Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman dan Makanan yang Bisa Digunakan Mengurangi Lemak Perut

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi diet.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Tak ada yang menyukai belly fat atau lemak perut. Maka banyak orang, berlomba untuk mengurangi bahkan menghilangkan lemak perut, yaitu lemak yang menggelambir di perut dan mengurangi penampilan ini.

Belly fat memang bisa membatasi kebebasan berekspresi seseorang. Ketika seseorang memiliki banyak tabungan belly fat, ia tak akan lagi bebas mengenakan kaus atau busana yang ketat membebat tubuh.

Belly fat juga memaksa seseorang untuk terus membeli celana dengan ukuran yang lebih besar. Tentu saja, hal ini akan membuat Anda boros di dompet.

Lantas bagaimana cara  terbaik mereduksi tabungan lemak di perut ini?

Hindari mengonsumsi obat-obatan kimia dan herbal yang dikatakan bisa efektif menghilangkan lemak perut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena lemak perut hanya bisa berkurang dengan cara olahraga rutin dan pengubahan pola makan.

Baca juga: Cara Mudah Ukur Lemak Perut Berlebih

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa digunakan untuk mengurangi lemak perut Anda, seperti dilansir dari healthsupportmag.

1. Minuman tanpa perasa manis

Jika ingin mengurangi lemak perut, menjauhlah dari gula. Karena gula mengandung fruktosa yang tidak bisa diolah secara maksimal oleh hati. Efeknya, gula akan disimpan menjadi lemak dan diletakkan di beberapa area tubuh, salah satunya di perut Anda. 

Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air mineral. Semisal Anda menginginkan teh atau kopi pun, hindari terlalu banyak memberi zat gula.

2. Buah-buahan

Meski buah mengandung kadar gula, namun prosentasenya tak terlalu tinggi seperti gula atau perasa manis buatan lainnya.

Plus, ketika kita mengunyah buah, secara otomatis otak akan mengeluarkan hormon yang membuat tubuh merasa kenyang. Hormon ini didukung pula oleh banyaknya kandungan serat pada buah yang juga bisa membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu lama.

Jadi untuk mereduksi lemak perut, perbanyaknya buah yang mengandung citrus seperti jeruk, lemon dan kiwi yang bisa membantu membakar lemak sekitar perut Anda.

Atau konsumsilah buah seperti apel, anggur dan semangka  yang bisa mendorong proses metabolisme tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

3. Sayur

Sayuran kaya akan vitamin, sumber antioksidan, juga sumber mineral alami yang bisa menyehatkan tubuh Anda. Mengonsumsi sayuran bisa menyehatkan saluran cerna, khususnya membersihkan usus Anda. 

Seluruh manfaat dari sayuran ini, bisa digunakan untuk mengurangi lemak yang ada di perut Anda. Namun ingat, jangan mengolahnya dengan campuran minyak, keju, atau butter.

4. Daging 

Daging merah bisa mereduksi lemak? Ternyata ini fakta. Daging bisa digunakan untuk mengurangi tabungan lemak di dalam perut asal Anda mengonsumsinya dalam porsi yang pas.

Daging sapi, daging ayam dan ikan mengandung protein tinggi. Jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, asupan ini bisa menopang kebutuhan energi tubuh Anda sehingga Anda tak gampang lapar dan akhirnya berlari ke cemilan atau junkfood.

Baca juga: Porsi Makan dan Gizi yang Baik saat Puasa, dari Karbohidrat hingga Protein

5. Whole grain 

Makanan berbasis biji-bijian atau whole grain  lebih aman dikonsumsi ketimbang refined grain karena memiliki protein alami dari biji-bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan.

Contoh whole grain adalah oatmeal, beras merah, beras coklat, quinoa, sorgum dan masih banyak lagi.

6. Selai kacang

Selai kacang mengandung cukup banyak protein yang dibutuhkan tubuh, juga mengandung cukup banyak serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Kacang sendiri mengandung L-arginine yang merupakan asam amino yang bisa melancarkan peredaran darah dan mereduksi tabungan cairan yang tak dibutuhkan tubuh.

7. Labu kuning

Ketika tubuh mencari sesuatu yang manis, berlarilah saja kepada labu kuning. Labu kuning mengandung banyak potasium dan serat sehingga bagus dikudap sebagai camilan.

Kudapan labu kuning tentu saja jauh lebih baik daripada aneka dessert dari tepung-tepungan dan butter yang bisa menambah tebal tabungan lemak Anda. 

8. Telur

Mengawali hari dengan asupan tinggi protein dikatakan bisa menyukseskan program diet. Sebutir telur misalnya, dipercaya bisa mereduksi lemak yang ada di bagian perut.

Hal ini lantaran telur adalah sumber makanan yang tinggi protein, yang bisa membuat Anda tak gampang lapar.

Mengurangi lemak perut adalah proses panjang. Pemilihan menu makanan, harus diikuti pula dengan olahraga yang rutin dan kontinyu.

Baca juga: Manfaat Telur Omega 3, Apa Bedanya dengan Telur Ayam Biasa?

  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi