Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kartini ala Semarang Doll Lovers, Menyuguhkan Boneka dalam Balutan Kebaya Etnik

Baca di App
Lihat Foto
Dok pribadi
Merayakan Hari Kartini ala Semarang Doll Lovers
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Hari Kartini tinggal beberapa hari lagi. Beberapa anggota komunitas Semarang Doll Lovers sudah mulai menyibukkan diri.

Apalagi jika bukan untuk mempersiapkan kostum kebaya etnik untuk boneka-boneka cantiknya. 

Salah satu yang dari jauh-jauh hari sudah menggunting pola dan menusuk jahitan adalah desainer Elkana Gunawan Tanuwidjaja.

Desainer yang tergabung dalam Semarang Doll Lovers ini sudah bertahun-tahun membuat dan menjual kostum boneka. Karena dari awal ia sudah terjun ke dalam busana etnik, maka untuk kostum boneka pun Elkana juga memilih jalur etnik.  

Setiap tahun menjelang bulan April, Elkana akan mulai memotong batik, tenun, songket dan juga kain jumputan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wastra nusantara ini kemudian akan ia potong sesuai pola ukuran boneka, dan dijahit dalam nuansa kebaya klasik juga kebaya semi modern. 

Lengkap dengan bordir, payet, renda, dan lipatan ala kebaya dan kain jarik tradisional.

Baca juga: Mengenal Sepak Terjang Multatuli, Sosok yang Menginspirasi RA Kartini

Tingkat kesulitan tinggi

Elkana lebih sering membuat baju boneka sesuai pesanan yang datang. Meski ia juga membuat kebaya-kebaya spesial, yang didesain khusus untuk boneka-boneka koleksi pribadinya.

Soal tingkat kesulitan, Elkana mengaku menemukan lebih banyak kerumitan membuat baju boneka ketimbang baju manusia.

"Karena ukurannya sangat kecil, sedangkan saya harus tetap membuat detil layaknya kebaya sungguhan yang dikenakan manusia," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (18/04/2021) pagi. 

Dalam mendesain kebaya boneka, Elkana melalui dua cara. Pertama, dengan membuat pola kertas terlebih dahulu sesuai desain yang diinginkan. Atau, langsung melipat lipit kain di tubuh boneka, dan kemudian dijahit sesuai ukuran yang sudah ditentukan.

Elkana yang sudah menjahit puluhan busana kebaya untuk boneka ini akan menjual karya-karyanya dalam rentang harga mulai dari 150 ribu hingga 450 ribu rupiah.

Harga ini tergantung ukuran boneka. Boneka jenis Barbie, adalah ukuran terkecil yang tentu saja memiliki baju-baju dengan kisaran harga paling murah.

Baca juga: Sebelum Kartini Ada Ratu Kalinyamat, Perempuan Tangguh dan Visioner dari Jepara

Pesta wastra nusantara tiap bulan April

Dalam doll meet atau pertemuan rutin bulanan yang diselenggarakan khusus di bulan April, para anggota komunitas akan mendandani boneka-bonekanya dengan kebaya kartini, kebaya kutu baru atau kebaya semi modern. 

Juga tak lupa, lengkap dengan tatanan rambut boneka ala sanggul klasik juga modern. Kemudian dalam pertemuan itu, akan diadakan sesi foto layaknya sesi catwalk untuk para boneka.

Setiap tahun, agenda seperti ini diadakan rutin. Kecuali di tahun lalu, agenda dibatalkan lantaran tengah ada dalam kondisi PSBB akibat pandemi.

Semarang Doll Lovers sendiri berdiri tahun 2017. Ada belasan anggota aktif yang tergabung di dalamnya.

Masing-masing anggota memiliki koleksi boneka dari berbagai brand dan berbagai varian harga.

Selain Barbie, ada pula Fashion Royalty, Integrity Toys, Poppy Parkers, Disney Animator, Paola Reina, Pivotal Doll, dan BJD Doll. Semuanya adalah boneka yang masuk dalam kategori fashion doll atau boneka yang bisa didandani layaknya manusia.

Hampir setiap ada peringatan hari khusus, seperti Hari Kartini, Semarang Doll Lovers akan menggelar event yang bernuansa kain tradisional. Diisi dengan pertemuan biasa atau lomba peragaan busana.  

Baca juga: Baju Jawi Jangkep dan Kebaya, Pakaian Tradisional Jawa Tengah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi