Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Valentine di Sejumlah Negara

Baca di App
Lihat Foto
UNSPLASH/JENNIFER PALLIAN
Ilustrasi sekotak cokelat valentine.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Perayaan Hari Valentine biasanya dijadikan momentum bagi sebagian orang untuk mengungkapkan kasih sayang.

Peringatan Hari Kasih Sayang atau valentine biasanya dilakukan setiap 14 Februari.

Tak hanya berbagi coklat, ada beragam bentuk tradisi Valentine di sejumlah negara. Berikut penjelasannya, dikutip dari Huffpost, 8 Februari 2016:

1. Denmark

Meski Hari Valentine adalah hari libur yang relatif baru di Denmark (dimulai sejak 1990-an), negara itu telah merayakan 14 Februari dengan tradisi khas mereka.

Alih-alih bunga, bertukar "kartu kekasih" menjadi tradisi Hari Valentine yang populer di Denmark. Kartu itu berbentuk transparan yang menunjukkan gambar pemberi kartu sedang memberikan hadiah kepada kekasihnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria juga biasanya memberi wanita gaekkebrev, sebuah surat berisi dari puisi atau sajak lucu yang ditulis di atas kertas yang dipotong rumit dan ditandatangani dengan titik-titik anonim.

Jika wanita penerima gaekkebrev dapat menebak pengirimnya dengan benar, ia mendapatkan sendiri telur Paskah di akhir tahun itu.

Baca juga: Kisah Penumpang Diamond Princess, Rayakan Valentine di Kapal Berisi Virus Corona

2. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan. Variasi hari libur dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulai pada 14 Februari, ketika wanita dibebaskan untuk memberikan coklat, permen, dan bunga kepada pasangannya.

Sementara, pada 14 Maret, hari libur yang dikenal sebagai Hari Putih, ketika pria tidak hanya memberikan cokelat dan bunga, tetapi juga hadiah kepada kekasihnya.

Bagi mereka yang tidak memiliki banyak hal untuk dirayakan baik di Hari Valentine atau Hari Putih, ada hari libur ketiga, yaitu Hari Hitam.

Pada tanggal 14 April, merupakan kebiasaan bagi para lajang untuk meratapi status kesendirian mereka dengan makan semangkuk jajangmyeon hitam atau mi pasta kacang hitam.

3. Filipina

Di Filipina, Hari Valentine banyak dipilih sebagai hari pernikahan.

Tak heran jika ratusan pasangan berkumpul di mal atau tempat umum lainnya di seluruh negeri untuk menikah atau memperbarui sumpah mereka secara massal.

4. Inggris

Pada malam Hari Valentine, wanita di Inggris biasanya meletakkan lima lembar daun salam di bantal mereka untuk mewujudkan impian calon suami mereka.

Cara lainnya, mereka membasahi daun salam dengan air mawar dan meletakkannya di atas bantal mereka.

5. Afrika Selatan

Seperti banyak bagian dunia lainnya, Afrika Selatan merayakan Hari Valentine dengan festival, bunga, dan tanda cinta lainnya.

Ini juga merupakan kebiasaan bagi wanita di Afrika Selatan untuk mengenakan tanda hati di lengan baju pada tanggal 14 Februari.

Para wanita menyematkan nama-nama orang yang dicintainya di lengan baju mereka, sebuah tradisi Romawi kuno yang dikenal sebagai Lupercalia.

Dalam beberapa kasus, ini merupakan cara pria Afrika Selatan mengetahui pengagum rahasia mereka.

6. Italia

Italia juga memiliki tradisi Hari Valentine yang tak kalah uniknya. Para gadis muda yang belum menikah bangun sebelum fajar untuk melihat calon suami mereka.

Keyakinannya adalah pria pertama yang dilihat seorang wanita pada Hari Valentine itu menjadi pria yang akan dinikahinya dalam setahun.

Jika tidak, minimal pria tersebut sangat mirip dengan seseorang yang akan dinikahinya.

Selain tradisi itu, orang Italia juga merayakan Valentine dengan pertukaran kado dengan kekasihnya dan makan malam romantis.

Salah satu hadiah Hari Valentine paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yaitu hazelnut kecil berlapis cokelat yang dibungkus dengan kutipan romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi