Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Baca di App
Lihat Foto
Ilustrasi gigi
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Lapisan email gigi bisa berubah warna seiring bertambahnya usia. Berbagai faktor bisa menyumbang perubahan warna pada lapisan terluar gigi ini.

Mulai dari faktor makanan dan minuman, kebiasaan buruk seperti merokok, hingga pola kebersihan yang kurang diterapkan dengan benar. 

Ketika gigi berubah warna, hal ini akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Mereka jadi tak leluasa lagi tersenyum atau tertawa lebar karena lapisan giginya yang tak tampil seputih yang lain.

Berbagai produsen produk pemutih gigi pun bermunculan. Mulai dari pemutih gigi berbentuk pasta gigi, permen karet dan lain sebagainya. Produk-produk ini bisa dijadikan alternatif cara memutihkan kembali gigi yang keruh atau menguning.

Namun selain itu, ada pula cara-cara alami yang bisa Anda pilih, yang sama-sama bermanfaat untuk mengembalikan warna putih pada gigi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Baca juga: Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Mengonsumsi Takjil yang Terlalu Manis

Sikat gigi dengan baking soda

Pertama, adalah baking soda. Baking soda memiliki zat alami pemutih gigi. Karena hal ini lah, baking soda kerap digunakan sebagai bahan utama produk pasta gigi.

Meski begitu baking soda tak bisa instan memutihkan gigi dalam waktu satu malam. Dengan pemakaian sebanyak beberapa kali, Anda baru bisa melihat perbedaan warna yang ada di lapisan gigi.

Dilansir dari laman Healthline, cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup mudah. Basahi baking soda dengan sedikit air dan gunakan untuk menyikat gigi Anda secara merata.

Lakukan rutin dan kontinyu agar lapisan terluar gigi bisa kembali putih cemerlang.

Mengonsumsi buah-buahan

Berdasarkan penelitian, beberapa jenis buah dipercaya bisa membantu memutihkan dan membersihkan gigi Anda.

Berikut ini adalah buah-buahan tersebut, melansir dari laman BHG:

1. Apel

Tekstur apel yang crunchy adalah bahan alami terbaik untuk membersihkan plak gigi. Jadi untuk memutihkan gigi, sering-seringlah mengonsumsi apel dan kunyahlah apel berlama-lama untuk membersihkan kotoran pada gigi.

2. Wortel

Wortel dalam hal ini adalah wortel mentah, yang memiliki tekstur renyah dan segar seperti apel.

Jika dikunyah berlama-lama, wortel juga bisa membantu membersihkan plak pada gigi. Timbunan plak, adalah yang bisa melapisi gigi dengan warna-warna coklat.

Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Wortel

3. Brokoli

Mengonsumi brokoli yang tinggi serat bisa mengurangi peradangan yang ada pada mulut Anda.

Sedangkan zat besi pada brokoli bisa memberi lapisan pelindung pada email gigi agar tak mudah ditumbuhi jamur dan kuman. 

4. Stroberi

Buah berwarna merah segar ini mengandung enzim bernama asam malat yang adalah astringent alami yang bisa menghilangkan lapisan warna pada gigi. Jadi untuk membersihkan gigi, sering-seringlah mengunyah buah stroberi segar. 

Bahan-bahan alami di atas bisa efektif memutihkan gigi jika digunakan secara rutin dan kontinyu. Bisa setiap hari, bisa beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga: 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi