Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Operasional Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA
Petugas teller saat melayani nasabah untuk melakukan pergantian kartu ATM Bank BRI di Kantor Cabang Bank BRI Depok, Kota Depok, Minggu (25/3/2018). Penggantian kartu ATM dimaksudkan sebagai upaya percepatan migrasi kartu dari teknologi pita magnetik ke teknologi cip yang diyakini dapat mengurangi risiko skimming. Proses penggantian kartu dilakukan tanpa dikenakan biaya serta pemberitahuan terus dilakukan melalui SMS blast, layar ATM BRI serta media sosial BRI.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Sejumlah pelayanan termasuk perbankan dilakukan secara terbatas selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan, beberapa bank telah merilis jadwal operasionalnya masing-masing.

Bagi Anda yang berencana melakukan transaksi pada hari-hari tersebut, ada baiknya jika menyimak atau mengetahui jadwal operasional dan layanan perbankan yang dibuka.

Baca juga: Berkaca dari Kasus Winda Earl di Maybank, Ini 4 Tips agar Dana Simpanan di Bank Semakin Aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut jadwal operasional sejumlah bank di Indonesia:

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri akan mengoperasikan 160 cabang di seluruh Indonesia secara bergantian khusus pada periode libur Natal 24-27 Desember 2020.

Pada periode tersebut, Mandiri akan memberikan layanan perbankan secara terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking.

"Sedangkan pada periode libur Tahun Baru 31 Desember 2020-3 Januari 2021, sebanyak 214 cabang akan dioperasikan secara bergantian untuk memberikan layanan perbankan terbatas, termasuk pembayaran delivery order oleh SPBU Pertamina dan layanan weekend banking," kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Rudi As Aturridha dikutip dari Kontan, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Ramai soal Merger Bank Syariah, Ini Pendapat Sekjen MUI

Pihaknya telah mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah yang diperkirakan pada 16-31 Desember sehingga dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut.

Menurut rencana, proses preventive maintenance dilakukan pada 955 mesin ATM di lokasi-lokasi utama.

Adapun total ATM Bank Mandiri saat ini tercatat sebanyak 13.176 mesin ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

Baca juga: Profil Djoko Tjandra, Si Joker Buronan Kasus Bank Bali

2. Bank Central Asia (BCA)

BCA akan meniadakan operasional kantor cabang per 24-25 Desember 2020 dan 31 Desember sampai dengan 1 Januari 2021.

Weekend banking pun ditiadakan pada 26-27 Desember 2020 dan 2-3 Januari 2021.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan di rumah melalui layanan digital BCA, seperti BCA mobile atau KlikBCA.

"Nasabah kini dapat melakukan berbagai transaksi dengan simpel, salah satunya adalah melalui aplikasi BCA mobile yang telah diperbaharui dengan fitur lifestyle," ujar Jahja seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: BCA Buka 4 Posisi Lowongan Kerja untuk Lulusan S1, Berminat?

Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi setoran tunai, dapat menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam.

Untuk mengantisipasi kebutuhan tarikan nasabah di mesin ATM menjelang libur Natal dan Tahun Baru, BCA menyediakan uang tunai sebesar Rp 30,5 triliun.

Selain fitur digital banking BCA, nasabah dapat mengakses layanan Halo BCA selama 24 jam melalui telepon Halo BCA 1500888 atau ketik #halobca melalui Whatsapp di 0811 1500 998, dan Halo BCA Chat di www. bca.co.id atau mention akun Twitter: @HaloBCA.

Baca juga: INFOGRAFIK: Cara Cek Saldo BRI, BCA, Mandiri, dan BNI

3. Bank Negara Indonesia (BNI)

Dikutip dari Kontan, Senin (21/12/2020), BNI mengumumkan akan tetap mengaktifkan secara terbatas 201 kantor cabangnya agar masyarakat yang masih memerlukan transaksi keuangan dapat terlayani selama masa liburan tersebut.

BNI melaksanakan operasional terbatas pada dua periode waktu.

Pertama, pada 24-25 Desember 2020 terdapat 24 outlet yang tetap beroperasi secara terbatas melayani setoran Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina dan pembayaran pajak yang tersedia mulai pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Kedua, pada 31 Desember 2020, BNI membuka 201 kantor cabangnya untuk memberikan layanan beberapa transaksi.

Baca juga: BNI Buka Lowongan Kerja untuk 7 Posisi, Simak Informasi Lengkapnya!

Di antaranya seperti setoran, penarikan tunai maksimal Rp 25 juta per rekening, pemindahbukuan rekening BNI, setoran BBM Pertamina, setoran pajak, maintenance rekening tabungan atau pinjaman, kegiatan kredit, hingga aktivasi e-channel yang tersedia mulai pukul 09.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Selanjutnya khusus pada 1 Januari 2020, BNI menutup seluruh kantor cabangnya karena bertepatan dengan hari Libur Tahun Baru.

Namun, transaksi tetap dapat menggunakan jaringan layanan digital BNI.

Seluruh outlet BNI akan kembali beroperasi normal pada 28, 29, dan 30 Desember 2020, serta 4 Januari 2021. 

Baca juga: Jadwal Operasional Bank Mandiri, BCA, dan BNI Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2021

4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Direktur Jaringan dan Layanan BRI A. Solichin Lutfiyanto menyatakan, pihaknya akan membuka 122 unit kerja selama periode libur Nataru dan menyiapkan lebih dari Rp 29 triliun.

Penyediaan kas Rp 29 triliun tersebut akan digunakan untuk kebutuhan transaksi nasabah melalui ATM dan operasional unit kerja.

Pemberian layanan operasional terbatas di 122 unit kerja BRI akan berlaku pada 26 dan 31 Desember 2020.

Baca juga: Ramai Pesan Notifikasi soal Banpres Produktif, Ini Penjelasan BRI

Layanan terbatas itu meliputi pembukaan rekening simpanan, penarikan dan setoran ke rekening simpanan, layanan setoran pinjaman, setoran penerimaan negara, pick up service dan layanan complaint handling.

Sementara itu, layanan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non BBM dari SPBU/merchant, BRI memberikan layanan operasional terbatas pada 26 Desember, 31 Desember, dan 2 Januari 2021.

"Masyarakat juga dapat memanfaatkan berbagai kemudahan transaksi di BRI melalui BRImo, contact center BRI, 53 ribu ATM Link, lebih dari 460 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia, dan 219 ribu jaringan e-channel BRI," ucap Solichin.

Dia menambahkan, BRImo sendiri merupakan aplikasi digital banking milik BRI yang menggabungkan fungsi mobile banking dan internet banking.

Nasabah pengguna ponsel iOS maupun android sudah dapat mengunduhnya melalui app store.

Baca juga: Penjelasan BRI soal Adanya Notif SMS Dana BLT UMKM tetapi Belum Terdaftar di eform.bri.co.id

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Cek Rekening Terindikasi Penipuan Online

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi