Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Hormon Kebahagiaan yang Dapat Mendukung Kesehatan Mental

Baca di App
Lihat Foto
evgenyatamanenko
wanita bahagia
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena jika mental ambruk, maka akan ambruk pula fisik seseorang.

Kesehatan mental bisa dijaga dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendorong produksi beberapa hormon yang bermanfaat memasok kebahagiaan dan juga menjaga mood.

Seperti thread dari akun @rykarlsen pada Selasa (18/05/2021) petang soal hormon-hormon penyebab kebahagiaan, yang mendapat apresiasi dari pengguna Twitter yang lain.

Ruswandi Y.Karlsen menyebutkan bahwa ada 4 hormon yang bisa menyuplai kebahagiaan ini, yaitu dopamin, serotonin, oxytocin dan endorphin. Twit runut tersebut disukai oleh lebih 12.500 warganet. 

Lantas apakah itu dopamin, serotonin, oxytocin dan endorphin? Dan bagaimana cara mendongkrak hormon kebahagiaan tersebut? 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengenakan Pakaian Dalam yang Indah Baik untuk Kesehatan Mental

Dopamin

Dilansir dari Healthline, dopamin adalah bahan kimiawi penting dalam otak yang bertugas menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh.

Hormon ini mempunyai banyak sekali fungsi seperti membantu menyimpan memori dan mengatur pergerakan tubuh.

Dopamin juga dikenal sebagai hormon yang bisa mengontrol emosi. Ketika diproduksi dalam jumlah yang tepat, dopamin bisa meningkatkan suasana hati sehingga seseorang merasa bahagia.

Sebaliknya, produksi dopamin yang kurang bisa membuat seseorang larut dalam kesedihan berkepanjangan hingga menjadi depresi.

Level dopamin biasanya sudah diatur otomatis oleh sistem saraf. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak hormon ini.

Seperti makan sajian yang mengandung banyak protein, mengurangi asupan lemak jenuh tinggi yang bisa menghalangi produksi dopamin, mengonsumsi makanan probiotik, meditasi, olahraga teratur, mendengarkan musik dan tidur yang cukup.

Baca juga: Kesehatan Jiwa dan Pemahaman yang Kerap Keliru soal Dokter Jiwa...

Serotonin

Serotonin adalah neurotransmiter, berperan sebagai pengantar sinyal antar jaringan tubuh.

Serotonin juga memegang peranan penting dalam mengendalikan suasana hati, membantu pencernaan, mengendalikan gairah seksual dan membantu memori.

Kekurangan serotonin, seseorang akan merasa gelisah, mudah marah dan agresif, kelelahan dan susah tidur, gangguan pencernaan hingga mengudap gula dan karbohidrat terlalu banyak.

Nah agar serotonin selalu stabil, perbanyaklah mengonsumsi kuning telur, tahu, dan ikan salmon. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan kadar triptofan dalam darah dan mendongkrak produksi serotonin.

Selain itu, olahragalah secara teratur. Lakukan renang, bersepeda, berjalan kaki untuk mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Baca juga: Penting untuk Kesehatan Mental, Berikut 4 Cara Meningkatkan Serotonin

Endorphin

Endorphin atau endorfin adalah senyawa hormon yang bertugas meredakan rasa sakit dan memicu euforia.

Secara alami tubuh akan memproduksi hormon ini ketika tubuh terluka, stres, tengah beraktivitas fisik dan ketika bercinta.

Ketika endorfin terlepas, Anda akan mendapatkan mood yang bagus selama beberapa waktu.

Untuk meningkatkan level endorfin, Anda bisa berolahraga rutin dengan durasi minimal 30 menit per hari.

Kemudian melakukan meditasi, mencium essential oil, makan coklat, bermesraan dengan pasangan, tertawa bersama teman dan sahabat, atau menonton film lucu.

Baca juga: 8 Makanan untuk Meningkatkan Hormon Testosteron dalam Tubuh

Oxytocin

Oxytocyn adalah hormon cinta. Seperti namanya, hormon ini diproduksi oleh tubuh ketika kita sedang jatuh cinta. 

Oxytocin juga diproduksi ketika wanita berada dalam proses melahirkan atau menyusui. Hormon ini adalah faktor kunci dalam ikatan antara ibu dan anaknya.

Bersama ketiga hormon sebelumnya, oxytocin juga membangun mood dan emosi manusia.

Nah untuk mendongkraknya, Anda bisa rutin melakukan yoga, mendengarkan musik di kala senggang, terapi pijat, berpelukan dengan pasangan, berjemur dan mendapatkan vitamin D, dan menghabiskan waktu bersama anjing dan kucing kesayangan.

Baca juga: Olahraga Favorit Sophia Latjuba, Picu Hormon Awet Muda, Mau Tiru?  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi