Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Jakarta Trending di Twitter, Ini Link untuk Cek Kondisi Banjir

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA
Banjir di Kawasan Kota Lama Semarang
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Banjir melanda sejumlah wilayah provinsi DKI Jakarta setelah adanya hujan deras yang turun sejak Jumat (19/2/2021) malam hingga Sabtu (20/2/2021) pagi.

Kata kunci "banjir" dan "Banjir Jakarta" pun menjadi trending topic di Twitter Indonesia, pada Sabtu (20/2/2021).

Sejumlah warganet di Twitter mengunggah situasi banjir di tempat tinggalnya masing-masing, baik melalui rekaman video maupun foto.

Baca juga: Imbas Banjir, 141 Gardu Distribusi di Jakarta dan Bekasi Masih Dipadamkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link pantau banjir

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurniantoro, mengatakan, masyarakat bisa mengecek situasi banjir terkini melalui laman website pemerintah yang telah disediakan.

"Di pantaubanjir.jakarta.go.id ya," kata Sabdo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/2/2021).

Selain melalui tautan tersebut, BPBD DKI Jakarta juga menyediakan tautan https://bpbd-dev.jakarta.go.id/ untuk mengecek situasi banjir terkini.

Pantauan situasi banjir terkini juga bisa diakses masyarakat melalui aplikasi JAKI yang bisa diunduh di smartphone, dan juga melalui akun media sosial resmi BPBD DKI Jakarta.

Baca juga: 1.380 Warga Jakarta Mengungsi akibat Banjir

Status setiap wilayah

Adapun berdasarkan pantauan BPBD DKI Jakarta, Sabtu (20/2/2021) hingga pukul 09.00 WIB, status muka air di sejumlah wilayah DKI Jakarta bervariasi, yaitu:

Tinggi muka air

Berikut rincian ketinggian muka air, berdasarkan pantauan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Sabtu (20/2/2021) hingga pukul 09.00 WIB:

Baca juga: Anies : 200 RT di Jakarta Terdampak Banjir

Warga dievakuasi

Seperti diberitakan Kompas.com, Sabtu (20/2/2021) Sebanyak 1.380 warga DKI Jakarta mengungsi dari rumahnya akibat banjir yang melanda Ibu Kota.

Jumlah itu diketahui berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta hingga Sabtu (20/2/2021) pagi.

"Total jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto, dalam keterangan tertulis, Sabtu pagi.

Dia memaparkan, sebanyak 29 RW terdampak di Jakarta Selatan, terdiri dari 44 RT, dengan ketinggian 40-150 cm. Terdapat pengungsi sebanyak 7 KK dengan total 19 jiwa.

Baca juga: Jakarta Banjir, Ini Daftar Ruas Jalan yang Tak Bisa Dilintasi Kendaraan

Sementara di Jakarta Timur terdapat 50 RW terdampak, terdiri dari 143 RT, dengan ketinggian 40-180 cm. Ada 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Lalu di Jakarta Barat ada 4 RW dan 6 RT terdampak banjir.

"Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak," kata Sabdo. Ia mengatakan saat ini kebutuhan mendesak yang diperlukan pengungsi berupa logistik, perahu, makanan, minuman, alat kesehatan, kebutuhan keluarga, matras, selimut, dan masker," kata Sabdo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi