Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Gizi Nasional 25 Januari: Sejarah, Tema, dan Download Logo HGN 2021

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Ilustrasi makanan bergizi seimbang
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Hari Gizi Nasional diperingati setiap tanggal 25 Januari. Pada tahun 2021 ini, peringatan Hari Gizi Nasional memasuki tahun yang ke-61.

Guna memperingati Hari Gizi Nasional yang ke 61 ini, masyarakat dapat mendownload logo Hari Gizi Nasional melalui link berikut:

Download Link Hari Gizi Nasional 2021

Baca juga: Hari Gizi Nasional 2021, Simak 4 Fakta Mulai Sejarah hingga Peringatan Tahun Ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Gizi Nasional

Melansir dari laman Sehat Negeriku, Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia yang saat itu ditandai dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan pada 25 Januari 1951.

Sejak berdirinya sekolah tersebut, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Dari situlah kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia.

Upaya perbaikan gizi masyarakat telah dimulai sejak tahun 1950 yakni saat Menteri Kesehatan Dokter J Leimena mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai Kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Saat itu LMR dikenal pula dengan sebutan Institut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan, Lembaga Eijckman.

Sosok Prof. Poorwo Soedarmo dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Peringatan Hari Gizi Nasional prtama kali diadakan oleh LMR pada pertengahan tahun 1960-an yang kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang.

Baca juga: Hari Gizi Nasional, Ingat Penuhi Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kelahiran

 

Peringatan Hari Gizi Nasional ke-61

Hari Gizi Nasional pada tahun 2021 kali ini mengusung tema Remaja Sehat Bebas Anemia “Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat”.

Sebab berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan 3-4 dari 10 remaja Indonesia menderita anemia.

Hal itu dipengarungi oleh asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktivitas fisik.

Dengan memanfaatkan momentum Hari Gizi Nasional pada 2021, diharapkan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat agar bisa bergandeng tangan untuk meningkatkan perbaikan gizi pada remaja Indonesia.

Baca juga: Hari Gizi Nasional 2021, Berikut Pola Makan Gizi Seimbang

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Kirana Pritasari mengatakan, peringatan HGN bisa menjadi momentum di masa pandemi Covid 19 untuk meningkatkan komitmen dan kerja sama seluruh elemen.

"Untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui perbaikan gizi remaja terutama dalam penanggulangan anemia," kata Kirana dikutip dari Panduan Peringatan HGN 61.

Baca juga: Hari Gizi Nasional, Ahli Beberkan Kiat Hidup Sehat ala Anak Kos

 

Peringatan Hari Gizi Nasional kali ini juga memiliki sejumlah tujuan:

  • Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat tentang kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.
  • Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19
  • Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD) dalam penanggulangan anemia di masa pandemi Covid-19.
  • Meningkatkan peran media massa dalam kampanye penanggulangan anemia pada remaja sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi, khususnya dalam penanggulangan anemia pada remaja.

Baca juga: 6 Makanan Indonesia Gizi Tinggi yang Murah, Ada Tempe dan Ubi Ungu

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 14 Makanan untuk Turunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi