Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Danramil Kebomas, Gresik, Meninggal Dunia Setelah Disuntik Vaksin

Baca di App
Lihat Foto
Grup Whatsapp
Informasi yang menyebar di grup Whatsapp menyebutkan Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19. Informasi ini tidak benar.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Beredar sebuah tangkapan layar pesan WhatsApp yang menyebutkan Danramil Kebomas, Gresik, meninggal dunia setelah pada siang harinya menerima suntikan vaksin Covid-19.

Informasi ini dipastikan hoaks. Hal itu disampaikan pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0817 Gresik dan TNI Angkatan Darat.

Selain itu, ada kekeliruan penyebutan nama dalam pesan yang beredar. Danramil Kebomas Gresik adalah Mayor Kav Gatot Supriyono, bukan Sugeng Riyadi. Sugeng Riyadi adalah Kasdim Gresik, yang menjadi salah satu penerima vaksin Covid-19. Namun, yang bersangkutan dalam kondisi sehat hingga hari ini, Senin (18/1/2021).

Sementara, Mayor Kav Gatot yang meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021), bukan meninggal dunia karena suntikan vaksin, melainkan karena serangan jantung.

Narasi yang beredar

Beredar sebuah tangkapan layar chat di aplikasi WhatsApp yang memuat informasi meninggalnya Komandan Rayon Militen (Danramil) Kodim Kebomas, Gresik, Jawa Timur, setelah menerima vaksin Covid-19.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi dalam pesan tersebut adalah sebagai berikut:

"Inalillahi wainalillahi roziun. Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sungeng Riyadi.tadi malam Dan ramil kebu mas gresik meninggal akibat siangya disuntik vaksin...pagi ini proses pemakaman...hati2 bahaya vaksin ini nyata."

Bersama teks itu disertakan sebuah foto yang menunjukkan seorang anggota TNI dengan seragamnya, satu unit ambulans di bagian belakang, dan dua beberapa orang yang ada di sekitarnya

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan keterangan resmi dari Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi, informasi yang beredar dan menyebut Danramil Kebomas Gresik, Mayor Kav Gatot Supriyono (dalam pesan disebut Sugeng Riyadi) meninggal dunia setelah menerima vaksin Covid-19 adalah hoaks.

Almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono meninggal dunia pada Jumat (15/1/2021) pada pukul 23.06 WIB, karena serangan jantung, bukan vaksin Covid-19. Semasa hidupnya, Mayor Kav Gatot belum pernah menerima vaksin Covid-19.

Foto yang ada dalam pesan WhatsApp itu juga merupakan sosok almarhum. Foto diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021 saat yang bersangkutan mendampingi Danrem 084/BJ beserta keluarga ziarah ke Makam Sunan Giri di Gresik.

Sementara itu, Sugeng Riyadi, yang disebut dalam pesan itu adalah Kasdim Gresik berpangkat Mayor Inf.

Sugeng mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pada 14 Januari 202i. Vaksinasi dilakukan di RS Ibnu Sina, Gresik.

Kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat.

"Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal afiat," kata Imam.

Saat itu, Sugeng menggantikan posisi Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail, karena yang bersangkutan tidak lolos screening untuk menjadi penerima vaksin, dengan alasan tensi yang tinggi.

Sementara itu, Kasi Online Pendam V/Brawijaya Mayor Inf Sugeng menyebutkan, hingga saat ini belum diketahui siapa penyebar konten tersebut.

Pihaknya masih terus berupaya untuk mengeluarkan bantahan akan isu yang beredar, agar tidak menimbulkan kecemasan di masyarakat.

"Kami coba counter opini dulu, karena itu salah dan meresahkan masyarakat. Siapa penyebarnya masih kita pelajari, tapi yang jelas sekarang kita counter opini dulu, setelah itu baru akan ditangani," kata dia kepada Kompas, Senin (18/1/2021).

Bantahan yang sama juga disampaikan TNI AD. Mengutip laman Kominfo, WaAsops Kasad TNI AD, Brigadir Jenderal Supriyono, menyatakan, narasi bahwa Danramil Kebomas, Gresik meninggal dunia akibat disuntik Vaksin Covid-19 adalah tidak benar.

Danramil Kebomas, Mayor Kav Gatot Supriyono, meninggal dunia karena indikasi serangan jantung. Ia juga belum pernah disuntik vaksin Covid-19.

Sementara itu, Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat. Sugeng merupakan satu dari tujuh orang yang mendapatkan vaksin perdana di Gresik.

Kesimpulan

Informasi terkait meninggalnya Danramil Kebumas Mayor Kav Gatot Supriyono setelah menerima vaksin Covid-19 adalah hoaks.

Almarhum dilaporkan meninggal akibat serangan jantung yang dialaminya. Selain itu, yang bersangkutan juga belum pernah menerima vaksin Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi