Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kelebihan Ruang Minimalis, Hemat dan Lebih Personal

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Anastasiia Chepinska
Ilustrasi ruang minimalis
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Hunian perkotaan memiliki lahan yang terbatas. Sudut dan sudut bertemu dalam rentang jarak yang tak begitu panjang.

Hunian dengan ruang-ruang minimalis ini belum banyak disukai masyarakat. Karena adanya pemahaman kuno kebanyakan, bahwa hunian yang menenteramkan adalah hunian luas yang jarak pandang matanya bisa leluasa.

Padahal, hunian sempit atau minimalis memiliki keistimewaan tersendiri jika Anda tahu menata perabotannya.

Berikut ini adalah 6 alasan mengapa ruang terbatas itu istimewa, beserta cara menata dan mengubahsuainya. 

Baca juga: 6 Kesalahan Dekorasi Ruang Keluarga Menurut Desainer Interior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Ruang minimalis adalah ruang paling cozy

Menurut The Spruce, cozy atau nyaman tak ada kaitannya dengan biaya mahal. Anda justru lebih bisa menciptakan ruang nyaman di lahan terbatas daripada di lahan yang terlalu luas.

Hal ini terkait dengan perkakas interior  yang harus diisikan di dalamnya. Di ruang terbatas, Anda cukup meletakkan sofa favorit dengan beberapa bantal bersarung lucu ke dalamnya untuk menciptakan sebuah ruang baca menyenangkan.

Jika di ruang yang terlalu luas, Anda justru akan kebingungan akan meletakkan dan menambah perabotan apa lagi agar seisi ruang bisa pas dalam usaha menciptakan suasana hangat.

2. Lebih rapi dan teratur

Tentu saja lebih mudah menata dan membersihkan ruangan kecil daripada ruangan besar. Di ruang kecil pula, Anda tak bisa leluasa memasukkan banyak barang, dan ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi Anda.

Ruangan akan minimalis pula dengan barang-barang kecil seperti buku dan ornamen-ornames hiasan. Jadi akan sangat memudahkan Anda dalam menata ulang dan membersihkannya. 

Baca juga: 7 Trik Menghemat Uang untuk Mengecat Interior Rumah

3. Lebih murah

Jika membahas soal isi ruangan, maka ruang kecil adalah jagonya dalam menghemat pundi-pundi. 

Karena ruang terbatas, maka terbatas pula perabotan yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Imbasnya, pundi-pundi Anda akan aman dari pembelian perabotan yang terlalu berlebihan.

Berbeda jika Anda memiliki hunian dengan lahan yang luas. Furnitur yang harus masuk demi melayakkan ruang akan sangat banyak dan menguras pundi-pundi.

4. Lebih mudah dibersihkan

Satu lagi keuntungan memiliki hunian minimalis adalah Anda tak perlu menguras waktu dan tenaga dalam melakukan bersih-bersih rutin.

Dari ruang ke ruang, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Baik untuk menyapu atau mengelap perabotan.

Semakin besar rumah, semakin besar pula ruangan-ruangan yang ada. Untuk membersihkannya secara rutin di pagi hari, Anda harus meluangkan waktu cukup lama agar seluruh ruangan bersih sempurna.

Baca juga: 10 Cara Menambahkan Gaya Jepang ke Desain Interior Rumah

5. Lebih ramah lingkungan

Karena hunian kecil, maka untuk mendinginkan seisi ruangan pun Anda tak harus memasang pendingin udara berkapasitas besar. 

Bahkan Anda bisa mendinginkan udara dengan cara alami, yaitu memasang jendela yang langsung menghadap taman. Angin dari alam, cukup untuk mendinginkan ruangan yang terbatas. 

Jendela juga bisa membantu Anda hemat daya listrik. Karena ruangan kecil, dua jendela saja sudah cukup untuk memandikan seluruh ruangan dengan cahaya alami. 

Hal ini tentu saja berpengaruh pada tagihan listrik Anda. Setiap bulan, Anda tak harus merogoh kocek cukup besar untuk membiayai daya listrik seisi rumah. Selain hemat, Anda juga menjaga keberlangsungan hidup lingkungan di sekitar Anda.

6. Lebih personal

Penataan ruangan kecil bisa lebih personal. Anda hanya akan memasukkan perabotan dan dekorasi yang sesuai dengan selera Anda saja. Ruangan pun jadi hidup, dan bisa "menceritakan" siapa pemiliknya.

Berbeda dengan ruangan yang terlalu besar. Untuk memikirkan konsep personal, Anda akan kewalahan. Akhirnya ruangan pun asal diisi dengan perabotan yang sekiranya pas dan sesuai.

Ketika tamu masuk, mereka tak akan menemukan aroma Anda di dalamnya.   

Baca juga: 5 Ide Menata Meja Kopi di Ruang Tamu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi