Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KSAU 2002-2005
Bergabung sejak: 25 Feb 2016

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Mars TNI dan Satria Nusantara

Baca di App
Lihat Foto
YouTube/KOMPASTV
Parade dan defile digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 di Taxi Way Echo, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).
Editor: Ana Shofiana Syatiri

Pada kesempatan peluncuruan buku tanggal 17 Desember 2020, Addie MS, sebagai salah satu pembicara yang diundang, menceritakan tentang bagaimana proses akhir dari perjalanan panjang dalam menciptakan lagu Mars TNI.

Sebenarnya saya sendiri sudah lupa kejadiannya, akan tetapi setelah diungkap oleh Addie MS saya teringat lagi.

Ketika itu Panglima TNI Jenderal Endriartono Soetarto mengajak para Kepala Staf Angkatan untuk mendengarkan lagu “baru” Mars TNI ciptaan Addie MS. Panglima berharap agar dapat memperoleh masukan dari para Kepala Staf yang merupakan tahap akhir sebelum lagu tersebut dinyatakan secara resmi sebagai Mars TNI. Hal ini berkaitan dengan organisasi ABRI yang telah berubah menjadi TNI.

Ketika itu memang saya mengangkat untuk dipertimbangkan kata-kata Satria Nusantara dalam lagu Mars TNI. Persoalannya adalah di era tersebut nama “Satria Nusantara” sebagai salah satu cabang ilmu bela diri tengah populer dan meluas di masyarakat.

Dikhawatirkan kata tersebut dapat membingungkan antara makna yang terkandung di dalamnya dengan sebuah nama yang sangat populer sebagai “brand image” atau “trade mark” dari sebuah cabang olahraga bela diri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi saya Mars TNI adalah sebuah lagu yang mewakili gaung dari genderang perang dan harus senantiasa bergema membakar semangat di dada setiap prajurit.

Dia harus dapat mengiringi para prajurit terutama dalam melaksanakan tugas-tugas berat yang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa.

Merasa sayang sekali lagu bagus yang sudah diciptakan dengan susah payah dan penuh dedikasi serta melalui proses panjang bisa terganggu oleh satu kata saja yang dapat memberikan arti lain dari yang diniatkan semula.

Sama sekali tidak terbayang bahwa “koreksi” itu ternyata telah berdampak kerepotan yang luar biasa bagi Addie MS dan timnya untuk kemudian harus mengubah kata-kata dalam lagu tersebut. Sebuah proses yang tentu saja tidak mudah dan sederhana seperti dibayangkan orang. Maafkan daku pak Addie MS.

Singkat kata lagu tersebut akhirnya diresmikan sebagai Mars TNI dengan sedikit perbaikan dan mengganti kata Satria Nusantara menjadi Patriot Nusantara. Sebuah lagu yang bagus dan dapat membakar semangat siapapun yang mendengarkannya.

TNI tentu saja sangat berhutang budi kepada maha karya Addie MS ini yang pasti tidak hanya berlatar belakang sebagai sebuah produk karya seni akan tetapi lebih kepada karya yang bermotif dedikasi tinggi kepada negeri.

Itulah kisah pendek dari perjalanan panjang proses terciptanya lagu Mars TNI. Kisah pendek dari Mars TNI dan Satria Nusantara.

Alhamdulilah pada 5 Oktober 2018 Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI telah berkesempatan memberikan penghargaan kepada sang Maestro pencipta lagu Mars TNI. Sebuah penghargaan yang memang sangat layak diterima oleh Sang Penciptanya.

Terimakasih Addie MS.


Berikut ini lirik dari lagu Mars TNI

MARS TNI

Cipt: Addie MS

Tentara Nasional Indonesia
Siap mempertahankan negara
Dengan sumpah prajurit dan Sapta Marga
Kobarkan semangat Pancasila

Tentara Nasional Indonesia
Siap membela nusa dan bangsa
Membangun persatuan dan kesatuan
di darat, di laut, di udara

Prajurit TNI
Patriot Nusantara
Bersama rakyat bangun negeri tercinta
Negara Republik Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi