Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ketentuan Baru Stimulus Listrik PLN yang Mulai Berlaku 1 April

Baca di App
Lihat Foto
dok PLN
Ilustrasi listrik PLN dan biaya tambah daya listrik
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - PLN masih akan kembali memberikan stimulus listrik bagi masyarakat untuk periode bulan April-Juni 2021.

Program ini dalam rangka bentuk perlindungan sosial kepada masyarakat selama pandemi Covid-19.

Meski demikian, diskon listrik kali ini memiliki besaran yang berbeda dibandingkan dengan bantuan pada periode sebelumnya.

"PLN siap mendukung dan menjalankan keputusan Pemerintah untuk terus memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha dan sosial yang terdampak Covid-19. Karena sifatnya perpanjangan, saya yakin penyaluran akan berjalan lancar,” tutur Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Klik www.pln.co.id untuk Klaim Token Listrik Gratis PLN Maret 2021

Adapun besaran stimulus listrik periode April-Juni 2021 ditetapkan berdasarkan Surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yaitu:

  1. Pelanggan golongan rumah tangga, bisnis kecil dan industri kecil dengan daya 450 Volt Ampere, diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Cara mendapatkan diskon listrik dari PLN

Untuk mendapatkan diskon listrik dari PLN, bagi pelanggan pasca bayar maka diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Adapun bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik,” tambah Bob.

Baca juga: Tak Ada Token Gratis, Ini Cara Dapat Diskon Listrik Periode April-Juni

 

Perubahan besaran diskon

Bob juga mengingatkan bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA karena adanya perubahan besaran diskon, maka pelanggan diingatkan untuk kembali membayar listrik dengan besaran diskon yang akan langsung dipotongkan saat pembayaran rekening istrik.

"Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50 persen," kata dia.

Baca juga: Diskon Dipangkas, Token Listrik Gratis Tak Bisa Diakses Lagi Via Website hingga WhatsApp PLN

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban atau abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

PLN telah memberikan stimulus listrik sejak April 2020 sebesar Rp 13,15 triliun kepada 33,02 juta pelanggan.

Sementara pada triwulan 1 (Januari-Marer 2021) pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 4,66 triliun untuk stimulasi listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi