Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Singapura Kirim Surat untuk Tenaga Kesehatan, Begini Isinya

Baca di App
Lihat Foto
Surat Menkes Singapura Gan Kim Yong kepada tenaga kesehatan
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong menulis surat terbuka untuk tenaga kesehatan di Singapura, Senin (28/12/2020).

Dalam surat yang dirilis melalui laman resmi Kementerian Kesehatan Singapura, Gan berterima kasih kepada para petugas layanan kesehatan yang telah bekerja keras berperang melawan pandemi Covid-19.

Berkat kerja keras tenaga kesehatan, Singapura kini sukses mengendalikan virus corona dan termasuk negara dengan angka kematian terendah.

"Saya ingin berterima kasih karena Anda telah membawa Singapura sejauh ini dalam perjalanan kami," kata Gan dalam suratnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tingkat kematian akibat Covid-19 di Singapura termasuk yang terendah di dunia sama sekali bukan keberuntungan. Itu adalah bukti kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan Anda," sambungnya.

Sejak konfirmasi kasus pertama pada 23 Januari 2020, Singapura telah melaporkan 58.529 kasus infeksi dengan 29 kematian.

Baca juga: Singapura Akan Memulai Vaksinasi Covid-19 pada 30 Desember 2020

Isi lengkap surat Menkes Singapura

Ini isi lengkap surat Menkes Singapura:

Saat kita memulai perjalanan Fase Tiga pada hari ini (28 Desember) dan tahun ini akan segera berakhir, inilah saat yang tepat untuk merefleksikan apa yang telah kita lalui bersama di tahun yang luar biasa ini, tahun yang akan terukir dalam ingatan kolektif kita setelah pandemi berakhir.

Singapura melihat kasus Covid-19 impor pertama pada 23 Januari, dan kami telah berkembang pesat sejak saat itu.

Bagi keluarga perawatan kesehatan, tahun 2020 tidak diragukan lagi merupakan tahun yang melelahkan, terkadang diisi dengan keputusasaan. Tetapi tahun ini juga ditentukan oleh rasa misi, tujuan, dan persahabatan yang kuat saat persaudaraan perawatan kesehatan bersatu untuk menjaga keamanan Singapura.

Dari hari-hari awal kecemasan dan ketidakpastian, kami dengan cepat melakukan improvisasi dan menyesuaikan struktur dan proses kami untuk menemukan cara baru dalam merawat setiap pasien Covid-19 atau lainnya.

Kami mengerahkan tim medis ke fasilitas perawatan komunitas dan asrama, menambah tenaga perawatan kesehatan kami dengan SG Healthcare Corps, serta bekerja sama dengan mitra di seluruh sektor publik dan swasta untuk menyaring, menguji, dan merawat pasien.

Pada puncaknya, Singapura mencatat rekor mengejutkan, lebih dari 1.400 kasus baru sehari di bulan April. Tapi menyerah bukanlah pilihan.

Sebagai sebuah bangsa, kami terus maju, dan melalui upaya besar-besaran, dengan setiap orang Singapura memainkan peran mereka, kami akhirnya berhasil menurunkan transmisi lokal kami ke level terendah hari ini, dengan nol kasus pada beberapa hari.

Sebagai petugas layanan kesehatan, Anda memainkan peran penting dalam perjuangan bangsa kita melawan Covid-19. Saya ingin berterima kasih karena Anda telah membawa Singapura sejauh ini dalam perjalanan kami. Tingkat kematian akibat Covid-19 di Singapura termasuk yang terendah di dunia sama sekali bukan keberuntungan. Itu adalah bukti kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan Anda.

Kami memiliki sistem perawatan kesehatan yang sangat baik dan tenaga perawatan kesehatan yang luar biasa yang tidak pernah goyah dalam komitmen Anda untuk menjaga keamanan setiap pasien. Banyak dari Anda melampaui panggilan tugas untuk merawat pasien Anda dan memberi mereka kenyamanan selama saat-saat tergelap penyakit mereka.

Sementara perkembangan global dalam pengembangan vaksin telah memberi kita harapan bahwa akan ada cahaya di ujung terowongan yang panjang, vaksinasi bukanlah peluru perak yang dapat mengakhiri pandemi dengan cepat. Perlu waktu sebelum badai berlalu.

Namun, saya diam-diam yakin bahwa apa pun yang menghadang jalan kita selanjutnya, kita akan mampu menerimanya dengan tenang, dan sekali lagi menemukan kekuatan untuk menghadapi kesulitan bersama. Pandemi telah menguji keberanian kita, tetapi itu tidak akan merusak tekad dan semangat kita.

Perayaan akhir tahun mungkin berbeda tahun ini, tetapi saya harap Anda memiliki kesempatan untuk menyegarkan diri, serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang yang Anda cintai. Selamat Tahun Baru semuanya! Tetap aman, dan tetap sehat.

Covid-19 di Singapura

Berdasarkan data Worldometers, Selasa (29/12/2020), Singapura mencatatkan 58.529 kasus, dengan nol kasus harian, dan sebanyak 29 orang meninggal dunia.

Pada Rabu (30/12/2020) besok, Singapura akan memulai vaksinasi Covid-19 di negara itu.

Dikutip dari The Straits Times, Senin (28/12/2020), upaya vaksinasi akan diluncurkan ke lebih banyak institusi perawatan kesehatan dalam beberapa minggu mendatang.

Institusi perawatan kesehatan umum dan rumah sakit swasta juga diminta untuk mengatur staf mereka dalam upaya vaksinasi Covid-19 di tempat masing-masing.

Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan pada lansia berusia 70 tahun ke atas pada Februari 2021 mendatang.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 6 Vaksin Covid-19 yang Ditetapkan untuk Vaksinasi di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi