Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bumi, Mengintip Agenda Rutin Perayaan Earth Day di Berbagai Penjuru Dunia

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Guillaume De Germain
Ilustrasi Hari Bumi
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Earth Day atau Hari Bumi Sedunia dirayakan setiap tanggal 22 April. Earth Day adalah sebuah perayaan yang diikuti oleh berbagai negara, sebagai bentuk dukungan terhadap kepedulian dan perlindungan lingkungan.

Perayaan hari bumi ini sudah dimulai sejak tahun 1970. Diprakarsai oleh senator Amerika Serikat yang juga seorang pengajar lingkungan hidup, Gaylord Nelson.

Lahirnya Earth Day didasari kondisi lingkungan yang semakin memburuk waktu demi waktu. Di tahun 1960-an, Amerika Sempat dilanda masalah serius soal pencemaran lingkungan.

Mulai dari pencemaran lingkungan karena residu pestisida yang digunakan para petani, juga limbah pabrik yang meracuni tanah dan air tanah.

Di tahun tersebut, perlindungan alam atau lingkungan belum masuk ke dalam agenda resmi nasional pemerintah Amerika Serikat. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nah Gaylord Nelson lah yang akhirnya bisa meyakinkan parlemen bahwa bumi tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Dalam laman History dikatakan bahwa Nelson mengusulkan konsep Earth Day untuk pertama kalinya di sebuah konferensi yang diselenggarakan di Seattle di akhir tahun 1969.

Perayaan Earth Day pertama dilakukan di Philadelphia, Chicago, Los Angeles dan New York tepat di tahun 1970.

Di New York, walikota John Lindsay menutup ruas paling riuh di kota itu, Fifth Avenue, selama beberapa jam untuk mengurangi polusi.  

Baca juga: Hari Bumi 22 April, Begini Sejarah Terbentuknya Earth Day

Perayaan-perayaan unik

Kini Earth Day diperingati di lebih 175 negara di dunia. Selama sehari, dalam beberapa jam, masyarakat akan melakukan langkah-langkah sederhana yang bertujuan memberi bumi ruang bernapas untuk menyembuhkan diri.

Di berbagai belahan dunia, ada perayaan-perayaan unik dalam memperingati Earth Day. Berikut ini adalah beberapa perayaan rutin yang dilakukan berbagai negara, sebelum pandemi.

1. Earth Day United di Copenhagen Denmark

Acara tahunan ini biasa digelar di Christiansborg Castel Square. Dalam perayaan yang digawangi oleh beberapa organisasi peduli lingkungan ini, masyarakat akan berkumpul membawa drum dan berbagai alat musik.

Mereka akan memainkan alat musiknya selama 15 menit, selama dua jam sekali. Setelahnya, mereka akan bersama-sama mengikuti parade sains.

Baca juga: Hari Bumi di Tengah Pandemi Corona, Polusi Udara di Indonesia Menurun

2. Gelaran musik dan pengumpulan donasi di London

Di London, perayaan Earth Day biasa diisi dengan festival musik dan pengumpulan donasi. Seperti di tahun 2017, ada 7 band yang mengisi acara yang digelar di The Hive, London tersebut.

Disponsori Gaia Warriors, acara yang dipenuhi pemusik dan aktivis lingkungan ini juga digunakan sebagai ajang mencari dana untuk menyuport gerakan-gerakan peduli lingkungan.

Dalam area festival, berbagai booth ramah lingkungan berdiri menyapa pengunjung. Seperti pojok yoga dan juga vegan kafe.

3. Belajar soal lingkungan hidup di Taman Yoyogi Tokyo

Di Tokyo sebelum pandemi, gelaran Earth Day ditujukan sebagai wahana edukasi keluarga. 

Acara yang digelar selama dua hari tersebut diisi oleh beragam booth dan ajang diskusi yang mengajari soal sustainable methods atau cara-cara hidup yang minim sampah demi menyelamatkan lingkungan. 

Dalam acara yang sudah rutin diadakan sejak 2001 ini, jika pengunjung kelaparan, tinggal berlari menuju tenda-tenda kuliner yang menyuguhkan aneka menu vegan.

Baca juga: Hari Bumi, Berikut 7 Tips Liburan Ramah Lingkungan Kelar Pandemi Corona

4. Nature walk di taman Sydney

Perayaan ini berpusat di Nurragingy Reserve di Sidney Australia, yaitu sebuah taman kota yang terletak di New South Wales, dekat Sydney.

Dalam sehari di taman ini, akan dipenuhi ratusan aktivis lingkungan dan masyarakat yang melakukan kegiatan nature walk.

Ada pula pembagian hadiah berupa sepeda recycle serta beberapa diskusi menarik soal alam seperti bagaimana menarik perhatian kupu dan katak untuk masuk ke pekarangan rumah.

5. Earth fair di Barcelona

Menurut laman Insider, earth fair ala Barcelona biasa diadakan di Parc Central de Nou Barris, setiap tanggal 21 dan 22 April.

Dalam acara mirip bazar ini, akan hadir produk-produk pertanian yang segar dari tanah pertanian  terpercaya, workshop, juga berbagai panel diskusi soal lingkungan.

6. Outdoor gig gratis di Roma, Italia

Acara ini digelar panjang, selama lima hari. Yaitu mulai dari tanggal 21 hingga 25 April. Bertempat di Villa Borghese, selain diisi festival musik, acara ini juga dipenuni diskusi soal penyelamatan lingkungan dengan menerapkan gaya hidup baru.

Anak-anak dan remaja juga akan beradu ketangkasan dalam perlombaan olahraga juga mengikuti workshop sains.

Baca juga: Berkat Anak Muda, Pencetus Hari Bumi Optimis pada Masa Depan Planet

Perayaan di masa pandemi

Di masa pandemi ini, berbagai perayaan di atas ditunda demi mematuhi protokol kesehatan dari WHO. 

Dalam laman Philadelphia Inquirer, disebutkan bahwa perayaan Earth Day  tahun ini difokuskan pada kegiatan webinar gratis, pembelajaran online gratis untuk anak menyoal lingkungan, dan masih banyak lagi.

Beberapa organisasi penyelamat lingkungan memberi ide bagaimana masyarakat tetap bisa merayakan Earth Day di masa pandemi.

Mulai dari aktivitas berjalan kaki dan sejenak melupakan kendaraan bermotor, mengikuti webinar soal peduli lingkungan, mematikan daya listrik sebanyak-banyaknya dalam sehari, mengurangi sampah plastik di dapur, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Memperingati Hari Bumi di Tengah Pandemi, Ini yang Bisa Kita Lakukan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi