Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Anggota DPR Meksiko Berpidato Tanpa Pakaian dan Sindir Isu Korupsi

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi klarifikasi
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Informasi soal pidato seorang anggota DPR Meksiko bernama Antonio Garcia berpidato tanpa menggunakan pakaian beredar di media sosial di Indonesia.

Foto juga narasi yang menyebut Garcia melakukannya dalam rangka membela hak-hak rakyat kecil ini banyak ditemukan di Facebook pada akhir 2020.

Namun, berdasarkan penelusuran yang Tim Cek Fakta Kompas.com lakukan, narasi yang disampaikan di Facebook tidak sepenuhnya benar.

Narasi yang beredar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggahan yang menampilkan sosok anggota legislatif Meksiko, Antonio Garcia berpidato di mimbar tanpa mengenakan pakaian dan celana beredar di media sosial.

Garcia yang tampak hanya mengenakan celana dalam berdiri dan memberikan pernyataan di hadapan para dewan yang lain sebagai bentuk sindiran.

Adapun isi dari pernyataannya adalah menyindir para elit negara yang korupsi dan mengambil kesejahteraan rakyatnya.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah akun Facebook Pojok ID di grup Suara Warga Kecamatan Suka Jaya, Bogor pada 20 Desember 2020.

Berikut ini adalah narasi selengkapnya:

"Antonio Garcia, Anggota DPR Mexico melepas baju dan celananya saat berpidato di depan pejabat & anggota DPR negara tsb sambil berkata: "Kalian malu lihat saya telanjang namun kalian tidak malu melihat jutaan orang miskin dan terlantar di jalanan setelah kalian ambil uang mereka!"

Hingga saat ini, unggahan tersebut sudah mendapat 155 emoji, 7 komentar, dan 6 kali dibagikan ulang.

Komentar yang masuk kebanyakan menggunakan bahasa Sunda, yang pada intinya berharap hal serupa juga bisa terjadi di Indonesia.

Selain itu, unggahan sejenis juga dapat ditemukan di link berikut ini.

Tidak hanya di Indonesia, unggahan dengan narasi yang sama namun berbahasa Inggris juga banyak tersebar melalui media sosial di luar negeri.

Penelusuran Kompas.com

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com menggunakan mesin pencarian Google dengan kata kunci "Antonio Garcia speech and stripped off" diketahui gambar itu benar merupakan sosok Antonio Garcia Conejo.

Melansir BBC (13/12/2012), Garcia adalah seorang dewan dari sayap kiri anggota Partai Revolusi Demokrasi yang berpidato dalam bahasa Spanyol, bahasa yang digunakan di Meksiko, sebelum memberikan suaranya di suatu rapat dewan pada Desember 2013.

Rapat itu membahas soal RUU kontroversial mengenai energi yang memungkinkan pembukaan investasi pada pihak asing atas sektor minyak dan gas yang dimiliki oleh perusahaan negara bernama Pemex.

Garcia melepas pakaiannya dan hanya menyisakan celana dalam, sebagai bentuk protes terhadap inti RUU itu.

Menurut dia, RUU baru itu akan memungkinkan perusahaan minyak dan gas dari swasta melakukan pengeboran minyak dan gas dan negara hanya akan memperoleh hasil yang didapat dari sebagian keuntungan yang terkumpul.

Namun dalam pidatonya, tidak ada kalimat yang ia katakan sebagaimana banyak tertulis di unggahan-unggahan media sosial.

Berdasarkan laporan El Comunista, media berbahasa Spanyol, mengutip Africa Check, Garcia melakukan aksi itu sebagai simbol bahwa jika negara mengesahkan RUU itu, berarti pemerintah memberi izin pada perusahaan swasta untuk melucuti negara dari sumber alamnya sendiri.

Dan berikut ini adalah hasil terjemahan dari bahasa Spanyol ke Indonesia dari kalimat yang disampaikan Garcia.

“Sama seperti mereka telah menelanjangi bangsa dengan memprivatisasi Telepon Meksiko, demikian pula mereka melucuti Bangsa. Saya tidak malu, karena itulah yang mereka lakukan. Mereka mengambil dan memprivatisasi Telefonos de México dan di mana keuntungannya?” demikian kata Garcia.

Kesimpulan

Dari penelusuran yang dilakukan, gambar itu merupakan fakta, yakni ketika Antonio Garcia Conejo berbicara di acara kongres yang diselenggarakan di Meksiko pada 2013.

Akan tetapi kutipan yang tertera dalam unggahan yang beredar tidak ditemukan dalam pernyataan yang disampaikan Garcia pada aksi saat itu.

Selain itu, konteks pembahasannya pun berbeda.

Jika dalam unggahan media sosial, Garcia dinarasikan menyorot soal tindak korupsi yang ada di negaranya, sementara pada kesempatan itu yang bersangkutan tengah memprotes RUU soal energi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi