Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Foto Diklaim Buaya Masuk Rumah Saat Banjir di Tanjung Pinang

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi hoaks, hoax
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Sebuah akun Facebook mengunggah foto seekor buaya masuk ke dalam ruangan dan disebut terjadi saat peristiwa banjir di Tanjung Pinang.

Akun bernama Dewi Suhandi mengunggah foto tersebut pada Sabtu (2/1/2021).

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Minggu (3/1/2021), kota yang terletak di Kepulauan Riau ini memang terendam banjir setinggi 2 meter akibat hujan deras yang melanda.

Tidak hanya banjir, tanah longsor juga dilaporkan terjadi sehingga memaksa ratusan warga untuk dievakuasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan tetapi, setelah dilakukan penelusuran, foto buaya yang diklaim masuk rumah saat banjir di Tanjung Pinang itu salah.

Foto yang dibagikan merupakan foto peristiwa pada 2017 yang terjadi Belitung Timur. 

Narasi yang beredar

Akun Facebook bernama Dewi Suhandi mengunggah sejumlah foto yang menampiilkan beragam binatang yang masuk ke area pemukiman warga, mulai dari ikan lele, ular, hingga buaya.

Ia mengunggah foto itu pada Sabtu (2/1/2021) dan menuliskan keterangan yang menjelaskan kejadian itu terjadi pada peristiwa banjir di Tanjung Pinang.

Berikut ini adalah keterangan yang dituliskan oleh pengunggah:

"Banjir di tg pinang buaya,ular,lele masuk rumah,,ya Allah serem banget ya," tulis dia.

Salah satu foto yang diunggah memperlihatkan seekor buaya berada di ruangan yang di dalamnya terdapat banner berisi informasi dan foto yang tidak terlalu terlihat jelas, beberapa guci, dan sejumlah etalase kaca.

Foto diambil dari sisi belakang buaya yang merangkak di lantai keramik berwarna putih kecoklatan yang kondisinya sedikit berair dan terlihat adanya sedikit serbuk tanah di salah satu bagiannya.

Benarkah peristiwa ini terjadi saat banjir Tanjung Pinang?

Penelusuran Kompas.com

Dengan menggunakan fitur Google Image, dari penelusuran digita, ditemukan sumber dari foto buaya tersebut.

Setelah memasukkan url gambar yang dimaksud, muncul sejumlah informasi yang juga memuat foto yang sama.

Salah satunya adalah artikel dari Tribunnews.com, pada 17 Juli 2017, yang berjudul "Ketika Seekor Buaya 'Berjalan-jalan' di Kantor Dinas Pariwisata Belitung Timur".

Dari artikel tersebut, diketahui bahwa buaya yang ada dalam foto unggahan Dewi Suhandi merupakan buaya milik Objek Wisata Unik Ngenjungak (Owun) yang lepas dari kandangnya dan masuk ke ruangan di Kantor DInas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur pada 16 Juli 2017 pukul 06.00 WIB.

Objek wisata itu memang terletak satu lokasi dengan Kantor Disbudpar.

Hujan yang mengguyur sejak 2 hari sebelumnya membuat kolam buaya meluap dan buaya bisa menjangkau lubang yang  biasa digunakan untuk memberinya makan.

Kepala Disbudpar Belitung Timur Helly Tjandra menjelaskan, buaya sempat berjalan menuju lobi yang ada di dekat pintu masuk kantor sebelum akhirnya diamankan oleh petugas di salah satu ruangan dan dikembalikan ke kandangnya pada malam hari.

Tidak ada kepanikan atau kerusakan yang diakibatkan oleh keluarnya buaya ini, karena saat kejadian kantor dalam kondisi tertutup.

Kesimpulan

Foto seekor buaya yang diunggah akun Facebook Dewi Suhandi dan disebut terjadi di peristiwa banjir Tanjung pinang awal tahun 2021 adalah salah.

Foto itu adalah foto buaya yang masuk ke Kantor Dinas Pariwisata Belitung Timur saat terjadi banjir pada tahun 2017. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi