Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Jadwal Vaksinasi Saat Puasa, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi Vaksin Covid-19.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 nasional dari pemerintah masih akan tetap berjalan pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah atau 2021. 

Terkait vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa.

Melalui fatwa tersebut, MUI menyatakan, vaksinasi dengan cara injeksi seperti dalam pemberian vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa.

Baca juga: Tak Membatalkan Puasa, Ini yang Perlu Diketahui soal Vaksinasi Covid-19 pada Bulan Ramadhan

Selain itu, MUI juga menegaskan, umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MUI menyebutkan, dengan berpartisipasi dalam program vaksinasi, maka umat Islam telah membantu mewujudkan kekebalan kelompok agar dapat terbebas dari wabah Covid-19.

Adakah persiapan khusus yang perlu dilakukan jika mendapat jadwal vaksinasi di bulan Ramadhan?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan jika mendapat jadwal vaksinasi pada bulan Ramadhan, saat menjalankan ibadah puasa.

"Yang pasti, puasa adalah ibadah, dan saat ini para ahli kesehatan mengatakan tidak ada halangan secara kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi saat berpuasa," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Nadia mengatakan, masyarakat yang kebagian jadwal vaksinasi di bulan Ramadhan tidak perlu cemas atau khawatir.

"Tentunya kita istirahat yang cukup. Saat sahur makan dan minum. Tidak perlu cemas, (tetap) menenangkan diri," ujar Nadia.

Baca juga: Bagaimana Tahapan Vaksinasi Saat Puasa Ramadhan? Ini Kata Kemenkes

Vaksinasi saat malam hari

Dalam Fatwa MUI 13/2021, MUI menyarankan, agar vaksinasi berjalan lancar, vaksinasi Covid-19 bisa dilaksanakan pada malam hari.

Menurut MUI, jika vaksinasi dilaksanakan pada siang hari, dikhawatirkan bisa membahayakan umat Islam yang sedang berpuasa, karena kondisi fisik mereka lemah.

Menanggapi hal tersebut, Nadia mengatakan, masyarakat tidak perlu melakukan re-schedule atau penjadwalan ulang vaksinasi ke malam hari, kecuali ditetapkan demikian oleh petugas vaksinasi.

"Tidak (perlu). Kecuali kalau petugas kesehatan mengevaluasi untuk ditunda vaksin malam hari," kata Nadia.

Nadia mengatakan, jika memang diperlukan, maka penjadwalan ulang waktu vaksinasi ke malam hari bisa dilakukan.

Puasa meremajakan imunitas tubuh

Mengutip covid19.go.id, Jumat (9/4/2021), masyarakat diminta tidak khawatir terhadap sistem imunitas tubuh, meskipun harus menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, mengatakan, sudah banyak studi yang menyatakan bahwa puasa yang setidaknya dilakukan selama 3 hari akan efektif membantu proses peremajaan sistem imun melalui produksi sel darah putih baru.

Baca juga: Catat, 7 Tips Mencegah Bibir Kering Selama Puasa

Imunitas juga dapat diperkuat dengan upaya lainnya salah satunya menjaga asupan yang berkualitas, seperti mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat sebagai sumber kalori, yang dapat berupa nasi, roti, dan lainnya.

Makanan lain yang bisa dimakan setiap hari seperti telur, ikan, atau daging harus dimakan dan menjadi sumber protein yang merupakan pembentuk imun dan jaringan tubuh lainnya.

Sayur dan buah juga tetap harus dimakan dengan rutin untuk mendapatkan mikronutrien esensial.

"Saat berbuka memang saat yang membahagiakan, tapi tetap jaga penguasaan diri kita dengan membatasi makan makanan tinggi lemak seperti gorengan, gajih, dan lainnya, serta mengurangi konsumsi gula dari takjil dan makanan penutup," kata Wiku.

Wiku juga memastikan, vaksinasi tetap akan dilakukan mengingat berdasarkan pertimbangan khusus bahwa injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa.

"Proses vaksinasi akan dilakukan sebagaimana vaksinasi saat bulan lainnya demi mencapai herd immunity dan target vaksinasi dari pemerintah," ujar Wiku.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi