Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi untuk Mereka yang Berkebutuhan Khusus

Baca di App
Lihat Foto
Pixabay/Moritz320
Ilustrasi aplikasi gawai
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Tak selamanya gadget membawa pengaruh buruk terhadap tumbuh kembang anak. Asal rambu-rambu terus ditegaskan, gadget bisa bermanfaat juga untuk anak. Termasuk, anak-anak berkebutuhan khusus.

Berbagai kemajuan teknologi telah mempermudah hidup manusia. Dalam gawai sendiri, kini semakin bertumbuhan aplikasi-aplikasi yang membantu aktivitas keseharian para pemakainya. Termasuk, aplikasi untuk mereka yang berkebutuhan khusus. 

Beberapa teknologi aplikasi ini bisa membantu anak autis mengembangkan kemampuannya berbicara dan berkomunikasi. Ada pula aplikasi-aplikasi yang membantu tuna netra untuk bisa memahami berbagai hal yang tak bisa mereka jangkau.

Baca juga: Aplikasi Belajar Daring Ini Siapkan Bekal bagi Siswa Jalani UTBK

1. Language Therapy for Children with Autism (MITA)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi ini ada di iOS dan android. Autism therapy with MITA adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu proses belajar anak-anak dengan autis menggunakan metode pivotal response treatment.

MITA sendiri adalah singkatan dari Mental Imagery Therapy for Autism. Pembelajaran dengan MITA menggunakan metode permainan seperti puzzle. Dengan mencocokkan warna misalnya, anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa juga visualnya.

2. Spokle

Aplikasi ini juga tersedia di iOS dan android. Aplikasi ini bisa digunakan orang tua untuk melakukan terapi wicara kepada anak-anaknya yang menderita gangguan autis dan gangguan perkembangan bahasa.

Spokle adalah platform asal Australia. Karena mendapat respon bagus dari pengguna gawai, platform ini kini sudah bekerja sama dengan dengan sejumlah sekolah inklusi di Indonesia.

Beberapa pengguna meninggalkan review yang positif. Yang menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu orang tua dalam menghadapi anak di masa pandemi.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari aplikasi ini adalah, orang tua akan mendapatkan 400 video tutorial yang dikembangkan oleh terapis, grafik untuk mencatat perkembangan anak, dan berbagai gim menyenangkan yang bisa dimainkan bersama anak.

Baca juga: Jangan Abaikan Anak Autis, Lakukan Diagnosa Dini dan Gali Potensinya

3. Be My Eyes

Aplikasi untuk membantu tuna netra dan orang dengan gangguan penglihatan ini tersedia di android.

Be My Eyes terintegrasi dengan ribuan sukarelawan yang mau membantu orang-orang berkebutuhan khusus agar bisa lebih jelas "melihat" dunia. 

Seperti dilansir Goodnet, aplikasi ini tersedia dalam 185 bahasa dan dibuat untuk membantu orang-orang dalam menjalani aktivitas kesehariannya. 

Semisal seseorang butuh mengecek tanggal kadaluarsa dalam sekotak susu, ia tinggal mencari sukarelawan di dalam aplikasi yang mau mengecekkan barang yang ada dan membacakannya dengan jelas.

Baca juga: Kemendikbud: Anak Berkebutuhan Khusus Harus Peroleh Pendidikan

4. AutiSpark

Aplikasi ini juga tersedia di android. Seluruh permainan pembelajaran untuk anak autis di aplikasi ini sudah disetujui oleh para ahli serta terapis.

AutiSpark menawarkan banyak permainan edukatif yang interaktif yang bisa merangsang kemampuan motorik dan wicara dari anak autis.

Termasuk di dalamnya adalah pengenalan gambar, pengenalan suara, pelatihan mengeja, dan masih banyak lagi.

5. Birdhouse for Special Needs

Aplikasi ini lebih ditujukan untuk orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus.

Dengan aplikasi ini, orang tua bisa mencatat perkembangan anak, mengecek nutrisi makanan untuk anak, memperoleh info medis dari para ahli, berbagai info terapi dan masih banyak lagi.

Birdhouse juga memiliki fitur share notes antar pengguna aplikasi. Jadi para orang tua anak berkebutuhan khusus bisa saling berbagi ilmu dan informasi. 

Baca juga: Anak Berkebutuhan Khusus Itu Istimewa, Mereka Kunci Surga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi