/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Ponsel itu terjatuh ketika rafting baru dimulai seperempat perjalanan.

"Itu kan (yang punya) orang Sumatera. Mau pindah pondok pesantren katanya itu, tapi mampir liburan dulu," kata Daryono.

Baca juga: Viral Video Masak Mie Instan 1 Menit 45 Detik, Hasilnya Anti Lembek

Berhasil dikembalikan

Daryono mengatakan, si pemilik mengambil ponsel tersebut di rumah Suparman pada Minggu (13/12/2020) pagi.

"Sebenarnya kemarin untuk pengembalian itu kan enggak saya posting, tapi kan karena ada yang komen postingannya hoaks dan segala macem, daripada saya dibilang hoaks, akhirnya saya posting saja," kata Daryono.

Daryono menuturkan, pemilik handphone itu merasa sangat senang karena barang berharganya itu bisa kembali dalam keadaan utuh.

"Ya sangat senang sekali, karena di situ ada nomor keluarganya semua yang di Sumatera. Jadi kalau (hape) hilang kan untuk kontak keluarga enggak ada sama sekali," kata Daryono.

Daryono mengungkapkan, dari pengalamannya memancing selama ini, baru kali ia mengalami peristiwa unik seperti itu.

"Belum pernah gitu ketemu barang unik seperti ini. Ya kalau ikan ya sering," kata Daryono berkelakar.

Baca juga: Video Viral Dinosaurus di Magetan, Ini Cerita Pembuatannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi