Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Unggahan soal Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook Kita

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi hoaks
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Sejumlah netizen di media sosial membagikan informasi mengenai cara mengetahui siapa saja yang bisa melihat profil Facebook kita.

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com kepada ahli teknik informatika dan dosen ilmu komputer, hal tersebut adalah tidak benar.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai cara melihat siapa saja yang telah mengintip profil Facebook kita secara diam-diam, beredar di media sosial Facebook.

Informasi tersebut, berdasarkan pantauan Kompas.com diunggah oleh sejumlah akun dengan narasi yang berbeda namun dengan inti pesan yang kurang lebih sama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan tersebut menjelaskan cara mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook kita yakni dengan cara melakukan klik pada sebuah tautan tertentu.

Sejumlah akun yang membagikan informasi tersebut adalah akun Facebook D'jeff dunham's Live, Giri Sani, dan Ella Toding.

"maaf nih ijin SHARE pengen tau siapa aja yang melihat profil kita? Mantan? Atau gebetan? aku juga baru check ternyata masih ada aja yang ngepoin
kamu juga bakal kaget deh kalo udah tau
kalian PENASARAN? AKU JUGA buat seru seruan yu check disini
https://bit.ly/3b1tY1d," tulisnya.

Konfirmasi Kompas.com

Berdasarkan konfirmasi Kompas.com, informasi mengenai adanya cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook kita adalah tidak benar.

Ahli IT yang juga dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana mengingatkan agar masyarakat berhati-hati apabila mendapat pesan demikian.

Pasalnya menurut Rosihan, Facebook dalam laman resminya telah menjelaskan bahwa hal semacam itu tidak bisa dilakukan.

"Sehingga jika ada yang mengatakan ada cara untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil kita, maka itu adalah fake," ujar Rosihan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Facebook dalam laman resmi berikut.

Dalam keterangan tersebut, Facebook menjawab pertanyaan mengenai 'bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?'

"Tidak, Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini," tulis Facebook.

Dalam keterangan itu, Facebook juga mengingatkan agar mereka yang menemukan aplikasi yang mengklaim bisa mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook user untuk melaporkannya ke Facebook.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Rosihan, pihaknya menilai link yang disertakan dalam pesan yang beredar yang disebut sebagai cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook tersebut adalah phising.

"Hati-hati, ini phising," ujarnya.

Ia mengatakan jika link dalam pesan tersebut diklik, maka akan muncul tampilan mirip login Facebook namun jika dicermati link URL tersebut bukan berasal dari Facebook resmi.

"Begitu kita masukkan akun FB kita, bisa jadi akun kita disimpannya untuk membajak akun FB," jelasnya.

Menurutnya dengan cara dibuatnya tampilan mirip web asli yang sama persis seperti itu, maka besar kemungkinan seseorang untuk terkecoh.

Rosihan juga mengingatan agar setiap kali masyarakat akan melakukan login ke suatu website maka harus selalu memastikan keaslian link URL-nya.

Kesimpulan

Berdasarkan konfirmasi Kompas.com pesan beredar mengenai cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook adalah hoaks.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi