Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kegiatan Peserta UTBK 2021, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
Instagram: ltmptofficial
Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Pendaftaran UTBK-SBMPTN, salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri telah dibuka sejak 15 Maret 2021.

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 ini akan berlangsung hingga 1 April 2021.

Pelaksanaan UTBK terbagi dalam dua gelombang dan bertepatan dengan bulan Ramadhan, yaitu 12-18 April dan 26 April-Mei 2021.

Hasil SBMPTN rencananya akan diumumkan pada 14 Juni 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaga tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengatur segala prosesnya, termasuk kegiatan peserta dan pengantar pada saat pelaksanaan tes.

Baca juga: Dimulai 12 April, Ini Daftar 74 Pusat UTBK-SBMPTN 2021

Berikut selengkapnya dihimpun dari buku Panduan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021:

Persiapan

Peserta menjaga kesehatan dan disarankan untuk stay at home atau berdiam diri di rumah.

Satu hari sebelum pelaksanaan tes, peserta mencari informasi lokasi tes dengan cara melihat lokasi pada website pusat UTBK PTN tanpa harus datang ke lokasi ujian.

Selain itu, peserta juga diminta untuk memperkirakan waktu tempuh dari tempat tinggal atau lokasi asal ke lokasi ujian UTBK.

Sebelum ujian

Peserta sebaiknya sarapan dan makan siang di tempat masing-masing. Setelah itu, berangkat menuju lokasi ujian.

Peserta juga harus membawa seluruh dokumen yang disyaratkan, seperti Kartu Tanda Peserta UTBK angkatan 2021 serta identitas diri lain seperti KTP atau SIM.

Memastikan sudah menggunakan masker, sarung tangan (dianjurkan), face shield (dianjurkan), hand sanitizer, dan lain sebagainya.

Peserta dari kelompok saintek/soshum yang mendapat sesi pagi serta kelompok campuran, diharapkan dapat datang paling lambat pukul 06.15.

Bagi peserta saintek/soshum yang mendapat sesi siang, harus datang paling lambat pukul 12.00.

Setelah tiba di lokasi ujian, akan diarahkan untuk menuju area transit/tnggu yang disediakan oleh panitia pusat UTBK PTN.

Peserta harus mengikuti prosedur sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh panitia pusat UTBK PTN, seperti mengikuti pemeriksaan suhu tubuh.

Jika ada yang suhu tubuhnya melebihi ketentuan, yakni 37,5 derajat celcius, tidak diperkenankan mengikuti ujian dan dipersilakan menuju ruang khusus untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim.

Kelompok saintek/soshum sesi pagi dan kelompok campuran, pukul 06.45 harus sudah berada di depan ruang ujian dan berbaris dengan tertib sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 termasuk menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1-1,5 meter.

Demikian pula untuk kelompok saintek/soshum yang mendapat sesi siang, paling lambat pukul 12.30 harus sudah berada di depan ruang ujian.

Baca juga: Apakah Harus Swab Sebelum Tes UTBK SBMPTN 2021? Ini Penjelasan LTMPT

Masuk ruang ujian

Pukul 06.45-06.50, peserta kelompok saintek/soshum sesi pagi dan campuran mulai memasuki ruang ujian setelah diinstruksikan oleh pengawas.

Setelah itu, peserta menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk verifikasi seperti Kartu Tanda Peserta UTBK 2021 terbaru, fotokopi ijazah bagi lulusan 2019 dan 2020, Surat Keterangan Lulus bagi angkatan 2021 serta identitas diri lain seperti KTP atau SIM.

Meletakkan perlatan lainnya termasuk jam tangan di tempat yang telah disediakan.

Untuk peserta kelompok saintek/soshum sesi siang, harus datang pada pukul 12.30-12.35.

Saat pelaksanaan ujian

Peserta kelompok saintek/soshum sesi pagi serta campuran, pukul 06.50-07.10 harus meletakkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas.

Sementara, untuk kelompok saintek/soshum sesi siang, aktivitas tersebut dilakukan pada pukul 12.35-12.55.

Kemudian, pukul 07.10-07.15, kelompok saintek/soshum sesi pagi dan campuran, melakukan latihan ujian, menyimak pengawas dan dapat mengajukan pertanyaan, dan dilarang berbicara dengan peserta lain.

Ujian akan dimulai sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada pukul 07-15-12.00 untuk peserta sesi pagi kelompok saintek/soshum dan campuran, serta pukul 13.00-16.15 bagi peserta sesi siang.

Peserta tidak diperkenankan bertanya tentang materi soal yang ada

Bagi peserta saintek/soshum sesi pagi dan campuran, ujian berakhir pada pukul 12.00. Untuk sesi siang, akan berkahir pukul 16.15.

Setelah selesai ujian, seluruh peserta langsung pulang ke tempat tinggal atau lokasi asal.

Setibanya di tempat tinggal atau lokasi asal, segera mandi dan pakaian yang digunakan harus dicuci.

Baca juga: Bisakah KIP Kuliah 2020 untuk Mendaftar SBMPTN 2021? Ini Jawaban LTMPT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi