Viral Foto Batuan Mirip Tiga Paus Berenang, di Mana Lokasinya?

Lihat Foto
screenshoot
Hin Sam Wan di Thailand
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Baru-baru ini, beredar foto di media sosial yang memperlihatkan pemandangan unik, seperti tiga ekor paus yang tengah berenang di hutan.

Foto tersebut dapat dilihat pada unggahan akun Twitter seorang warganet asal Malaysia, dengan akun @IsskndarAriffin, yang mengunggah foto itu pada Minggu (24/1/2021).

Dalam unggahannya, @IsskndarAriffin menyebut bahwa foto tersebut merupakan formasi batuan yang terletak di atas Gunung Hin Sam Wan, Provinsi Bueng Kan, Thailand.

"Kerana keunikannya, digelar Three Whale Rock. Memiliki tebing batu yang tinggi puluhan meter dan curam dan jika kita berdiri diatas batu itu kita dapat melihat sebahagian pantai Mekong, gunung Pakkading di Laos dan Hutan Phu Wua," tulis @IsskndarAriffin.

Baca juga: Viral Video Jakarta Rasa Seoul di Medsos, Ini Cerita Pembuatnya...

Berusia 75 juta tahun

 

Melansir National Geographic, Hin Sam Wan, yang berarti Three Whale Rock atau Tiga Batu Paus, adalah formasi batuan berumur 75 juta tahun yang menjorok keluar dari pegunungan.

Nama itu diberikan karena dari sudut pandang yang tepat, formasi batuan tersebut akan terlihat seperti keluarga paus yang tengah berenang.

Untuk mencapai formasi batuan paus tersebut, pelancong dapat menyusuri jalan setapak yang luas, dan mendaki ke atas batu raksasa itu.

Pengunjung dapat memilih dari sembilan rute berbeda untuk melakukan pendakian. Sepanjang jalan, pengunjung dapat menemukan air terjun, berbagai macam tumbuhan, dan hewan.

Ketika pelancong berdiri di atas "paus" ini, mereka dapat melihat pantai Mekong, pegunungan di distrik Pakkading di Republik Demokratik Rakyat Laos, dan Hutan Phu Wua.

Baca juga: Menyingkap Misteri Gereja Ayam yang Konon Angker

Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi