Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Video Penampakan Sejumlah Sapi Hanyut Tersapu Banjir Bandang di Malang

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi klarifikasi
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Konten video penampakan sejumlah sapi yang hanyut terbawa banjir bandang kembali tersebar di media sosial di awal Februari ini.

Kali ini video tersebut disebut sebagai dampak peristiwa banjir yang terjadi di Malang, Jawa Timur. Pengunggah menuliskan doa dan harapan agar banjir segera surut.

Dari penelusuran Kompas.com, video itu sesungguhnya terjadi di Meksiko beberapa tahun yang lalu.

Narasi yang beredar

Sebuah akun Facebook bernama Purwoko Fakta mengunggah sebuah video asal YouTube yang menampilkan hanyutnya sejumlah sapi peliharaan dalam sebuah kejadian banjir bandang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggahan dibuat pada 6 Februari 2021 pukul 17.16. Dan hingga Sabtu (27/2/2021) unggahan itu sudah mendapat 13 emoji, 3 komentar, dan 5 kali dibagikan ulang.

Lantaran arus yang cukup kencang, dalam rekaman video tersebut terlihat sejumlah sapi-sapi hidup yang memiliki ukuran tubuh cukup besar pun hanyut dengan begitu saja.

Video asal YouTube tersebut berjudul "Banjir Di Malang Jatim, Puluhan Sapi Terbawa Arus Banjir."

Sementara pengunggah menuliskan keterangan tambahan berisi doa dan harapannya agar banjir segera surut.

"Puluhan Sapi Hanyut Terseret Banjir...
Semoga Banjire Segera Surut......, " tulis dia.

Penelusuran Kompas.com

Mencari tahu fakta di balik unggahan tersebut, Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri video asal YouTube yang ditautkan oleh pengunggah.

Saat dibuka, video ternyata di-upload oleh akun YouTube KilasFaktaDotCom pada tanggal yang sama dengan unggahan Facebook yang dibuat Purwoko Fakta, yakni pada 6 Februari 2021.

Namun, judul yang tertera dalam video itu sudah mengalami perubahan, bukan lagi "Banjir Di Malang Jatim, Puluhan Sapi Terbawa Arus Banjir", namun "Ternyata Banjir Yang Menghanyutkan Ratusan Sapi Ini Ada Di Mexiko Tahun 2020".

Total durasi video adalah 1.29 detik, berisi gabungan dua video banjir.

Satu video menampilkan sapi-sapi terbawa arus. Di bagian ini, terdapat teks yang ditempelkan dalam video berbunyi "BANJIR DI MALANG JATIM TERLIHAT PULUHAN SAPI TERBAWA ARUS DERAS".

Berdasarkan penelusuran gambar menggunakan Google Reverse Image, gambar atau video yang sama diketahui terjadi di Meksiko pada Juli 2020.

Salah satu laman yang memuat video serupa dan menjelaskan kejadian itu adalah media Meksiko LaJornada (28/7/2021).

Sapi-sapi yang terekam dalam video tersebut merupakan ternak yang hanyut tersapu air banjir di negara bagian Nayarit yang terletak di Meksiko barat.

Banjir terjadi setelah Sungai Zacualpan meluap akibat Badai Hanna.

Satu video yang lain menampilkan rekaman video banjir yang berbeda.

Terlihat arus air yang begitu kencang di sungai yang terekam ada di tepian sepanjang jalan raya.

Dalam video terdengar seorang laki-laki yang menjelaskan kondisi bencana di sekitarnya dari atas motor, ia menjelaskan menggunakan bahasa Jawa.

Dalam penjelasan yang disampaikan, pria ini menggunakan kata "rek", dimungkinkan peristiwa terjadi di Jawa Timur.

"Konto ngamuk, Konto ngamuk, Kontone ngamuk, Kontone ngamuk. Kabel listrik pedot kabeh iki lho bos, aduh Ya Allah. Mbalik, mbalik dalan, mbalik dalan, longsoran kabeh, aduh ajur wes Ngantang. Aduh duh Ya Allah, koyo ngene rek," kata laki-laki dalam video.

Yang artinya: "Konto mengamuk, Konto mengamuk, Kontonya mengamuk. Kabel listrik putus semua ini lho bos, aduh Ya Allah. Putar arah, putar arah, putar arah, longsor semua, aduh hancur sudah Ngantang. Aduh duh Ya Allah, seperti ini rek".

Berdasarkan informasi yang ada, wilayah Malang memang sempat dilanda banjir beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan pemberitaan Antara (9/2/2021), di awal Februari, Kecamatan Ngantang di Kabupaten Malang, Jawa Timur memang dilanda hujan deras sehingga menyebabkan banjir akibat meluapnya Sungai Konto.

Longsor juga dilaporkan terjadi yang membuat akses jalan dari Kabupaten Malang menuju Kabupaten Kediri terputus.

Kesimpulan

Peristiwa sapi hanyut yang ada dalam video tersebut bukanlah peristiwa banjir yang terjadi di Malang, akan tetapi di Meksiko pada Juli 2020 silam.

Sementara video lain yang juga ada dalam video YouTube yang sama, benar terjadi di Malang, tepatnya di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada awal Februari lalu.

Sehingga unggahan yang ada di Facebook, tidak tepat sepenuhnya tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi