Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Informasi Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi klarifikasi
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, tersebar informasi soal pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia (lanjut usia).

Dalam pesan tersebut, terdapat informasi untuk mendaftar program vaksinasi Covid-19 bagi lansia melalui website pedulilindungi.id.

Dari konfirmasi yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmidzi menyatakan, registrasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia dapat dilakukan dengan mendaftar di laman Kementerian Kesehatan dan website Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Sejumlah akun Facebook diketahui telah menyebarkan informasi soal pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi lansia melalui website pedulilindungi.id.

Di antaranya yakni akun Facebook Minyak Ikan PDO Omega-3 Pure Deep Oil dan Romi Iskandar.

Berikut isi informasi tersebut selengkapnya:

"Bagi yg punya ortu di rumah dan perlu vaksin ...ini sdh mulai buka pendaftaran ya

1. Masuk google chrome
2. Ketik pedulilindungi.id
3. Untuk daftar klik garis 3 pojok kanan
4. Klik login/register
5. Klik buat akun peduli lindungi
6. Masukan nama lengkap dan no tlp
7. Login masukan nama lengkap dan no KTP

Bagi lansia kalau daftar imunisasi covid gratis pemerintah daftar di pedulilindungi .

Buka aplikasi pedulilindungi daftar dg no ktp.
Besok mulai dibuka untuk lansia

https://pedulilindungi.id".

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadi Tarmidzi menegaskan bahwa informasi tersebut tidak dikeluarkan oleh Kemenkes.

Selain itu, proses registrasi atau pendaftaran vaksinasi Covid-19 lansia juga bukan melalui laman pedulilindungi.id.

"Enggak, ini bukan rilis resmi kita," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (19/2/2021).

Sementara itu, dalam keterangan pers mengenai vaksinasi Covid-19 bagi lansia yang disiarkan kanal YouTube resmi Kemenkes, Jumat (19/2/2021), Nadia mengungkapkan bahwa terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia.

Alur pertama, peserta dapat mendaftar secara online dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan, yaitu di www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

"Di kedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat kemudian di-klik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lansia dan di dalamnya akan terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi," kata Nadia.

Dalam mengisi data tersebut, sasaran vaksinasi masyarakat lansia dapat meminta bantuan anggota keluarga yang lain atau melalui kepala RT/RW setempat.

Selain itu, dengan adanya tautan di dua website tadi, sekaligus memperbaharui tautan yang beredar di masyarakat belakangan ini.

"Dengan adanya tautan yang baru ini, maka tautan yang sudah beredar sudah tidak dapat dipergunakan kembali," ucap Nadia.

Alur kedua, yakni melalui vaksinasi massal yang diselenggarakan organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kemenkes dan Dinas Kesehatan provinsi/kabupaten kota.

Contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi misalnya organisasi untuk para pensiunan, organisasi keagamaan, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Setelah melakukan pendaftaraan, organisasi atau institusi tersebut akan bekerja sama dengan dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota untuk menentukan pelaksanaan, termasuk waktu daripada vaksinasi massal. Organisasi tersebut akan memberitahukan jadwal dan pelaksanaan vaksinasi massal pada para peserta yang tentunya sudah mendaftar," imbuhnya.

Kesimpulan

Dari konfirmasi yang dilakukan tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang menyebut registrasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia dapat dilakukan di laman pedulilindungi.id adalah tidak benar.

Faktanya, registrasi vaksinasi Covid-19 bagi lansia dapat dilakukan di website Kemkes dan KPCPEN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi