Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Pengangkatan Badan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi hoaks.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah video disebut sebagai proses pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, beredar di media sosial.

Terlihat dalam video sebuah pesawat yang perlahan-lahan muncul ke permukaan dari dalam air. 

 

Namun dari hasil penelusuran diketahui, pesawat yang ada di dalam video itu bukanlah pesawat Sriwijaya Air yang jatuh pada Sabtu (9/1/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melainkan sebuah Airbus 330 yang sengaja ditenggelamkan di Turki untuk dijadikan spot penyelaman.

Narasi yang beredar

Salah satu akun Facebook bernama Syaiful Niczam mengunggah video berdurasi 24 detik menampilkan sebuah badan pesawat dalam kondisi utuh menyembul keluar dari dalam permukaan air laut dimulai dari bagian moncongnya.

Video itu ia unggah pada Minggu (10/1/2021), tepat sehari setelah pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 rute Cengkareng-Pontianak dipastikan jatuh di kawasan perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Dalam video terdapat teks "proses pengangkatan badan pesawat".

Di sekitar badan pesawat yang muncul ke permukaan itu bisa dilihat terdapat sejumlah perahu dan kapal berbagai ukuran.

Di bagian akhir, nampak pula bahwa lokasi kejadian terletak tidak jauh dari daratan sebuah pulau yang ada di belakangnya. Bahkan, saking dekatnya pasir putih di daratan pulau itu bisa dilihat dengan jelas.

Pada unggahan yang sudah mendapat 58 tanda emoji, 4 komentar, dan 36 kali dibagikan itu, pemilik akun menuliskan keterangan seolah-olah video menampilkan proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya SJ 182.

"Proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya air SJ 182????," tulisnya.

Dalam video yang diunggah, terdapat logo Tik Tok beserta nama akun @sams_mj yang diduga juga menyebarkan video itu sebelumnya di aplikasi Tik Tok.

Ketika dicek di aplikasi asal China tersebut, unggahan dari @sams_mj masih dapat ditemukan, namun bukan di akunnya, melainkan di akun @Teguhandhikapratama yang diunggah pada Senin (11/1/2021).

Di sana, tertulis teks berwarna merah "sumpah sedih banget melihat nya, kita tidak tau kapan ajal datangnya innalilahi wa ila rojiun".

Sementara di bagian keterangan unggahan, akun @Teguhandhikapratama menuliskan sejumlah tagar dan mengaitkan video yang ia unggah dengan kejadian yang menimba Sriwijaya SJ 182.

"#duet dengang @sams_mj #fyp #kabarduka #pesawat jatuh #siwijayaair #sj182 #viralduka #fypforyou #fyplikeforlike."

Video sejenis ternyata juga sudah banyak dibagikan ulang oleh pengguna Tik Tok yang lain.

Penelusuran Kompas.com

Dari hasil penelusuran Kompas.com, video tersebut adalah proses penenggelaman pesawat jenis Airbus 330. 

Hal itu seperti terdapat dalam artikel dari Dive Magazine dengan judul "TURKEY SINKS AIRBUS A330 FOR DIVERS - DIVE Magazine" yang diunggah 14 Juni 2019.

Video itu diambil di Laut Aegean, Ibrice, Edirne, Turki dalam rangka menenggelamkan sebuah pesawat jenis Airbus 330 untuk dijadikan spot menyelam guna menarik wisatawan untuk datang dan menikmati scuba diving.

Dalam laman tersebut terdapat artikel, foto, dan juga video yang menjelaskan peristiwa tersebut.

Namun video asli telah diedit dan diputar balik, sehingga badan pesawat yang sesungguhnya tengah ditenggelamkan menjadi seolah-olah tengah diangkat atau muncul ke permukaan.

Kesimpulan

Dari hasil penelusuran Kompas.com, video munculnya badan pesawat dari dalam permukaan air laut yang disebut sebagai proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya SJ 182 adalah tidak benar atau hoaks. 

Video tersebut adalah proses menenggelamkan badan pesawat untuk spot penyelaman di Laut Aegean, Ibrice, Edirne, Turki. 

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi