Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2020: 15 Kecelakaan Maut Pesawat dan Helikopter di Dunia

Baca di App
Lihat Foto
AP/Kementerian Situasi Darurat
Dalam tayangan TV yang dirilis oleh Kementerian Situasi Darurat Ukraina, sebuah pesawat militer AN-26 terbakar setelah jatuh di kota Chuguyiv (Chuhuiv) dekat Kharkiv, Ukraina, Jumat malam, 25 September 2020.
|
Editor: Jihad Akbar

KOMPAS.com - Selama 2020 terdapat sejumlah kecelakaan maut pesawat dan helikopter. Penyebabnya beragam, mulai dari akibat cuaca buruk hingga human error.

Ada pesawat yang tertembak, ada juga yang menabrak pegunungan.

Salah satu kecelakaan tersebut bahkan menyebabkan atlet basket Kobe Bryant meninggal dunia. 

Berikut ini rangkuman kecelakaan pesawat dan helikopter pada 2020 yang menimbulkan korban jiwa:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Helikopter Black Hawk

Diberitakan Harian Kompas, 3 Januari 2020, Helikopter Black Hawk yang dioperasikan Taiwan mengalami kecelakaan di Pegunungan Wulai pada 2 Januari 2020.

Panglima Angkatan Bersenjata Taiwan Jenderal Shen Yi-ming tewas dalam kecelakaan itu. Sejumlah jenderal dan tentara Taiwan juga ikut tewas.

Bersama sejumlah pejabat Angkatan Bersenjata (AB) Taiwan, Shen sedang dalam perjalanan meninjau persiapan tahun baru China. Mereka lepas landas dari Taipei pada 2 Januari 2020 pagi.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: 5 Acara Besar di Dunia yang Ditunda dan Dibatalkan karena Pandemi Covid-19

2. Pesawat militer Sudan

Melansir BBC, 2 Januari 2020, sebuah pesawat militer Sudan jatuh di negara bagian Darfur Barat yang menewaskan sedikitnya 18 orang, termasuk empat anak.

Pesawat itu jatuh lima menit setelah lepas landas dari bandara di ibu kota negara bagian El Geneina.

Pesawat tengah mengirimkan bantuan ke daerah itu, karena telah terjadi bentrokan mematikan antara kelompok etnis selama beberapa hari.

3. Pesawat Boeing 737-800

Diberitakan BBC, 9 Januari 2020, Ukraine International Airlines Boeing 737-800 jatuh hanya beberapa menit setelah lepas landas dari bandara Teheran, Iran, pada 8 Januari 2020.

Penerbangan Ukraine International Airlines PS752 ke Kyiv memiliki 167 penumpang dan 9 awak Ukraina (total 176 orang). Mayoritas penumpang berasal dari Iran dan Kanada.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Iran melakukan serangan rudal di dua pangkalan udara yang menampung pasukan AS di Irak.

Melansir BBC, 16 Januari 2020, seluruh penumpang yang berjumlah 176 orang meninggal dunia.

Adapun, korban jiwa terbanyak didominasi warga Iran 82 orang. Berturut-turut Ukraina (11 orang), Swedia (10 orang), Afghanistan (4 orang), Jerman (3 orang) dan Inggris (3 orang). Rincian korban tewas terdiri dari 70 pria, 81 perempuan, dan 15 sisanya anak-anak.

Dikutip Harian Kompas, 12 Januari 2020, pemerintah Iran mengakui rudal militernya tanpa sengaja menembak pesawat komersial Ukraine International Airlines.

Komandan Kedirgantaraan Garda Revolusi Iran, Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh, menyatakan penembakan itu dilakukan secara mandiri oleh operator rudal Iran.

”Republik Islam Iran secara mendalam menyesalkan terjadinya kesalahan yang menjadi bencana ini,” kata Presiden Iran Hassan Rouhani melalui media sosial Twitter.

”Penyelidikan internal angkatan bersenjata menyimpulkan bahwa penembakan rudal yang disesalkan itu akibat kesalahan manusia sehingga pesawat Ukraina jatuh dan terjadi kematian 176 orang tak berdosa,” tulisnya.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: 9 Hujan Meteor Sepanjang Tahun Ini

4. Pesawat pemadam kebakaran

Diberitakan Harian Kompas, 24 Januari 2020, sebuah pesawat pengebom air jatuh di wilayah pegunungan di New South Wales, Australia, pada 23 Januari 2020.

Akibat kecelakaan itu, tiga kru asal Amerika Serikat yang membantu memadamkan kebakaran hutan Australia meninggal.

Pesawat Hercules C-130 itu sedang memadamkan kobaran api yang membakar hutan di wilayah tersebut. Pesawat meledak menjadi bola api besar sekitar pukul 13.30 waktu setempat.

5. Helikopter Sikorsky S-76B

Dikutip BBC, 27 Januari 2020, legenda bola basket AS Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter di California.

Helikopter jatuh di lapangan terpencil di lepas pantai Las Virgenes pada 26 Januari 2020. Kobe Bryant menggunakan helikopter untuk menuju Mamba Academy.

Bryant dan putrinya, Gianna, termasuk di antara sembilan orang yang tewas ketika helikopter jatuh di Calabasas. Penyebab kecelakaan itu diduga karena cuaca buruk.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: 5 Kecelakaan Transportasi Air di Indonesia

6. Pesawat tempur canggih

Diberitakan Harian Kompas, 29 Januari 2020, Angkatan Udara Aljazair kehilangan pesawat tempur canggih Sukhoi SU-30 buatan Rusia.

Pesawat itu jatuh pada 27 Januari 2020, saat menjalani misi latihan terbang malam di wilayah timur Aljazair, sekitar 400 kilometer dari ibu kota Algiers.

Kementerian Pertahanan Aljazair, Selasa (28/1), mengatakan kedua pilot tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kemenhan menyatakan pesawat itu jatuh di wilayah yang tidak berpenghuni, tak jauh dari Desa Ain Zitoun di Distrik Oum El Bouaghi.

7. Pesawat Jet Pegasus Airlines

Melansir BBC, 6 Februari 2020, sebuah pesawat penumpang yang mendarat di bandara di Istanbul, Turki, tergelincir dari landasan pacu dan pecah menjadi tiga bagian. Kecelakaan itu menewaskan tiga orang dan melukai 180 lainnya.

Jet Pegasus Airlines membawa 177 penumpang dan enam awak dari provinsi Izmir di barat ketika jatuh di bandara Sabiha Gokcen. Mayoritas penumpang adalah orang Turki.

Pesawat jenis Boeing 727 itu mencoba mendarat ketika hujan lebat disertai angin kencang.

"Sayangnya, pesawat Pegasus Airlines tidak dapat bertahan di landasan karena kondisi cuaca buruk dan tergelincir sekitar 50-60 meter," kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Kala Dunia Diuji oleh Virus Corona

8. Tabrakan pesawat ringan

Dikutip BBC, 19 Februari 2020, empat orang tewas pada tabrakan pesawat di negara bagian Victoria, Australia.

Kedua pesawat itu adalah pesawat Piper-Seminole yang dioperasikan sekolah penerbangan Moorabbin Aviation Services dan pesawat yang dioperasikan Peninsula Aero Club di Tyabb.

Insiden yang melibatkan dua pesawat ringan bermesin ganda itu terjadi di dekat bandara Mangalore di utara Melbourne.

Polisi mengungkapkan kedua pesawat itu membawa dua orang di dalamnya dan lepas landas dari bandara yang berbeda.

Pesawat itu sedang melakukan perjalanan sekitar 1.219 m pada saat tabrakan, menurut juru bicara Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA). Ini dianggap sebagai kecelakaan udara pertama di negara itu dalam lebih dari satu dekade.

9. Pesawat evakuasi medis

Dikutip Harian Kompas, 30 Maret 2020, pesawat untuk evakuasi medis meledak dan terbakar saat lepas landas di bandar udara di Manila, Filipina, pada 29 Maret 2020.

Keseluruhan dari delapan penumpang dan kru pesawat tewas dalam insiden tersebut. Pesawat itu akan bertolak menuju Haneda, Jepang.

Petugas bandara menyebutkan, pesawat tersebut terbakar di ujung landas pacu sekitar pukul 20.00.

Richard Gordon, senator dan Kepala Palang Merah Filipina, melalui Twitter, mengungkapkan bahwa pesawat bermesin ganda West Wind 24 itu membawa tiga personel medis, tiga kru penerbangan, seorang pasien, dan seorang pendamping.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Penelitian soal Awal Mula Virus Corona di Berbagai Negara

10. Pesawat Quest Kodiak 100

Diberitakan Harian Kompas, 13 Mei 2020, pesawat jenis Kodiak K-100 milik maskapai Mission Aviation Fellowship (MAF) jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada 12 Mei 2020.

Pilot asal Amerika Serikat, Joyce Lin, meninggal dunia saat mengemban misi pengiriman alat-alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 di pedalaman Papua.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, Silwanus Sumule, mengatakan pesawat membawa alat kesehatan bagi sejumlah klinik di Mamit, Kabupaten Tolikara. Seperti alat tes cepat Covid-19, masker, dan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan.

11. Pesawat Airbus A320

Sebuah kecelakaan pesawat di Pakistan pada 22 Mei 2020 telah menewaskan 97 orang, menurut pemberitaan BBC pada 24 Juni 2020. Pesawat dengan nomor penerbangan 8303 itu dioperasikan oleh Pakistan International Airlines.

Pesawat A320 itu diduga mengalami kerusakan mesin dan jatuh di area padat penduduk.

Setelah dilakukan investigasi, pesawat jatuh akibat kesalahan manusia oleh pilot dan pengatur lalu lintas udara. Pesawat jatuh di daerah Karachi, Pakistan. Hanya dua penumpang yang selamat.

Pesawat penumpang sedang dalam perjalanan dari Lahore ketika menabrak daerah pemukiman di Karachi, setelah mencoba mendarat di Bandara Internasional Jinnah kota itu.

Menteri Penerbangan Ghulam Sarwar Khan mengatakan pilot awalnya gagal memasang roda pendaratan dengan benar, yang menyebabkan pesawat menggores landasan sebelum lepas landas lagi.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Rentetan Hoaks soal Virus Corona di Indonesia

12. Helikopter MI 17

Dikutip Kompas.com, 16 Juni 2020, helikopter MI 17 milik Pusdik Perbad jatuh di Kendal, Jawa Tengah, pada 13 Juni 2020.

Peristiwa kecelakaan ini mengakibatkan 4 orang meninggal dunia dan lima orang menjalani perawatan.

Penerbangan helikopter yang mengalami kecelakaan ini merupakan bagian dari latihan penerbang satu yang bertujuan membentuk peserta menjadi kapten pilot. Helikopter jatuh saat melakukan tactical manuver.

13. Pesawat Air India Express

Melansir BBC, 7 Agustus 2020, pesawat Air India Express dengan nomor IX 1134 berpenumpang 190 orang jatuh pada pukul 19.40 waktu setempat di sebuah bandara di negara bagian selatan Kerala. Kejadian itu menewaskan sedikitnya 18 orang.

Pesawat Boeing 737 itu tengah melakukan perjalanan dari Dubai. Pesawat tergelincir dari landasan pacu saat hujan, kemudian terjun ke lereng 35 kaki (10,6m) dan pecah menjadi dua.

Pesawat jatuh saat berusaha mendarat untuk kedua kalinya di Bandara Internasional Calicut. Percobaan pertama batal karena hujan.

Penerbangan itu memulangkan orang India yang terdampak oleh krisis virus corona. Menurut pejabat setempat, lusinan orang terluka dan 156 orang di antaranya serius.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: 5 Gerhana yang Tampak dari Indonesia

14. Pesawat Antonov-26

Melansir BBC, 26 September, pesawat Antonov-26 jatuh di dekat kota timur Kharkiv, Ukraina. Pesawat itu jatuh sekitar 2 km dari bandara militer di kota Chuhuiv.

Pesawat membawa 20 taruna dan tujuh perwira dari Universitas Angkatan Udara Kharkiv dan sedang dalam penerbangan pelatihan. Hanya satu orang yang selamat, sedangkan 26 orang lainnya meninggal dunia.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan, dalam sebuah pernyataan, kecelakaan itu terjadi lima menit setelah komandan penerbangan meminta untuk mendarat karena mesin kiri rusak.

15. Pesawat microlight

Diberitakan AFP, 10 Oktober 2020, terjadi tabrakan antara dua pesawat ringan atau microlight di Perancis.

Seorang saksi mata mengatakan benda itu terbakar setelah mendarat di meteran listrik rumah.

Pesawat yang kecil, sebuah microlight yang membawa dua orang. Itu mendarat di pagar sekitar sebuah rumah di kota Loches, terletak sekitar 46 km tenggara kota Tours.

Sedangkan pesawat yang lebih besar, Diamond DA40, mendarat lebih dari 100 m jauhnya di daerah tak berpenghuni. Ada tiga turis di dalamnya.

"Kelima orang yang terlibat tewas," kata pejabat pemerintah lokal Nadia Seghier kepada AFP.

 Baca juga: Kaleidoskop 2020: 5 Gunung Api di Indonesia yang Mengalami Erupsi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi