Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Cabut Larangan Penerbangan, Jemaah Umrah Indonesia Bisa Berangkat?

Baca di App
Lihat Foto
AP/STR
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Kabah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi pada Minggu (3/1/2021) secara resmi mencabut penutupan penerbangan sementara yang diberlakukan dua pekan lalu.

Sebelumnya penutupan dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru virus corona dari Inggris.

Pembukaan kembali penerbangan internasional tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) No.4/36252 pada Minggu (3/1/2021).

"Mencabut penangguhan penerbangan dan kunjungan internasional ke Kerajaan (Arab Saudi). Maskapai penerbangan diizinkan untuk kembali membawa penumpang," demikian bunyi surat edaran tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Penerbangan ke Arab Saudi Sudah Diizinkan Kembali

Umrah

Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Zaki Zakaria mengatakan, dengan terbitnya peraturan baru tersebut, maka jemaah umrah asal Indonesia bisa kembali diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Setelah airport Indonesia dibuka untuk penerbangan internasional tanggal 14 Januari 2021, umrah bisa kembali diberangkatkan," kata Zaki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (3/1/2021).

Informasi terbaru mengenai ketentuan penerbangan di Arab Saudi juga dipublikasikan oleh KBRI Riyadh melalui laman Facebook mereka.

Baca juga: Saudi Tutup Penerbangan, Berikut Update Nasib Jemaah Umrah Indonesia yang Batal Berangkat

Penjadwalan ulang

Sebelumnya, keberangkatan jemaah umrah asal Indonesia pada 21 Desember 2020 tertunda karena Arab Saudi menutup semua penerbangan internasional selama sepekan.

Seperti diberitakan Kompas.com, 22 Desember 2020, penundaan itu membuat jadwal keberangkatan umrah jemaah Indonesia harus dijadwal ulang atau re-schedule.

Zaki Zakariya mengatakan, jumlah jemaah yang tertunda keberangkatannya pada 21 Desember 2020 dari Amphuri ada sekitar 20 orang.

Sedangkan dari seluruh asosiasi dan travel, informasi yang didapat Zaki dari konjen (konsul jenderal) ada sekitar 75 jemaah yang tertunda.

Pembukaan penerbangan internasional

Melansir Arab News, Minggu (3/1/2021) selain membuka kembali akses penerbangan internasional, surat edaran GACA No.4/36252 juga memuat beberapa ketentuan lain, yaitu:

Baca juga: Arab Saudi Tutup Semua Penerbangan Internasional karena Khawatir Varian Baru Corona

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (21/12/2020), sebelumnya Arab Saudi menutup sementara semua penerbangan internasional selama satu pekan untuk mencegah penularan strain baru virus corona SARS-CoV-2.

Selain penerbangan internasional, pintu masuk ke Arab Saudi melalui pelabuhan dan jalur darat juga ditutup untuk rentang waktu yang sama.

Berdasarkan keterangan Saudi Press Agency (SPA), keputusan penutupan sementara itu diambil setelah adanya temuan strain baru virus corona di Inggris dan Eropa yang diketahui lebih menular.

Akan tetapi, sejauh ini, menurut WHO, belum ada bukti strain virus ini berperilaku berbeda dengan jenis virus yang telah ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Arab News
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi