Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar SNMPTN 2021, Perhatikan Ini Saat Registrasi!

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar Instagram LTMPT
7 tahapan pendaftaran SNMPTN 2021 bagi siswa eligible.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka pada hari ini, Senin (15/2/2021) pukul 15.00 WIB.

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2021 adalah siswa yang telah memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Akun tersebut disimpan permanen paling lambat 23 Februari 2021, pukul 15.00 WIB.

Siswa yang dapat mendaftar juga harus memenuhi syarat atau eligible menurut pemeringkatan sekolah.

Pendaftar wajib memiliki nilai yang lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana cara mendaftar SNMPTN 2021? Perhatikan ini saat melakukan registrasi!

Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2021, siswa dapat melakukan tahapan, meliputi:

Baca juga: Login snmptn.ltmpt.ac.id untuk Daftar SNMPTN 2021, Simak 7 Tahapannya

Pengumuman

Pendaftaran SNMPTN dibuka pada 15-24 Februari 2021. Jika siswa belum memiliki akun LTMPT, registrasinya masih dapat dilakukan dengan batas waktu sampai 23 Februari 2021.

Terkait pendaftaran, Ketua LTMPT Mohammad Nasih menyarankan agar pemilihan program studi tidak lintas minat, serta sebaiknya hindari mendaftar menjelang penutupan pada hari terakhir pendaftaran.

Hal tersebut disampaikannya pada Minggu (14/2/2021) melalui surat edaran Pembukaan Pendaftaran SNMPTN.

Pengumuman hasil SNMPTN 2021 dapat dilihat melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id, pada 22 Maret 2021.

Hal yang perlu diperhatikan

Ada 86 pilihan perguruan tinggi negeri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, dengan pilihan program studi yang beragam pula.

Menempuh pendidikan di program studi dan perguruan tinggi menjadi harapan setiap pendaftar. Maka, perhatikan hal-hal berikut ketika melakukan pendaftaran SNMPTN:

Saat login portal LTMPT, jika tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021".

Pendaftar yang tidak lolos SNMPTN masih dapat mencoba dengan mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bila telah memenuhi syarat tetapi belum melakukan permanen data pada portal LTMPT, maka akan muncul peringatan untuk melakukan permanen data terlebih dahulu.

  • Biodata

Pada halaman PROFIL, berisi informasi biodata dari siswa. Seluruh informasi pada kolom "Biodata" diambil dari data yang telah diisikan di portal, seperti nama, NISN, NPSN sekolah, dan asal sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Siswa hanya perlu mengisi "Kelengkapan Data Orang Tua". Informasi yang perlu disiapkan antara lain penghasilan orang tua dan jumlah tanggungan orang tua. Sudah ada range pilihan penghasilan orang tua, sehingga siswa hanya perlu memilih range yang sesuai.

  • Portofolio

Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka hanya muncul header PORTOFOLIO saja tapi tidak ada pilihan isiannya.

Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari, Seni Rupa Murni, Seni Musik yang diwajibkan mengupload video, gambar, atau sejenisnya.

Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan "Unduh Instruksi" dan "Unduh Dokumentasi" yang disediakan.

Pilih "Choose File" untuk memilih file yang akan diunggah kemudian tekan tombol "Simpan". Unduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah diunggah.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Registrasi LTMPT SNMPTN 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi