Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Cashback Shopee Rp 2 Juta

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO
Ilustrasi hoaks
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Unggahan pesan mengenai cashback jutaan rupiah yang mengatasnamakan salah satu e-commerce di Indonesia, Shopee beredar luas di masyarakat.

Beberapa pengguna media sosial di Facebook membagikan tangkapan layar pesan yang disampaikan melalui WhatsApp tentang adanya cashback jutaan rupiah ini.

Dari konfirmasi yang dilakukan kepada pihak Shopee, unggahan pesan yang disebarkan tersebut dipastikan adalah hoaks.

Narasi yang beredar

Salah satu akun mengunggah sebuah tangkapan layar pesan di WhatsApp, menginformasikan bahwa yang bersangkutan mendapatkan cashback sebesar Rp 2 juta pada 25 Maret 2021.

Dalam unggahan tersebut, akun tersebut menanyakan kepada netizen lainnya, apakah ada yang mengalami kejadian serupa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ada yg wa atasnama shopee, biasanya juga cashback ga smpe juta2, trs cashback biasanya dr toko klo ada pembelanjaan, ada yg serupakah dgn saya???," tulis dia.

Tampak, pengirim pesan menggunakan foto profil dari ikon e-commerce Shopee.

Berikut bunyi pesannya:

“Selamat sore.
Selamat anda telah mendapatkan bonus Cashback Rp 2.000.000
Untuk di terima bonus Cashback nya anda tidak di kenakan biaya sepeserpun jadi untuk bonus Cashback nya tinggal kami kirimkan saja.
Jadi untuk bonus Cashback nya mau di terima di shopee atau di rekening”

 

Pantauan Kompas.com, terdapat akun lain yang mengunggah tangkapan layar pesan WhatsApp dengan dalih serupa pada 26 April 2021.

Berikut bunyi pesannya:

"Selamat siang. Hasil dari pengundian nomor handphone yang terdaftar di Shopee, nomor anda terpilih menjadi pemenang Bonus Cashback dari Shopee sebesar Rp 2.000.000, hadiah bisa diterima melalui Shopeepay dan Rekening Bank. untuk ada disana mau di terima kemana ? Karena akan langsung kami proses"

Penelusuran Kompas.com

Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menegaskan, pesan-pesan mengenai pemenang undian yang beredar tersebut bukan berasal dari Shopee.

“Pengumuman pemenang undian yang saat ini sedang beredar di media sosial dapat dipastikan bukan berasal dari Shopee,” kata Radityo saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Ia menambahkan, pihaknya telah bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengatasi kasus-kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee.

Radityo mengimbau seluruh masyarakat lebih berhati-hati agar terhindari dari modus penipuan online.

Selain itu, masyarakat diminta untuk menghindari transaksi di luar sistem Shopee.

“Pengumuman terkait penyerahan hadiah untuk kegiatan tertentu pasti akan diumumkan melalui kanal-kanal resmi Shopee, seperti akun sosial media resmi Shopee Indonesia di Instagram dan Twitter,” papar dia.

Pihaknya, lanjut Radityo, terus memonitor kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dan Shopeepay.

“Serta melakukan berbagai upaya agar pengguna terhindari dari kasus atau modus penipuan apa pun,” tuturnya.

Radityo meminta masyarakat untuk tidak mengklik link yang tidak jelas hingga memberikan data pribadi seperti password dan kode OTP/PIN ke pihak lain karena dapat disalahgunakan.

“Apabila ada pihak-pihak dengan modus serupa, para pengguna juga dapat berkontribusi untuk melaporkan kasus tersebut dengan segera kepada pihak Shopee melalui fitur live chat di aplikasi kami atau menghubungi Call Center 24 jam Shopee di nomor 1500702,” ucap dia.

Adapun informasi lebih lengkap mengenai cara mencegah dan melaporkan penipuan dapat dilakukan melalui laman https://shopee.co.id/m/scam-awareness.

Kesimpulan

Pesan yang beredar mengenai cashback jutaan rupiah mengatasnamakan Shopee dipastikan tidak benar.

Seluruh pengumuman pemenang undian yang berasal dari Shopee akan dilakukan melalui kanal resmi dan media sosial resmi Shopee Indonesia, baik di Twitter dan Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi