Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Philip Dimakamkan pada 17 April 2021, seperti Ini Rangkaian Prosesnya

Baca di App
Lihat Foto
AP PHOTO/FRANK AUGSTEIN
Bendera dibentangkan di antara bunga-bunga di luar Kastil Windsor di Windsor, Inggris setelah pengumuman mengenai kematian Pangeran Philip dari Inggris, Jumat 9 April 2021.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Kerajaan Inggris masih dalam suasana berduka setelah berpulangnya Pangeran Philip yang merupakan suami Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philip, yang bergelar Duke of Edinburgh itu, mengembuskan napas terakhir pada Jumat (9/4/2021), dalam usia 99 tahun.

Saat ini, jenazahnya masih disemayamkan di Kastil Windsor.

Melansir BBC, Sabtu (10/4/2021), prosesi pemakaman rencananya akan digelar pekan depan, Sabtu (17/4/2021) pukul 15.00 waktu setempat, di Kapel St George yang ada di bagian halaman dari Kastil.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses itu hanya akan dihadiri oleh pelayat dalam jumlah sangat terbatas, namun akan disiarkan melalui siaran televisi di Inggris.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenang Pangeran Philip (1921-2021)

Berikut ini rangkaian prosesi pemakaman Pangeran Philip, pria yang telah mendampingi Ratu Elizabeth II, selama hampir 70 tahun.

Permintaan Pangeran Philip

Upacara pemakaman dengan sedikit pelayat adalah permintaan dari Pangeran Philip semasa hidupnya. Keinginan ini akan dikabulkan dalam prosesi nanti.

Selain itu, ia juga pernah meminta agar jasadnya tidak disemayamkan di tempat yang peti matinya bisa diakses serta dilihat publik. Kini, ia disemayamkan di kapel pribadinya yang ada di Kastil Windsor hingga tiba hari pemakaman.

Peti mati

Peti mati Pangeran Philip dibalut dengan bendera khusus, sesuai dengan perjalanan hidup yang pernah dilalui Philip.

Bendera itu mewakili sejumlah elemen hidup Pangeran, mulai dari lambang 3 naga dan hati yang ada di seragam militer Denmark, bendera Yunani, dua garis hitam penanda keluarga Mountbatten, dan gambar kastil Edinburgh.

Jasad dari Pangeran Philips diletakkan dalam peti yang berhiaskan karangan bunga bersama dengan topi dan pedang angkatan laut yang memiliki sejarah dalam hidupnya.

Ia diangkat menjadi Laksamana Tinggi pada tahun 2011. Sementara, pedang itu merupakan pedang perwira angkatan laut dari kerajaan yang selalu ia gunakan dalam perayaan-perayaan besar.

Baca juga: Operation Forth Bridge untuk Pangeran Philip, Ini Nama Sandi Kematian Anggota Kerajaan Inggris

Prosesi pemakaman

Pangeran Philip akan dimakamkan tidak dengan prosesi pemakaman kenegaraan, karena pemakaman jenis itu biasanya digunakan untuk raja/ratu.

Mengutip CNN, Minggu (10/4/2021), prosesi pemakaman akan dilakukan sesuai aturan kerajaan dan sarat akan tradisi, namun tetap sederhana. 

Pada hari pemakaman itu, peti mati akan dipindahkan dari kapel pribadi tempat peti dan jenazah di semayamkan, menuju pintu masuk utama Kastil Windsor menggunakan satu unit Land Rover yang telah dimodivikasi.

Modifikasi mobil itu juga dirancang sendiri oleh Pangeran Philip semasa hidupnya.

Prosesi pemakaman dipimpin oleh kelompok Pengawal Grenadier dan akan memakan waktu kurang lebih delapan menit.

Pengusung jenazah berasal dari Royal Marines, sementara resimen lainnya akan menemani di dalam kendaraan.

Baca juga: Mengenang Sosok Pangeran Philip dan Perjalanan Hidupnya...

Para angkatan bersenjata akan berbaris di rute yang dilewati dan anggota Keluarga Kerajaan akan berjalan di belakang mobil pembawa peti mati.

Berbeda dari anggota kerajaan yang lain, Ratu Elizabeth II akan berjalan terpisah menuju kapel untuk melakukan kebaktian.

Ketika proses pemakaman dimulai, senjata dari anggota militer akan ditembakkan dan lonceng akan dibunyikan.

Saat mobil pembawa peti sampai di area West Steps, seorang prajurit kehormatan dan pasukan Rifles akan menerima peti mati dan 8 orang membawanya memasuki Horseshoe Cloister dengan diiringi lagu kebangsaan yang dimainkan.

Selanjutnya, peti akan disambut oleh Dekan Windsor dan Uskup Agung Canterbury.

Sebelum kebaktian dimulai tepat pukul 15.00, hening cipta nasional akan dilakukan serentak selama 1 menit.

Usai kebaktian, jenazah Pangeran Philip akan dimakamkan di Royal Vault atau tempat pemakaman berbahan besi khusus milik kerajaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi