Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Fisik dan Nonfisik Kartu ATM Magnetic Stripe yang Wajib Diganti

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/Nur Fitriatus Shalihah
Ilustrasi kartu ATM magnetic stripe
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Sejak 2015, Bank Indonesia (BI) sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 digit PIN untuk kartu ATM/Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

BI terus mendorong perbankan nasional untuk melakukan penyelesaian migrasi kartu ATM/Debit yang masih menggunakan pita hitam atau magnetic stripe menjadi kartu dengan teknologi chip.

Batas akhir penukaran kartu ATM nasabah Bank Mandiri adalah yang terdekat, yakni 1 Juni 2021. Sementara itu, untuk BRI dan BCA akhir tahun ini.

Baca juga: Batas Akhir Penggantian Kartu ATM Bank Permata, BRI, BCA, Mandiri, dan BNI

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa ciri-ciri dari kartu ATM magnetic stripe yang wajib diganti?

Diberitakan Kompas.com, 23 Maret 2021, ciri-ciri tersebut bisa dilihat dari ciri fisik maupun nonfisik.

Ciri fisik

Terkait penampilan fisik, kartu ATM yang masih berbasis magnetic stripe memiliki pola garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu.

Pita hitam di bagian belakang kartu itu menyimpan data dan akan terbaca ketika nasabah melakukan transaksi.

Jika pita hitam pada kartu ATM berbasis magnetic stripe rusak, maka kartu ATM sulit terbaca.

Apabila kartu ATM masih memiliki satu pola garis hitam memanjang di bagian belakang kartu maka nasabah wajib menukarnya di kantor cabang terdekat.

Hal ini berbeda dengan ciri fisik kartu ATM chip atau versi terbaru setelah ditukar. Ciri fisik kartu ATM chip adalah memiliki chip di salah satu bagian kartu.

Chip tersebut ada di bagian depan kartu, dan kebanyakan terletak di sisi kiri kartu ATM.

Chip pada kartu ATM tak jauh berbeda dengan kartu perdana. Chip berbentuk kotak kecil, umumnya berwarna gold atau emas, disertai beberapa garis di bagian dalamnya.

Melansir laman ASPI Indonesia, kartu magnetic stripe menyimpan data nomor kartu, expiry date, nama nasabah, dan lainnya disimpan pada magnetic stripe.

Sementara itu pada kartu chip data yang disimpan dapat lebih banyak di dalam chip yang memiliki CPU, memory, sistem operasi, aplikasi, dan fungsi kriptografi

Ciri nonfisik

Ciri nonfisik kartu ATM magnetic stripe adalah dari sisi teknologi. Kartu ATM magnetic stripe kurang aman, karena data yang ada di dalamnya mudah digandakan.

Sementara itu, kartu ATM chip datanya tidak dapat digandakan. Kartu ATM berbasis chip lebih aman daripada kartu ATM berbasis magnetic stripe.

Kartu chip ini mengurangi risiko terjadinya aksi kejahatan, seperti skimming pada kartu ATM.

Selain itu pada kartu ATM magnetic stripe, terminal dan bank host pun tidak dapat memastikan keaslian kartu yang digunakan pada saat transaksi.

Sedangkan kartu berbasis chip tidak mudah digandakan karena data yang disimpan dapat lebih banyak di dalam chip yang memiliki CPU, memory, sistem operasi, aplikasi, dan fungsi kriptografi.

Lalu, keaslian kartu ATM berbasis chip dapat dipastikan dengan metode Offline CAM dan Online CAM.

Adapun, pada kartu magnetic stripe hanya menampung satu aplikasi. Sementara itu, satu kartu dapat berisi lebih dari satu aplikasi.

Cara penggantian

Adapun untuk proses penggantian kartu ATM lama ke kartu ATM baru yang berbasis chip dapat dilakukan dengan mengunjungi layanan bank di kantor cabang terdekat.

Untuk cara penggantian sebagai berikut:

  1. Nasabah membawa kartu ATM lama dan KTP yang kemudian diserahkan pada Customer Service yang bertugas saat jam operasional bank
  2. Petugas akan membuatkan kartu ATM dengan sistem chip.

(Sumber: Kompas.com/Nur Rohmi Aida, Muhammad Choirul Anwar, Fika Nurul Ulya | Editor: Rizal Setyo Nugroho, Yoga Sukmana, Muhammad Choirul Anwar)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi