Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan
Bergabung sejak: 24 Mar 2020

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Mangan Ora Mangan Asal Mudik

Baca di App
Lihat Foto
WAHYU PUTRO A
Pemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) dini hari. Petugas gabungan memutar balikan ribuan pemudik yang melintasi pos penyekatan perbatasan Bekasi -Karawang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.
Editor: Heru Margianto

Kantor berita ANTARA memberitakan bahwa Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali menegaskan tetap melakukan putar balik kendaran yang hendak keluar Jakarta pada hari pertama Lebaran.

Tercapat sebanyak 896 kendaraan diputar balik di pos penyekatan mudik di gerbang Tol Cikarang Barat.

Baca juga: 8 Hari Larangan Mudik, Polisi Paksa Putar Balik 64.612 Kendaraan Pemudik

Mudik

Jelas bahwa keberhasilan Polda Metro Jaya mencegah 896 kendaraan mudik di pos penyekatan mudik di gerbang tol Cikarang Barat layak diapresiasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti Polda Metro Jaya berhasil menunaikan tugas mencegah kendaraan mudik berdasar instruksi larangan mudik pada Lebaran 2021 demi mencegah angkara murka virus Corona makin merajelela di bumi Indonesia.

Apalagi penunaian tugas mencegah mudik diemban oleh para polisi lalu lintas pada masa Lebaran di mana para petugas lantas kepolisian sendiri juga terkena larangan mudik.

Maka prestasi Polda Metro Jaya berhasil mencegah 896 kendaraan mudik di gerbang Tol Cikarang Barat sangat layak untuk dihormati dan dihargai sebagai suri teladan penunaian tugas negara, bangsa, dan rakyat Indonesia dalam pertempuran melawan virus Corona.

Baca juga: Polri Perpanjang Sanksi Putar Balik Kendaraan Selama Larangan Mudik hingga 24 Mei

Statistik

Namun statistik memang mustahil sempurna mengungkap kenyataan yang benar-benar benar.

Berdasar laporan, Polda Metro Jaya berhasil mencegah 896 kendaraan lolos pos penyekatan mudik di gerbang tol Cikarang tidak diketahui berapa banyak kendaraan berhasil lolos pos penyekatan mudik yang bukan berada di gerbang tol Cikarang.

Tidak diketahui di antara 896 kendaraan yang berhasil dicegah kemudian tidak putus asa maka tetap melakukan mudik melalui jalur jalan lain termasuk jalan tikus bebas pos penyekatan mudik.

Juga tidak diketahui berapa jumlah kendaraan yang berhasil membawa para penumpangnya mudik dengan bukan melalui gerbang tol Cikarang Barat.

Baca juga: Makna Idul Fitri bagi Mereka yang Tidak Mudik Lebaran...

Ditlantas Polda Metro Jaya juga tidak bertugas mencegah para pemudik yang menggunakan jasa penerbangan melalui bandara atau jasa pelayaran melalui pelabuhan.

Terbukti Ibu Susi leluasa mudik dengan menggunakan pesawat maskapai diri sendiri beliau.

Juga terberitakan bahwa ratusan tenaga kerja asing juga leluasa masuk ke Indonesia pada masa larangan mudik.

Juga tidak diketahui berapa banyak pemudik menyamar sebagai pelancong alias wistawan sebab perjalanan wisata di masa larangan mudik malah digairahkan oleh Kemenparekraf.

Ada pula pemudik kreatif menggunakan kendaraan sampai di pos penyekatan lalu berjalan kaki melewati pos penyekatan untuk kemudian estafet pindah ke kendaraan lain yang berada di wilayah yang dipisahkan oleh pos penyekatan.

Apresiasi

Memang tidak mudah untuk mencegah masyarakat mudik karena mudik sudah menjadi tradisi mendarah-daging pada peradaban bangsa Indonesia.

Dapat diyakini bahwa para pemudik yang berjumlah jutaan itu rawe rawe rantas malang malang putung mengerahkan segenap daya kreativitas mandraguna masing-masing untuk mencari solusi menembus segenap pos penyekatan mudik agar akhirnya berhasil mudik di masa larangan mudik.

Baca juga: Apresiasi Masyarakat yang Tak Mudik, Airlangga: Anda Semua Pahlawan Perangi Covid-19

Keberhasilan menerobos celah larangan mudik membuat suasana mudik malah terasa lebih menggairahkan adrenalin.

Semangat mangan ora mangan asal kumpul agak dimodifikasi menjadi mangan ora mangan asal mudik.

Mengingat beban tugas polantas menyekat arus mudik memang berat maka saya makin menghormati, menghargai bahkan mengagumi gelora semangat pengorbanan para polantasawan dan polantasawati dalam berjuang bagi negara, bangsa dan rakyat Indonesia menyekat arus mudik demi mencegah angkara murka virus Corona dengan segenap mutasi barunya tidak makin merajalela.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi