Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Isbat Idul Fitri 2021 Sore Ini, Cek Link Live Streaming-nya!

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com / AJI YK PUTRA
Petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan memantau hilal di lantai 7 Gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Palembang, Senin (12/4/2021). Dari pantauan tersebut, petugas tak dapat melihat hilal lantaran tertutup awan. Pemerintah melalui Kemenag RI telah memutuskan awal puasa atau 1 Ramadhan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021).
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah yang akan menandai perayaan Idul Fitri dinantikan oleh umat Muslim di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri 2021 pada hari ini, Selasa (11/5/2021). Tahapan sidang isbat akan dimulai pada pukul 16.45 WIB.

Publik bisa menyaksikan proses berjalannya sidang isbat melalui berbagai kanal siaran dan media sosial yang telah diumumkan Kemenag.

Saat dihubungi Kompas.com, Minggu (9/5/2021), Kepala Seksi Humas Kemenag Khoiron Durori mengatakan, sidang isbat dapat disaksikan langsung di TVRI dan YouTube Kemenag RI.

Baca juga: Nostalgia Idul Fitri: Anda Generasi Kartu Lebaran, SMS, BBM, atau WhatsApp?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalannya sidang isbat Idul Fitri 1442 Hijriah juga bisa disaksikan melalui live streaming akun media sosial Kementerian Agama.

Catat, ini link-link live streaming untuk memantau jalannya sidang isbat Idu Fitri:

Sama halnya dengan sidang isbat penentuan 1 Ramadhan, tahapan yang sama akan dilakukan pada sidang isbat penentuan 1 Syawal.

Seperti dipublikasikan pada laman Kemenag, Rabu (5/5/2021), Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan, sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB.

Pada sesi ini, akan disampaikan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Baca juga: Berharap Situasi Pandemi di Indonesia Tak Seburuk India...

Selanjutnya, setelah Maghrib, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin sidang isbat. Ia akan memulainya dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Rencananya, rukyatul hilal akan dilakukan di 88 titik di seluruh Indonesia.

Di Ibu Kota DKI Jakarta. ada 4 titik pemantauan rukyatul hilal. Empat titik rukyatul hilal, yaitu: 

Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang isbat. Pengumuman ini juga akan disiarkan langsung di TVRI dan live streaming media sosial Kemenag.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Keputusan PP Muhammadiyah ini tercantum dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Berdasarkan kajian Muhammadiyah, itjimak jelas Syawal terjadi pada Rabu (12/5/2021) pukul 02.03 WIB.

Adapun, tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta berdasarkan penghitungan Muhammadiyah juga menunjukkan hilal sudah terlihat wujudnya.

Baca juga: Ketentuan Lengkap Shalat Idul Fitri dari Kemenag

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi