Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit yang Bisa Disebabkan Oleh Tikus dan Cara Alami Mengusir Tikus

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Sandy Millar
Mengusir tikus dengan bahan alami
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Tikus adalah hama yang mengotori rumah dan membahayakan kesehatan. Ada beberapa cara-cara alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. Cara ini aman untuk anggota keluarga termasuk binatang peliharaan.

Seperti diberitakan Kompas.com (24/04/2021), ada beberapa tanda yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi keberadaan tikus di dalam rumah.  

Yang pertama, adalah adanya kotoran tikus berwarna gelap lembab di sudut-sudut rumah. Kotoran ini biasanya sering ada di dekat lemari makanan, lemari pakaian, dan di bawah wastafel.

Kedua, adanya bekas gigitan pada kardus penyimpan makanan atau justru pada pakaian-pakaian yang ditumpuk rapi di lemari.

Tanda lainnya, adalah adanya bau tikus yang sering terendus oleh anjing dan kucing, adanya jalur kaki tikus dan adanya sarang tikus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika satu dari beberapa tanda ini Anda temui di dalam rumah Anda, maka sudah saatnya Anda segera mencari cara untuk mengusir tikus-tikus ini.

Baca juga: 5 Cara agar Tikus Tidak Bersarang di Dapur

Penyakit yang bisa timbul karena tikus

Melansir dari Healthline, hama tikus di dalam rumah bisa menyebabkan penyakit leptospirosis, salmonellosis, plague, typhoid dan juga hantavirus pulmonary sindrom. 

Leptospirosis bisa menular ketika kita minum atau mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi urin tikus yang sudah terinfeksi. Penyakit ini bisa menyerang manusia, juga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Sedangkan salmonellosis, bisa menular ke manusia melalui makanan yang terkontaminasi kotoran tikus. Meski segala rentang usia bisa terkena penyakit ini, namun kasus yang paling banyak ditemukan adalah pada anak-anak usia di bawah lima tahun.

Sedangkan typhoid, bisa terjadi jika kita terkontaminasi kutu yang dibawa tikus. Meski penyakit ini mudah diobati, namun alangkah lebih baik jika kita bisa melakukan pencegahan agar tak tertular.

Baca juga: 7 Penyebab Tikus Masuk ke Dalam Rumah  

Cara alami untuk mengusir tikus

Jangan menggunakan racun tikus untuk menjerat tikus, karena bisa saja racun tersebut malah mengenai kucing juga anjing kesayangan Anda. 

Langkah paling bijak adalah membasmi tikus dengan bahan-bahan alami sehingga aman untuk seluruh penghuni rumah Anda.

1. Essential oil

Melansir countryliving, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tikus tak menyukai bau minyak aroma terapi atau essential oil yang terlalu menyengat. Salah satunya adalah minyak peppermint dan minyak cengkeh.

Celupkan cotton buds di minyak ini dan letakkan di sudut-sudut rumah yang paling sering didatangi tikus.

2. Soda

Air soda juga bisa digunakan untuk membasmi tikus. Letakkan saja soda di dalam mangkuk kecil, dan letakkan mangkuk di area-area yang sering dilintasi tikus. Air soda dipercaya bisa membunuh tikus dengan efek karbonasinya. 

Baca juga: Dua Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Peppermint

3. Mashed potato atau kentang tumbuk

Letakkan kentang tumbuk di sudut-sudut rumah. Sodium dalam kentang bisa membuat tikus kehausan. Nah ketika tikus meminum air setelah memakan kentang, maka air akan membuat kentang dalam perut mengembang. Hal ini bisa membunuh tikus secara perlahan-lahan.

4. Gunakan pasir kucing bekas digunakan

Tikus takut akan aroma kucing. Jadi taburkan saja pasir kucing bekas pakai di beberapa sudut rumah.

Aroma kencing kucing bisa menakuti tikus dan membuat tikus tak mau menerobos area rumah.  

5. Bunga

Melansir dari Kompas.com (24/04/2021), tikus juga tak menyukai aroma kuat dari beberapa varian bunga seperti bunga bakung, marigold dan lavender.

Anda bisa meletakkan atau menggantung bunga-bunga ini di area dapur, area yang paling sering dikunjungi oleh tikus-tikus.

6. Merica

Tikus juga tak menyukai merica. Jadi gunakan saja bumbu dapur ini untuk mengusir tikus yang sering merusak tanaman Anda.

Caranya, taburkan merica ke pekarangan rumah, di dekat tanaman yang sering diganggu oleh tikus-tikus. 

Anda juga bisa meramu cairan merica untuk disemprotkan ke area dapur yang sering didatangi tikus. Haluskan merica, masukkan ke dalam air. Kemudian masukkan ramuan ini ke dalam botol penyemprot.

Enam bahan alami di atas efektif untuk menjauhkan tikus-tikus dari area rumah. Namun dengan syarat, Anda harus menjaga rumah dari penumpukan barang-barang tak berguna. Karena area ini menjadi sarang favorit tikus.

Baca juga: Kenali Beda Merica dan Ketumbar, Mirip tapi Tak Sama Manfaatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi