Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Registrasi Akun LTMPT Tahap 2 untuk SBMPTN, Ikuti Panduan Ini

Baca di App
Lihat Foto
LTMPT
Registrasi akun LTMPT
|
Editor: Rendika Ferri Kurniawan

KOMPAS.com - Setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan segera dilaksanakan.

Para pejuang PTN diharapkan dapat segera melakukan registrasi akun LTMPT, agar bisa mengikuti UTBK maupun SBMPTN ini.

Registrasi akun LTMPT tahap 2 sendiri telah dimulai sejak 7 Februari 2021 dan akan ditutup pada 12 Maret 2021.

 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu bagaimana jadwal, syarat, dan cara registrasi akun LTMPT tahap 2? Berikut ini penjelasan berdasarkan informasi resmi dari laman LTMPT:

Baca juga: Segera Registrasi, Ini Batas Akhir Pendaftaran Akun LTMPT untuk SBMPTN

Jadwal

Bagi para pejuang PTN yang berencana akan mengikuti UTBK-SBMPTN dan belum pernah registrasi akun LTMPT, segera melakukan registrasi akun LTMPT Tahap 2 sebelum tanggal 12 Maret 2021.

Setelah proses registrasi akun, selanjutnya adalah tahapan pendaftaran, pelaksanaan ujian, hingga pengumuman. Berikut jadwalnya:

Baca juga: Patut Disimak, Ini 7 Perbedaan pada SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021

Syarat

Registrasi akun LTMPT tahap 2 ini diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang belum melakukan registrasi.

Bagi mereka yang sudah pernah melakukan registrasi sebelumnya, seperti siswa gap year, siswa lulusan 2021 peserta SNMPTN, cukup menggunakan akun yang lama. Tidak perlu lagi melakukan registrasi akun.

Termasuk siswa peserta SNMPTN yang dinyatakan tidak eligible, akun masih dapat digunakan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

Jika akun lama tidak bisa dipergunakan, para pejuang PTN bisa membuat akun yang baru.

Setelah registrasi akun LTMPT, akun juga harus difinalisasi atau disimpan permanen agar bisa digunakan pada tahapan selanjutnya.

Cara registrasi

Registrasi akun LTMPT dapat dilakukan secara mandiri. Pendaftar direkomendasikan menggunakan laptop atau komputer agar pendaftaran berjalan lancar..

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke laman , pilih "Daftar di Sini";

2. Pilih menu "Siswa" dan klik "Daftar";

3. Masukkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan tanggal lahir;

4. Masukkan alamat email yang aktif dan buat kata sandi. Berikan tanda centang pada bagian konfirmasi dan klik "Daftar";

5. Lakukan aktivasi akun yang telah didaftarkan dengan mengklik tautan "Aktivasi Akun" pada pesan pemberitahuan yang dikirimkan ke alamat email Anda;

6. Setelah itu, log in di laman https://portal.ltmpt.ac.iddengan menggunakan email dan kata sandi yang sebelumnya dibuat;

7. Pilih menu "Verivikasi dan Validasi Data Sekolah atau Siswa (VERVAL)";

8. Periksa data yang sudah ada dan lengkapi data yang belum terisi. Jika terdapat kesalahan data lakukan perbaikan melalui sekolah, kemudian klik "perbarui data";

9. Jika tidak ada kesalahan, atau kesalahan telah diperbaiki pilih "selanjutnya" untuk masuk halaman "verivikasi riwayat sekolah". Jika masih ada kesalahan, lakukan hal yang sama dengan poiin 8;

10. Unggah foto diri terbaru sesuai ketentuan, pilih "selanjutnya" untuk penyesuaian pasfoto;

11. Pilih "selanjutnya" untuk verifikasi data;

12. Jika semua data sudah dipastikan benar, tekan pilihan "Simpan permanen". Pada tahap ini, data sudah tidak dapat diubah;

13. Unduh bukti permanen dan simpan dengan baik.

Jika ketigabelas langkah itu sudah dilakukan, maka Anda telah melakukan registrasi akun LTMPT dan melakukan finalisasi untuk bisa digunakan pada tahap UTBK dan SBMPTN selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi