Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Baca di App
Lihat Foto
Facebook
Tangkapan layar unggahan soal 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Di media sosial Facebook, beredar sebuah unggahan yang membagikan tangkapan layar dengan klaim narasi 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Bahkan, ada yang disebut bisa menyebabkan kematian jika makanan itu dikonsumsi berbarengan.

Dalam unggahan itu, dibagikan kombinasi makanan apa saja yang berbahaya.

Saat dikonfirmasi, dokter ahli gizi menyatakan bahwa keseluruhan informasi dalam unggahan itu tidak benar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narasi yang beredar

Informasi di atas dibagikan oleh seorang pengguna Facebook. Ia mengunggah 6 foto tangkapan layar yang memuat klaim 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan.

Pada foto pertama, terlihat foto pria menggunakan alat bantu pernapasan pada posisi berbaring. Dalam foto itu, ada teks "Bahaya! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan No.4 Bisa Menyebabkan Kematian".

Pada foto kedua, tertulis: "5. Sayur Bayam dengan Kedelai. Bayam tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan kedelai. Bayam mengandung asal oksalat yang dapat bereaksi dengan kalsium yang ada pada kedelai. Reaksi tersebut dapat membentuk endapan yang tidak dapat larut di dalam usus".

Pada foto ketiga, tertulis: "6. Mie Instan dan coklat. Mengkonsumsi mie instan dengan cokelat bisa menyebabkan penyakit hati, ginjal, pembuluh, darah rusak dan jantung apabila dikonsumsi secara bersamaan".

Pada foto keempat, tertulis: "Daging dengan semangka. Buah semangka memang terasa segar dinikmati setelah makan-makanan berat, namun jangan sekali-kali mengkombinasikan semangka dengan olahan daging kambing. Semangka disebut buah yang 'dingin' dalam makanan, sedangkan daging kambing dasarnya 'panas' di tubuh, ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis".

Pada foto kelima, tertulis: "3. Udang dengan jus jeruk. Mengkonsumsi udang pada hari yang sama dengan jus jeruk, akan memiliki risiko yang serius karena zat senyawa dari udang dapat berubah zat kimia beracun saat bertemu dengan vitamin C dalam jus jeruk, bahkan bisa menyebabkan kematian".

Pada foto keenam, tertulis: "4. Kepiting dengan Teh. Mengkonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Ketika memakan kepiting cairan lambung akan dicerna oleh teh. Teh banyak mengandung asam tanin sebanyak yang dimiliki buah kesemek".

Benarkah klaim informasi itu?

Penelusuran Kompas.com

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam Hospital, dr Inge Permadhi, menyatakan, informasi yang tersebar di media sosial di atas tidak benar.

"Enggak benar, enggak ada lah makanan yang kalau dicampurkan terus menyebabkan kelainan bahkan kematian," ujar Inge saat dihubungi Kompas.com, Sabtu, (10/4/2021).

Menurut dia, makanan yang dikasih racun saja yang dapat menyebabkan kematian.

"Paling menyebabkan kegemukan kalau banyak mengonsumsi makanan, enggak adalah kayak gitu-gitu untuk makanan," lanjut dia.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang belum jelas bukti ilmiahnya.

Edukasi makanan pada masyarakat

Terkait pencampuran makanan, Inge mengatakan, masyarakat perlu memperhatikan makanan-makanan berbahan mentah.

Ia mengingatkan, terlalu banyak makan sayur mentah akan mengikat vitamin dan mineral yang ada pada makanan itu sendiri.

Jika sudah mengikat mineral dan vitamin, maka makanan menjadi tidak mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

"Misalnya, makan putih telur mentah itu kalau dimakan bisa mengikat vitamin B6 pada beras, jadi sebaiknya tidak makan putih telur mentah," ujar Inge.

"Makan (makanan mentah) sebulan sekali enggak apa-apa. Kalau makannya setiap hari yang mentah-mentah itu berisiko pada sistem pencernaan, tapi tidak menyebabkan kematian," lanjut dia.

Kesimpulan

Berdasarkan penjabaran di atas, infomasi soal 6 makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena akan menyebabkan kematian adalah informasi salah atau hoaks. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi