Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masjid Terindah di Dunia dengan Ciri Arsitektur yang Berbeda-beda

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Silvita Agmasari
Masjid Sultan Ahmed atau dikenal Masjid Biru di Istanbul, Turki.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Masjid adalah tempat beribadah umat muslim. Meski memiliki pola desain tertentu yang menjadi ciri khas sebuah masjid, namun arsitektur masjid berbeda-beda di tiap daerah atau negara.

Desain arsitektur masjid biasanya mengikuti ciri khas desain arsitektur yang ada di tempat atau negara masing-masing.

Sehingga secara keseluruhan, selain menyimbolkan napas Islami, masjid juga bisa menjadi simbol sejarah, kebudayaan, dan jati diri dari sebuah kota atau negara.

Berikut ini adalah arsitektur masjid dari berbagai penjuru dunia, yang dinilai memiliki keindahan tersendiri dibanding masjid-masjid pada umumnya.

1. Masjid Biru Istanbul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti diberitakan Kompas.com (14/07/2020), Masjid Biru atau Masjid Sultah Ahmed ini sudah berdiri sejak tahun 1600-an.

Masjid Ottoman yang memiliki enam menara ini dilengkapi dengan lantai biru membentang, sehingga oleh banyak orang dijuluki dengan nama Masjid Biru.

Masjid Biru tak hanya sebagai pusat religi saja, namun juga menjadi destinasi banyak orang karena kemegahannya memang tak terkira.

Dilengkapi dengan banyak fitur kubah, setengah kubah dan menara yang tinggi ramping, masjid ini keluar dari koridor gaya arsitektus khas Ottoman.

Sejumlah 21.043 lantai biru yang menawan didatangkan langsung dari Iznik, yaitu kota yang terletak sekitar 90 KM dari tenggara Istanbul.

Baca juga: Masjid Agung Sunda Kelapa dan Makna di Balik Atap Berbentuk Perahu

2. Masjid Hassan II Maroko

Masjid Hassan II di Maroko termasuk ke dalam daftar masjid terindah karena memiliki arsitektur yang luar biasa dan berukuran sangat besar. 

Masjid ini bahkan disebut sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah.

Dibangun oleh arsitek berkebangsaan Perancis, Michel Pinseau, masjid ini memiliki menera tertinggi di dunia, yaitu mencapai 210 meter.

Kontur bangunan yang menjorok ke Samudra Atlantik membuat bangunan masjid ini sekilas seperti terapung di birunya laut. 

Menurut laman Veranda, masjid ini terlihat megah karena dibangun menggunakan batu-batu pahatan tangan, yang berpadu dengan pola lantai yang rumit namun sangat indah. 

3. Masjid Jama, India

Masjid Jama terletak di New Delhi, India. Dibangun di tahun 1650-1656 oleh Raja Shah Jahan. 

Kemegahan Masjid Jama terletak pada dinding marmer dan lantai keramiknya yang berwarna merah tanah, yang mencirikan kekhasan arsitektur Moghul.

Dengan kemegahan yang ada, masjid besar ini bisa menampung 25.000 orang yang ingin menunaikan ibadah shalat di dalamnya.

Baca juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dibangun Waskita, Tuntas Agustus 2022

4. Masjid Shah, Iran

Masjid Shah dikenal juga sebagai Masjid Imam. Masjid yang terletak di Kota Isfahan ini disebut sebagai contoh sempurna dari arsitektur Islami Iran.  Bahkan masjid ini juga disebut sebagai mahakarya arsitektur Persia.

Pembangunan masjid ini dimulai dari tahun 1611, dengan gerbang masuk masjid berbentuk setengah lingkaran atau perwujudan dari bulan sabit.

Masjid Shah dihiasi stalaktik megah dan lantai mozaik yang unik yang menggambarkan ciri khas arsitektur Persia yang termashyur.    

5. Masjid Besar Xi'an, China

Seperti diberitakan Kompas.com (21/05/2020), Masjid Agung Xi'an adalah masjid tertua di dataran China yang dibangun pada masa Dinasti Tang.

Terletak di Kota Xi'an, masjid ini terletak pada lahan seluas 12.000 meter persegi. Bangunan dibagi menjadi empat halaman yang dihiasi dengan taman-taman khas arsitektur China.

Halaman pertama dihiasi dengan gapura kayu setinggi 9 meter yang dihiasi oleh ubin asli abad ke-17.

Uniknya, masjid ini dilengkapi dengan tiga kamar tempat menyimpan barang-barang peninggalan Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

Masdji Xi'an bisa jadi adalah masjid yang tak memiliki syarat arsitektur masjid pada umumnya, yaitu tak memiliki kubah dan menara masjid.    

Kesenian dan napas Islam, banyak ditorehkan di dinding masjid. Membuat suasana lorong masjid menjadi sarat akan aroma Islami. 

Baca juga: Mengintip Masjid Angke atau Jami Al Anwar yang Tunjukkan Kerukunan Etnis di Arsitekturnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi