Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Gangguan Rongga Mulut yang Harus Diwaspadai

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com
Ilustrasi Mulut
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Gigi dan mulut adalah salah satu area tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. 

Pertama, karena gigi dan mulut adalah faktor penunjang penampilan. Jadi ketika area ini bermasalah, maka penampilan pun tak akan sempurna.

Kedua, mulut adalah pintu masuk makanan dan minuman. Dalam hal ini, mulut juga bisa menjadi pintu masuk ribuan kuman juga bakteri.

Nah, ketika ada gangguan di dalam rongga mulut, baik itu pada gigi atau gusi, Anda harus waspada dan mengambil langkah penanganan yang paling benar.

Karena beberapa gangguan pada mulut ini, bisa jadi adalah gejala dari gangguan kesehatan krusial yang ada di dalam tubuh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut ini, adalah beberapa gangguan dalam rongga mulut yang wajib diwaspadai:

Baca juga: Karang Gigi, Masalah yang Ditimbulkan dan Cara Mencegahnya

1. Gigi yang tumbuh ke bawah

Dilansir dari bhg.com, bisa jadi bagian bawah gigi yang tumbuh tak rata ke bagian bawah, adalah tanda atau akibat dari stres dan depresi.

Ketika gelisah, beberapa orang cenderung menggertakkan giginya kuat-kuat. Hal inilah yang akhirnya menekan gigi bagian bawah untuk semakin turun ke bawah.

Jika Anda menemukan gangguan ini di tubuh Anda, segera evaluasi diri. Apakah Anda berada dalam tekanan dan stres, dan bagaimana mengurai stres yang ada.

Kemudian untuk gigi yang tak rata, Anda harus segera menemui dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang semestinya.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat

2. Bau mulut

Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena mulut kering, gangguan peradangan pada gusi, kurang bersih menjaga kesehatan mulut, atau pola diet yang salah yang bisa membuat tubuh kekurangan salah satu nutrisi penting.

Jadi sebelum memutuskan bahwa bau mulut berasal dari makanan yang dikonsumsi, ada baiknya cek kembali aktivitas harian Anda dalam menjaga kebersihan mulut.

Bisa jadi, Anda kurang teliti dan kurang lama dalam menyikat gigi, atau dalam membersihkan lidah setiap hari.

Jika rutinitas harian membersihkan gigi sudah dirasa maksimal namun bau mulut masih tetap ada, kunjungi dokter dengan segera.

Bisa jadi, ada masalah serius di dalam lambung atau organ pencernaan yang bisa menimbulkan bau tak sedap di dalam mulut. 

Baca juga: 9 Penyebab Bau Mulut dan Penjelasannya Menurut Sains

3. Peradangan gusi

Jika area gusi Anda selalu meradang, bengkak dan berwarna merah, segera waspada. Bisa jadi Anda menderita penyakit gusi yang bisa mengarah ke periodontitis.

Periodontitis adalah infeksi gigi yang merusak gigi, jaringan lunak dan tulang yang menyangga gigi. Periodontitis adalah salah satu komplikasi dari radang gusi atau gingivitis yang tidak tertangani dalam waktu lama.

Jadi ketika gusi terus meradang, segera ambil tindakan pengobatan. Anda bisa mengganti sikat gigi dengan sikat yang lebih lembut, dengan tujuan mengurangi gesekan yang bisa memperparah peradangan.

Jika bengkak tak kunjung hilang, segera lari ke medis sebelum peradangan merusak gigi dan melahirkan abses.

Baca juga: Hati-hati Menggunakan Tusuk Gigi, Bisa Menyebabkan Radang Gusi

4. Sariawan

Sariawan biasanya terjadi karena adanya luka gigitan tak sengaja yang mengenai bibir atau dinding mulut. Luka trauma karena benturan sendok atau garpu, juga bisa menyebabkan luka di dinding gusi.

Sariawan karena luka trauma ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari. Agar luka cepat sembuh, hindari dulu makanan yang terlalu pedas juga asam. Kemudian ganti sikat gigi dengan sikat yang lebih lembut agar tak memperparah luka.

Jika sariawan susah sembuh, bisa jadi Anda kekurangan mineral penting dalam tubuh seperti zinc, atau Anda memiliki alergi terhadap glutten. 

5. Perubahan warna pada gigi

Penuaan bisa mengubah warna gigi. Namun perubahan warna gigi yang terjadi di rentang usia 20 hingga 30 tahun, bisa jadi adalah akibat dari pemilihan jenis minuman kesukaan yang dikonsumsi berlebihan.

Minuman seperti kopi dan teh, adalah minuman yang bisa meninggalkan residu pada email gigi. Jika tak dibersihkan dengan segera, residu ini akan tertinggal waktu demi waktu dan mengubah warna lapisan gigi. 

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi