Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Tertinggi di Dunia Ternyata Tak Bisa Dikunjungi

Baca di App
Lihat Foto
Pixabay/Fietzfotos
Victoria Falls di Zimbabwe
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Air terjun adalah keindahan alam yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Di Indonesia sendiri, ada ratusan air terjun yang bisa ditemukan.

Air terjun Ponot di Desa Halado, Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara, adalah air terjun yang dinobatkan sebagai tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memiliki tiga tingkat, yang jika digabungkan bisa mencapat tinggi sekitar 250 meter.

Di bawah Ponot, ada air terjun Madakaripura yang terletak di Probolinggo Jawa Timur. Dengan tinggi mencapai 200 meter, air terjun ini dikabarkan selalu memiliki debit air berkelimpahan dari waktu ke waktu.   

Di luar Indonesia, tercatat ada beberapa air terjun yang masuk ke dalam kriteria air terjun terbesar dan tertinggi di dunia. 

Baca juga: Perjalanan Menuju Air Terjun Latuppa di Palopo, Sulawesi Selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima air terjun populer

Berikut adalah air terjun populer di dunia. Ada yang terkenal karena tingginya, ada yang terkenal karena lebarnya.

1. Niagara Falls

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 51 meter. Berada di Ontario, Kanada, air terjun Niagara termasuk air terjun populer dunia.

Air terjun ini menghubungkan danau Erie dan Ontario. Untuk menikmatinya, pengunjung bisa menggunakan kapal, helikopter, atau cukup mengaguminya dari kejauhan.

Baca juga: Gara-gara Badai Salju, Sebagian Air Terjun Niagara di AS Jadi Es

2. Angel Falls

Air terjun yang terletak di Canaima National Park Venezuela ini tenar karena tingginya mencapai 979 meter.

Selain dinilai sebagai salah satu air terjun tertinggi di dunia, Angel Falls juga dinobatkan sebagai air terjun terindah yang pernah ada.

3. Iguazu Falls

Air terjun ini terletak di Amerika Selatan. Dengan tinggi 82 meter, Iguazu mengalahkan Angel Falls untuk debit air yang diterjunkannya tiap detik. 

Berdasarkan penelitian, air terjun Iguazu memiliki curah air 1.756 meter kubik per detik. Jumlah ini hampir setara dengan air terjun Niagara.

4. Victoria Falls

Air terjun di Zambabwe ini memiliki tinggi 108 meter. Selain memiliki tinggi di atas rata-rata air terjun biasa, air terjun Victoria juga termasuk air terjun paling lebar atau paling panjang.

5. Olo'upena Falls

Terletak di Hawaii, Amerika, Olo'upena memiliki tinggi 900 meter. Terletak di sebuah cekungan tebing, air terjun ini memiliki pemandangan terindah dibanding yang lainnya.

Baca juga: Air Terjun Api di Taman Nasional Yosemite AS Muncul Bulan Februari

Air terjun terbesar di dunia

Lantas dimanakah letaknya air terjun terbesar di dunia? Faktanya, air terjun paling besar, justru berada di tempat yang sama sekali tidak bisa dikunjungi.

Dilansir dari Mongabay, letak air terjun terbesar ini berada ribuan meter di bawah Samudra Atlantik Utara. Tepatnya di Selat Denmark, yang berada di antara Islandia dan Greenland.

Dikabarkan, air terjun bawah laut ini memiliki volume air 53 juta meter kubik per detik, sekitar 2000 kali lebih besar dari volume air terjun Niagara di volume paling puncak. 

Untuk tingginya, air terjun ini 3,5 kali tinggi air terjun Angel Falls. Yaitu sekitar 3.500 meter.

Baca juga: 7 Air Terjun Menakjubkan dari Seluruh Dunia, Beberapa Ada di Indonesia

Bagaimana mungkin bisa ada air terjun di dalam air?

Menurut ilmuwan, air terjun di dalam air bisa terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam air. Dimana air bersuhu dingin memiliki molekul lebih padat daripada air bersuhu hangat, sehingga ia cenderung tenggelam.

Nah, ketika air dingin dituangkan ke dalam air hangat, maka akan terjadi fenomena aliran air layaknya air terjun, mengalir lurus ke bawah. Aliran ini jauh lebih lambat dan lebih tenang dibanding aliran air terjun di permukaan tanah. 

Selain air dingin dan air hangat, terciptanya air terjun di bawah laut juga sangat dipengaruhi oleh dua faktor lain yaitu adanya sungai dan jurang laut.

Air terjun terbesar ini terjadi akibat air dari laut Greenland yang dingin, mengalir turun ke kedalaman laut Irminger yang suhunya lebih hangat.     

Baca juga: 10 Air Terjun di Yogyakarta yang Segar dan Wajib Dikunjungi

 

    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi