Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trending di Twitter, Ini 7 Fakta Menarik dari Film Home Alone

Baca di App
Lihat Foto
Istimewa
Poster film Home Alone
|
Editor: Jihad Akbar

KOMPAS.com - Kata kunci "Home Alone" menjadi salah satu trending topic di Twitter pada Jumat (25/12/2020). Hingga pukul 07.40 WIB, terdapat lebih dari 47,9 ribu twit memakai kata kunci "Home Alone".

Home Alone merupakan judul film komedi keluarga. Di Indonesia, film tersebut biasa diputar saat momentum hari libur, seperti saat liburan Natal.

Melansir situs review film, Rotten Tomatoes, film itu mengisahkan tentang seorang bocah laki-laki berusia delapan tahun, Kevin McCallister, yang ditinggal sendirian di rumah karena keluarganya pergi berlibur ke Paris, Perancis.

Rumah Kevin yang kosong, ternyata mengundang niat jahat dari komplotan pencuri Wet Bandits, Harry Lime, dan Marv Merchants, untuk menggasak barang-barang di rumah itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin yang mengetahui niat jahat mereka, bersiap untuk melindungi rumah dari para perampok. Dengan kecerdikannya, Kevin mempersiapkan banyak jebakan untuk mencegah komplotan pencuri itu melancarkan aksinya.

Baca juga: Deretan Film Donald Trump, dari Home Alone 2 hingga Sex and the City

Fakta seputar film Home Alone

Film Home Alone pertama kali dirilis pada 16 November 1990. Film tersebut sangat laris dan menjadi favorit penonton.

Home Alone berhasil meraup keuntungan kotor 281,5 juta dollar AS dan menjadi salah satu pemegang rekor box office. Film itu kemudian mendapat sekuel, Home Alone 2: Lost in New York (1992) dan Home Alone 3 (1997).

Berikut adalah tujuh fakta menarik seputar film Home Alone pertama:

1. Tarantula asli

Dilansir dari Time, 10 Desember 2019, banyak hal tragis menimpa komplotan Wet Bandit ketika mereka mencoba masuk ke rumah Kevin.

Namun, jebakan yang menimbulkan reaksi hebat adalah ketika Kevin meletakkan laba-laba peliharaan kakaknya, Buzz, di wajah Marv untuk mengalihkan perhatiannya. 

Momen itu terasa sangat nyata karena aktor pemeran Marv, Daniel Stern, setuju untuk membiarkan tarantula asli merayap di wajahnya selama pengambilan gambar.

Baca juga: Jelang Natal Harga Emas Dunia Naik, Ini Pendorongnya

2. Skrip film selesai kurang dari 10 hari

Penulis skenario Home Alone, John Hughes, menulis naskah untuk film itu hanya dalam waktu kurang dari 10 hari. Hal tersebut diungkap James Hughes, putra dari John Hughes.

John Hughes mendapat ide untuk membuat film tersebut menjelang perjalanan pertama keluarganya ke Eropa pada 1989.

3. Rumah keluarga Kevin kini berharga 1,5 juta dollar

Sutradara Home Alone, Chris Columbus, memilih sebuah rumah di Winnetka, Illinois, sebagai latar tempat tinggal keluarga Kevin. 

Menurut Chicago Tribune, rumah itu laku dijual seharga 1,5 juta dollar AS pada tahun 2015.

Baca juga: Sinopsis Film Home Alone, Kisah Kevin yang Selamatkan Rumahnya dari Pencuri

4. Pemegang rekor box office selama 27 tahun

Home Alone menggemparkan box office AS selama musim liburan 1990 dan terus mendominasi sepanjang paruh pertama tahun berikutnya.

Film itu mempertahankan posisi pertama selama 12 minggu perilisannya, dan tetap berada di 10 besar hingga Juni 1991.

Home Alone menghasilkan 285.761.343 dollar AS dan menjadi film terlaris tahun 1990 serta film komedi live action terlaris yang pernah ada. Film itu memegang rekor dunia itu hingga 2017, 27 tahun setelah dirilis.

5. Pacar Buzz adalah laki-laki yang memakai kostum

Ketika ditinggal sendirian di rumah, Kevin mengambil kesempatan untuk melihat-lihat barang milik kakaknya yang galak, Buzz. Dia kemudian menemukan foto pacar Buzz dalam sebuah bingkai kayu.

Namun menurut pemeran Buzz, Devin Ratray, foto pacar dalam pigura itu sebenarnya adalah laki-laki yang memakai kostum.

Ratray mengatakan, para produser berpikir bahwa memasukkan seorang gadis dalam peran itu akan sangat kejam, jadi mereka memilih laki-laki sebagai gantinya.

“Art director memiliki seorang putra yang bersedia menjadi sukarelawan untuk peran tersebut. Saya pikir jika dia tahu itu akan menjadi komedi keluarga dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa, dia mungkin akan berubah pikiran tentang itu," ujarnya.

Baca juga: Dibayar Rp 49 M, Macaulay Culkin Bakal Muncul di Home Alone Reboot

6. Momen ikonik Home Alone adalah improvisasi

Dilansir Insider, Rabu (23/12/2020), salah satu momen ikonik dalam Home Alone adalah ketika Kevin berlagak mengoleskan krim aftershave ke wajahnya.

Reaksi wajah Kevin setelah memakai aftershave, dua tangan memegang pipi, mata melotot, dan mulut terbuka lebar karena kepanasan, menjadi salah satu momen ikonik dalam film tersebut.

Namun, ternyata adegan itu tidak seperti yang diperintahkan oleh sutradara. Macaulay Culkin, pemeran Kevin, justru melakukan hal sebaliknya.

"Jika Anda meletakkan sesuatu di wajah Anda dan merasa terbakar, kebanyakan orang segera mengibaskan tangan mereka. Jadi arahan saya kepadanya (Culkin) adalah ketika Anda menepuk wajah Anda, kibaskan tangan Anda dan berteriak. Saya pikir itu adalah saat take pertama, dan dia tetap memegang tangannya di pipinya," kata sutradara Chris Columbus. 

7. Semua adegan jatuh nyata

Film Home Alone melibatkan banyak adegan jatuh, terutama bagi komplotan pencuri Wet Bandits yang menjadi korban jebakan Kevin.

Para stuntman film itu mengatakan, mereka tidak menggunakan trik efek khusus, dan tidak ada bantalan yang terpasang di tanah. 

Sehingga, para kru film berusaha semaksimal mungkin agar tiap pengambilan gambar bisa selesai dalam satu kali.

Baca juga: Berasa Home Alone, Main Salju di 5 Tempat Ini saat Libur Akhir Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi