Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Kebijakan Baru Facebook soal Privasi Penggunanya

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi hoaks, hoax
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Sebuah unggahan terkait kebijakan baru Facebook yang dapat menjadikan segala konten yang diunggah penggunanya menjadi bersifat publik belakangan ini kembali ramai.

Di bagian bawah narasi yang disebarkan, terdapat penyataan tegas yang disampaikan pihak pengguna, bahwa mereka tidak menyetujui kebijakan baru dari Facebook yang akan segera diterapkan.

Namun, Facebook telah menyampaikan bantahan terkait informasi yang beredar tersebut.

Mereka menyebut pengguna tetap memiliki konten-konten yang diunggahnya dan berhak menentukan kebijakan privasi berdasarkan preferensi masing-masing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: [HOAKS] Vaksin Sinovac di Indonesia Dipasangi Chip untuk Memantau Rakyat

Narasi yang beredar

Di media sosial Facebook tersebar unggahan yang menyebut segala konten milik pengguna dapat digunakan oleh Facebook dan dapat dilihat oleh semua pengguna.

Salah satu akun yang mengunggah informasi ini adalah Kang Marto.

Ia membuat status tersebut pada Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Ini Cara Membuat Avatar Facebook, Tak Perlu Aplikasi Tambahan

Berikut ini adalah narasi lengkap yang diunggah oleh akun tersebut:

"PERINGATAN.

Jangan lupa besok mulai aturan Facebook baru di mana mereka dapat menggunakan foto Anda. Jangan lupa batas waktu hari ini!!! Ini dapat digunakan dalam kasus pengadilan dalam litigasi terhadap Anda. Semua yang pernah Anda posting menjadi publik mulai hari ini – bahkan pesan yang telah dihapus. Tidak ada biaya untuk salinan dan tempel sederhana, lebih baik aman daripada menyesal.

Saya tidak memberikan Facebook atau entitas yang terkait dengan izin Facebook untuk menggunakan gambar, informasi, pesan, atau postingan saya, baik masa lalu maupun masa depan.

Dengan pernyataan ini, saya memberikan pemberitahuan kepada Facebook, dilarang secara ketat untuk mengungkapkan, menyalin, mendistribusikan, atau mengambil tindakan lain terhadap saya berdasarkan profil ini dan / atau isi dan informasinya. Pelanggaran privasi dapat dihukum oleh catatan hukum: Facebook sekarang menjadi entitas publik. Semua anggota wajib memposting catatan seperti ini.

Baca juga: Catat, Ini Fitur-fitur Baru WhatsApp pada 2021

Jika Anda lebih suka, Anda dapat menyalin dan menempel versi ini. Jika Anda tidak menerbitkan pernyataan setidaknya satu kali, itu akan secara tasit memungkinkan penggunaan foto Anda, serta informasi yang terkandung dalam pembaruan status profil. JANGAN BAGIKAN. Salin dan tempel.

Algoritma baru mereka memilih beberapa orang yang sama – sekitar 25-yang akan membaca postingan Anda.

Oleh karena itu:

Tahan jari Anda di mana pun di postingan ini dan “salinan” akan muncul. Klik “salin”. Lalu buka halaman Anda, mulai postingan baru dan letakkan jari Anda di mana saja di kolom kosong. “Tempel” akan muncul dan klik tempel

Ini akan melewati sistem.

SAYA TIDAK MEMBERI IZIN FACEBOOK UNTUK MEMBAGIKAN APAPUN TENTANG YANG TELAH SAYA LETAK DI SITUS MEREKA,. FOTO, KIRIMAN SAAT INI ATAU LAMA, NOMOR TELEPON ATAU EMAIL.. TIDAK ADA YANG BISA DIGUNAKAN DALAM FORMULIR APAPUN TANPA IZIN SAYA."

Baca juga: 6 Cara Membuat Format Tulisan Unik di WhatsApp

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com mencoba melakukan penelusuran di Facebook, dan unggahan dengan narasi serupa ditemukan sudah sering dibuat.

Waktu unggahnya pun bukan hanya akhir-akhir ini saja, melainkan ada yang menunjukkan pada 10 Juni 2020.

Facebook pun sudah memberikan penjelasannya melalui laman FB Facts dan meminta seluruh penggunanya untuk tidak mempercayai narasi yang beredar.

"Anda mungkin sudah melihat kiriman yang meminta Anda untuk menyalin dan menempel pemberitahuan untuk mempertahankan kontrol atas hal yang Anda bagikan di Facebook. Jangan percaya itu," tulis Facebook.

Baca juga: Ramai di Media Sosial, Bolehkah Beberapa Anggota Keluarga dalam 1 KK Menerima BLT UMKM?

Dijelaskan, ketentuan yang berlaku di Facebook jelas, bahwa seluruh konten dan informasi yang diunggah oleh pengguna akan tetap menjadi haknya.

"Anda dapat mengontrol bagaimana kiriman tersebut dibagikan melalui privasi dan pengaturan aplikasi. Seperti itu cara kerjanya, dan belum berubah," jelasnya.

Untuk dasar-dasar pribasi yang lainnya juga dapat dipelajari di link ini dan ini.

Baca juga: Ramai soal Kebijakan Baru WhatsApp, Ini Cara Tetap Aman Menggunakannya

Kesimpulan

Informasi terkait kebijakan baru Facebook yang bisa menggunakan segala konten yang diunggah oleh penggunanya merupakan informasi yang tidak benar.

Kabar ini bahkan sudah beredar sejak lama dan sudah dibantah oleh Facebook.

Baca juga: Facebook Luncurkan Messenger Rooms Saingi Zoom, Bagaimana Cara Penggunaannya? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi