Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkatan Laut Inggris Uji Coba Pakaian Terbang Iron Man, Ini Videonya

Baca di App
Lihat Foto
screenshoot
Tangkapan layar video YouTube Gravity Industries saat Angkatan Laut Inggris menguji kemampuan Gravity Jet Suit
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Seorang Marinir Angkatan Laut Inggris terbang dengan pakaian jet futuristik di atas air seperti Iron Man.

Hal itu terjadi saat mereka melakukan latihan simulai penyergapan sebuah kapal.

Dikutip dari Business Insider, pakaian terbang "Jet Suit" dibuat oleh Gravity Industries Inggris, yang merilis video Minggu lalu.

Sementara viceworldnews menyebut, satu set perlengkapan terbang tersebut harganya mencapai 300.000 poundsterling atau sekitar Rp 6 miliar. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Daftar Universitas Luar Negeri Tujuan Beasiswa LPDP Reguler 2021

Jet terbang

Dalam video itu menunjukkan Marinir Angkatan Laut Inggris menggunakan paket jet dan meluncur dari perahu karet lalu mendarat di atas kapal patroli lepas pantai kelas Sungai Royal Navy Batch 2 HMS Tamar.

"Latihan tersebut berlangsung selama tiga hari, melibatkan 42 Komando Marinir Kerajaan, dan mengeksplorasi alternatif dari praktik asrama maritim tradisional," kata Gravity Industries dalam siaran persnya.

Operasi naik kapal laut, juga dikenal sebagai operasi penyelamatan melibatkan pasukan yang datang di samping kapal dengan kapal cepat dan mengaitkan tangga caving atau tali cepat dari helikopter ke kapal.

Baca juga: Arkeolog Temukan 110 Makam Kuno di Delta Sungai Nil, Ungkap Sejarah Raja-raja Mesir

 

Akses cepat 

Setelan jet yang masih dalam tahap uji coba itu visinya "adalah memberikan akses yang sangat cepat ke bagian mana pun dari kapal target.

Operasi yang digambarkan dalam video itu adalah bagian dari uji coba, dan militer Inggris belum membuat keputusan apakah mereka akan membeli teknologi ini atau tidak, kata Insider.

Video baru dari Gravity Industries ini bukan pertama kalinya orang-orang dengan jet terlihat terbang di sekitar kapal Inggris.

Mei lalu, misalnya, Gravity merilis video seorang operator yang terbang dari kapal cepat ke kapal patroli Royal Navy P2000 selama apa yang disebut perusahaan sebagai "percobaan penyerangan".

Baca juga: Daftar Peguruan Tinggi Dalam Negeri Tujuan Beasiswa LPDP Reguler 2021

Sekitar seminggu sebelum video itu keluar, Gravity merilis video lain yang menunjukkan seseorang yang mengenakan setelan jet terbang di sekitar kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth dan berlatih mencegat kapal sipil yang berlayar di dekatnya.

Video baru dari Gravity muncul hanya beberapa minggu setelah perusahaan merilis rekaman dari latihan boarding maritim dengan Pasukan Operasi Khusus Maritim Belanda.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Ini Ketetuan COD atau Bayar di Tempat Beli Barang di Online

 

Layanan Ambulans Udara

Di luar Angkatan Laut Inggris, paramedis dengan Layanan Ambulans Udara Besar Utara Inggris telah mempertimbangkan penggunaan pakaian jet untuk operasi penyelamatan jarak jauh.

Hal itu karena pakaian tersebut memungkinkan personel medis untuk menghubungi seseorang yang dalam kesulitan di daerah yang sulit dijangkau jauh lebih cepat daripada yang seharusnya mereka lakukan. dapat dilakukan dengan cara lain.

Setelan jet Gravity mencetak rekor kecepatan tercepat dalam setelan bermesin jet yang dikendalikan tubuh, kata Guinness World Record

Rekor tersebut dibuat oleh Richard Browning, penemu Inggris dan pendiri Gravity, yang terbang lebih dari 85 mph selama uji terbang pada tahun 2019.

Baca juga: Video Viral Ada Plastik di Dalam Cumi-cumi? Ini Kata Peneliti LIPI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi