Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu-rambu Mengonsumsi Sajian Lebaran

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_SS
Ilustrasi ketupat dan makanan pendampingnya. Ketupat merupakan kuliner khas Lebaran di Indonesia.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Lebaran sudah datang. Di hari ini semua orang akan berkumpul bersama kerabat tercinta.

Di tengah-tengah silaturahmi, akan ada keriuhan hidangan Lebaran yang berjejer rapi mulai dari meja ruang tamu hingga meja ruang makan. 

Idul Fitri selalu sarat dengan berbagai kudapan khas. Untuk kudapan misalnya, ada aneka kue kering seperti kastengel juga nastar. Kemudian untuk sajian utama, ada satu set sajian yang minimal terdiri dari ketupat, opor dan sambal goreng.

Kemudian untuk minuman, akan hadir ragam racikan minuman dingin manis yang menyegarkan. Mulai dari es sirup hingga es buah.

Setelah sebulan berpuasa, aneka sajian ini memang sangat menggugah selera. Maka wajar jika banyak orang akan lupa diri akan pantangan-pantangan dalam pola makan, sehingga berakhir ke penyakit lama yang kambuh kembali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nah agar Anda tak melewatkan Lebaran di tempat tidur, kenali berbagai rambu-rambu mengonsumsi menu Lebaran ini.

Kenali berbagai macam menu Lebaran, efek samping, dan cara aman mengonsumsinya.

Baca juga: 5 Bahan Obrolan Ringan dan Menyenangkan, Cocok untuk Lebaran

1. Kudapan manis

Selain kue kering, biasanya hadir pula aneka kudapan manis seperti cokelat juga permen. Kudapan ini biasanya disiapkan untuk tamu anak-anak, para penggemar kudapan manis.

Menurut dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK, kebanyakan mengonsumsi kudapan serba manis membahayakan kesehatan tubuh anak-anak.

"Kudapan manis yang dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak bisa menimbulkan nyeri tenggorokan, nyeri telan juga batuk," ujarnya kepada Kompas.com, baru-baru ini.

Kadar gula berlebih juga bisa menyebabkan efek jangan panjang, yaitu obesitas.

Agar Anda dan buah hati tak mengalami nyeri tenggorokan dan batuk selama Lebaran, perbanyaklah minum air mineral dan makan buah serta sayur, serta imbangi dengana aktivitas fisik yang cukup.

Baca juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari Saat Idul Fitri, demi Cegah Penyakit dan Kenaikan Berat Badan

2. Sajian berlemak

Sajian berlemak seperti opor yang mengandung banyak santan dan rendang yang mengandung banyak minyak, bisa memicu diabetes melitus, hipertensi, stroke, gangguan ginjal, dan serangan jantung.

Jadi menurut dokter yang berpraktik di RS Hermina Pandanaran Semarang tersebut, imbangi sajian bersantan dengan banyak minum air mineral dan banyak mengonsumsi buah dan sayur.

"Jaga juga jumlah konsumsi santan, maksimal 1/2 cangkir dalam sehari. Untuk lebih amannya, ganti santan dengan susu rendah lemak seperti susu almond dan susu kedelai. Pilih juga daging yang rendah lemak, seperti ayam tanpa kulit," ujar Prodi Gizi Klinis Undip Semarang ini.

3. Minuman dingin

Minuman dingin dengan kadar gula rendah masih aman untuk dikonsumsi. Meski jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan nyeri telan, pilek dan perut tak nyaman.

Apalagi jika minuman dingin dengan es batu tersebut mengandung kadar gula tinggi karena tambahan sirup atau gula. Akan ada bahaya kesehatan lain yang muncul, seperti batuk dan radang tenggorokan.

"Sebaiknya batasi konsumsi gula agar tubuh tak terancam bahaya, seperti seminggu satu kali saja" pungkas Etisa.

Berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena sajian Lebaran bisa muncul. Waspadai jika tiba-tiba sesak napas, pusing terus-menerus, mata kabur, kesemutan, atau pingsan. Jika hal itu terjadi, sebaiknya segera berlari ke pusat medis terdekat. 

Baca juga: Lirik Lagu Setiap Habis Lebaran dari Bimbo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi