Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyimpan Cokelat

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Tamas Papa
Cara tepat simpan cokelat
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Cokelat selalu disukai banyak orang. Cokelat dalam bentuk batangan, biasa disimpan sembarangan di dalam rumah. Di rak lemari pendingin, di dalam freezer, atau malah di lemari kabinet dapur. 

Padahal cokelat adalah makanan yang harus disimpan secara baik dan benar atau citarasa, kandungan dan teksturnya akan berubah, tak lagi sesempurna sebelumnya.

Cokelat sendiri digemari banyak orang, terutama anak-anak, karena citarasanya yang manis dan legit.

Di dalam sebatang cokelat terkandung karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium juga serat.

Dilansir dari Healthline, cokelat mengandung serat dan antioksidan tinggi sehingga bisa melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika aliran darah lancar dan tekanan darah normal, maka tingkat stres akan turun. Karena hal inilah, cokelat dikatakan bisa membuat bahagia alias mengurangi stres.

Baca juga: Di Balik Rasa Lezat Cokelat hingga Permen Asam, Sains Jelaskan

Cara terbaik menyimpan cokelat

Isabel Maples dari Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa cokelat harus disimpan di tempat dan suhu yang benar atau kandungan dalam cokelat yang berdaya guna tinggi bagi kesehatan tubuh akan rusak.

Berikut ini adalah tips menyimpan cokelat:

1. Cara simpan di suhu ruang

Dikutip dari Hunker, cokelat sebaiknya disimpan dalam suhu ruang yang sejuk, di meja makan atau lemari dapur yang tidak pengap.

Cara terbaik menyimpan cokelat adalah di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab. Tempat yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari bisa membuat cokelat padat jadi meleleh.

Sebaliknya, tempat yang terlalu dingin atau lembab, bisa membuat cokelat menyerap aroma dan rasa dari makanan-makanan yang ada di dekatnya.

Jadi ketika ingin menyimpan cokelat di dalam lemari es, masukkan cokelat ke dalam wadah kedap udara dan pisahkan dari makanan-makanan lain.

Di suhu ruang yang sejuk, cokelat hitam atau dark chocolate bisa bertahan hingga dua tahun. Sedangkan cokelat yang mengandung susu akan bertahan selama satu tahun, dan cokelat putih akan bertahan selama 4 bulan.

Baca juga: Ternyata Ini yang Membuat Cokelat Swiss Punya Rasa yang Unik

2. Cara simpan di lemari pendingin

Jika udara tengah panas dan cokelat tak memungkinkan disimpan di meja makan, maka masukkan cokelat ke wadah kedap udara untuk disimpan di dalam freezer.

Di dalam freezer, cokelat hitam bisa bertahan 4 hingga 6 bulan lamanya. 

Sebelum masuk freezer, masukkan dulu cokelat ke rak lemari pendingin selama 24 jam. Proses ini bertujuan agar cokelat beradaptasi dengan suhu dingin, dan menurunkan temperatur tubuhnya hingga sesuai suhu di dalam lemari pendingin.

Dengan cara seperti ini, kandungan di dalam cokelat tak akan rusak. Perubahan suhu yang mendadak bisa langsung merusak kandungan cokelat. 

Sebaliknya, ketika akan mengonsumsi cokelat, balik proses yang ada. Yaitu keluarkan dari freezer, biarkan di dalam lemari pendingin selama beberapa waktu, baru keluarkan dan biarkan beradaptasi dengan suhu ruang.

Coketal yang tak disimpan dengan benar akan ditumbuhi bintik-bintik putih di permukaannya, tanda lemak dan kandungan gula mengembang dan mengkristal.

Proses ini biasanya disebabkan karena cokelat disimpan di tempat lembab dengan cara yang kurang tepat.

Baca juga: 15 Coklat Lokal Indonesia, Ada Cokelat Monggo dan Krakakoa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi